Maag tidak saja terjadi pada orang dewasa, akan tetapi juga dapat terjadi pada anak-anak. Maag merupakan sebutan yang telah digunakan oleh masyarakat pada umumnya, meskipun tiada dalam dunia medis. Hal ini menunjukkan, bahwa maag digunakan untuk menyebut pada masyarakat umum khususnya pada lambung. Sebenarnya maag juga memiliki nama medis, yaitu gastritis.

Jika seseorang sedang mengalami maag, kondisi perut akan terasa perih, perut begah, kembung, nyeri dada, mulut terasa asam, kembung, mual hingga muntah. Maag dapat muncul secara tiba-tiba, tanpa bisa diduga dan disebabkan oleh beberapa kondisi. Maag juga dapat disebut masalah penyakit kronis yang tidak bisa diacuhkan begitu saja.

Pasalnya, maag juga termasuk penyakit yang mematikan para penderitanya. Awalnya gejala ini tidak bisa dirasakan, namun lama-kelamaan jika sudah parah baru dapat dirasakan. Maag dapat terjadi akibat disebabkan oleh konsumsi makanan yang pedas, bersifat asam, dan berlemak. Selain itu juga dapat disebabkan oleh stres dan beberapa gejala lainnya.

Kebiasaan telat makan, atau pola makan yang kurang teratur dapat menjadi pemicu utama maag pada umumnya. Jika sudah terjadi maag, maka dapat timbul rasa nyeri dan perih di perut. Kondisi ini tentu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, bila beberapa gejala sudah mulai timbul sebaiknya lakukan cara untuk mengatasinya.

Mengenal penyebab maag kambuh

Maag selain jenis penyakit, juga dapat mengalami beberapa gejala. Untuk mengatasi sakit maag yang kambuh perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Penyebabnya bisa akibat dari kebiasaan sehari-hari, hingga kondisi medis tertentu.

sumber; pexels


Berikut ini penyebab maag kambuh yang dapat diketahui :

- Infeksi bakteri H. pylori yang menyerang pada lapisan lambung dan usus halus bagian atas yang dapat menimbulkan gejala sakit perut. Jenis infeksi ini dapat menyebabkan infeksi pada lambung, hingga tukak lambung. Selain itu juga dapat menimbulkan gejala perut kembung, mual, dan muntah.

- Stres dan kecemasan, pada umumnya dua kondisi tersebut dapat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh. Salah satunya juga dapat memicu terjadinya maag, stres dan kecemasan terkadang memang tidak bisa dihindari. Akan tetapi dapat dikelola atau diarahkan ke hal-hal yang positif.

- Penyakit auto imun, kondisi ini dapat terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sel sehat yang ada di dalam tubuh. Akan tetapi kondisi ini termasuk kondisi yang langka, akibat kondisi ini lapisan dinding lambung dapat mengalami peradangan, hingga kerusakan.

- Terjadi masalah saluran pencernaan, pencernaan manusia dapat mengalami beberapa masalah yang dapat menyebabkan maag. Misalnya masalah, radang lambung, gastroesophageal reflux disease (GERD), tukak lambung, kanker lambung, dan beberapa masalah pencernaan lainnya.

- Porsi makan terlalu berlebihan, kondisi ini dapat membuat lambung menerima tekanan secara berlebihan dan mengalami ketegangan dengan cepat. Hal ini dapat memicu terjadinya maag.

- Kebiasaan merokok, diketahui kebiasaan ini dapat mengendurkan kekuatan otot kerongkongan bagian bawah. Selain itu dapat memperlambat waktu pengosongan lambung dan cairan air liur sebagai penetral asam di lambung. Kondisi inilah yang menyebabkan maag dapat terjadi.

- Efek dari obat tertentu, ada beberapa jenis obat-obatan tertentu yang dapat menyebabkan maag. Jika obat tersebut dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang. Jenis obat-obatan tertentu ialah obat steroid, obat penyakit tiroid, antibiotik, kontrasepsi oral, dan estrogen.

- Mengonsumsi beberapa makanan tertentu, misalnya makanan pedas, lemak tinggi, buah-buahan asam, dan minuman bersoda, kafein, dan lain sebagainya. Beberapa jenis makanan dan minuman tersebut dapat menyebabkan terjadinya maag.

sumber; pixabay


- Minum minuman alkohol secara berlebihan, dapat menyebabkan iritasi dan pengikisan lambung. Sehingga rambung memiliki risiko kerusakan yang tinggi. Kondisi ini lama-kelamaan juga akan menyebabkan maag.

- Langsung tidur atau berbaring seusai makan, hal ini dapat menyebabkan makanan dan asam lambung kembali naik ke kerongkongan. Sehingga dapat menyebabkan kondisi perut terasa nyeri, dan mual, hingga ingin muntah.

Beberapa hal di atas yang dapat menjadi pemicu terjadinya sakit maag atau maag kambuh. Segera terapkan pola hidup yang sehat dan pola makan yang teratur, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya maag.

Cara mengatasi maag kambuh secara alami

Maag kambuh dapat disebabkan oleh berbagai kondisi atau faktor, seperti halnya pola makan yang kurang teratur. Dampaknya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, pasalnya dapat menimbulkan rasa nyeri dan perih pada perut. Sehingga maag harus segera diatasi dengan beberapa cara.

Berikut ini cara mengatasi maag kambuh secara alami :

1. Kacang hijau

sumber; pixabay


Kacang hijau dapat diketahui mampu membantu untuk mempertebal lapisan lambung, sehingga dapat mengatasi sakit maag. Kacang hijau juga dapat diolah menjadi beberapa jenis makanan dan minuman. Misalnya menjadi bubur kacang hijau, kolak, dan lain sebagainya. Kacang hijau juga dapat menetralkan asam lambung yang berlebihan.

2. Mengonsumsi jahe

Jahe merupakan bumbu dapur yang telah digunakan sebagai obat sejak zaman terdahulu, juga termasuk dapat mengatasi maag kambuh secara alami. Jahe memiliki kandungan anti inflamasi dan anti bakteri sehingga dapat mengurangi peradangan akibat maag. Selain itu juga dapat membantu untuk menghangatkan perut.

3. Mengonsumsi yogurt

sumber; pixabay


Yogurt merupakan jenis makanan yang disediakan untuk membersihkan saluran pencernaan, sehingga dapat menjaga kesehatan saluran cerna. Yogurt merupakan olahan susu yang memiliki kandungan pribiotik, sehingga dapat menyembuhkan luka dan iritasi yang ada di dalam lambung. Selain itu juga dapat mengatasi maag kambuh secara alami.

4. Mengonsumsi madu

Sejak dahulu kala, madu sudah terkenal memiliki banyak khasiat untuk masalah kesehatan. Bahkan dapat mengatasi berbagai macam penyakit, termasuk penyakit maag. Kandungan yang terdapat pada madu mampu membunuh bakteri jahat yang ada di lambung. Sehingga dapat mengatasi maag kambuh secara alami.

5. Minum teh hijau

sumber; pixabay


Teh hijau memiliki kandungan antioksidan dalam minuman yang mampu melindungi lapisan lambung. Selain itu juga dapat mengatasi maag kambuh secara alami. Sehingga gejala yang disebabkan akibat maag dapat teratasi.

6. Gunakan kunyit

Selain sebagai bumbu dapur, kunyit juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi maag. Kunyit termasuk salah satu obat tradisional yang dapat membantu beberapa masalah penyakit lambung. Kandungan curcumin yang terdapat pada kunyit dapat mengurangi anti inflamasi, anti jamur, sehingga dapat mengatasi maag kambuh secara alami.

7. Konsumsi mentimun

sumber; pixabay


Mentimun dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan asam lambung dan maag kambuh. Mentimun dapat dikonsumsi sebagai lalapan dan beberapa bentuk makanan lainnya. Konsumsi mentimun dapat mengatasi maag kambuh secara alami.

8. Akar manis

Akar manis termasuk jenis obat herbal alami yang dapat mengatasi gangguan pada lambung. Akar manis dapat meningkatkan sekresi pada lambung dan menahan asam lambung ketika akan naik ke kerongkongan. Sehingga dapat mengatasi maag kambuh secara alami.

9. Daun kemangi

sumber; pexels


Selain digunakan sebagai lalapan, daun kemangi dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal alami guna mengatasi maag kambuh. Daun kemangi memiliki sifat anti peradangan dan anti bakteri yang dapat meredakan kejang pada gejala maag.

Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi maag kambuh secara alami. Jika cara-cara herbal sudah dilakukan, namun masih kesulitan dalam mengatasi maag kambuh. Sebaiknya meminta bantuan dokter untuk mendapat resep dan perawatan.