Karang gigi merupakan suatu masalah yang tidak dapat disepelekan, sebab karang gigi dapat memicu beberapa penyakit. Salah satunya menyebabkan kerusakan pada gigi hingga permanen. Gigi dan mulut merupakan pintu pertama yang menjadi masuknya makanan pada sistem pencernaan. Tentu kebersihan gigi harus dipastikan kebersihannya.

Gigi seringkali mengalami kontak secara langsung dengan gigi, dan tidak menutup kemungkinan meninggalkan beberapa sisa makanan. Sisa makanan yang dibiarkan terlalu lama menumpuk dapat menyebabkan plak gigi, lama kelamaan dapat menimbulkan karang gigi. Hal ini juga dapat memicu perkembangbiakan bakteri, kondisi ini dapat menghasilkan zat asam.

Kondisi karang gigi dapat memicu terjadinya kerusakan pada enamel gigi. Jika sedang terjadi kerusakan pada enamel, dapat memicu kerusakan pada gigi yang bersifat permanen. Maka, sebelum terjadi masalah yang serius sebaiknya lakukan dulu pencegahan dengan merawat kebersihan gigi dan mulut.

Dalam masalah karang gigi kondisi kebersihan gigi dan mulut dapat menjadi pemicunya. Karang gigi jika sudah terjadi sangat serius dapat menyebabkan gigi rontok. Untuk memecahkan masalah karang gigi, kenalilah beberapa penyebabnya untuk memudahkan mencari cara mengatasinya.

Mengenal penyebab karang gigi

Karang gigi dapat terjadi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya ialah makanan yang dikonsumsi sehari-hari dan sisa makanan yang dibiarkan tertinggal terlalu lama. Berikut ini penyebab karang gigi :

sumber; pixabay


- Kebiasaan merokok, orang yang merokok dua kali lebih berisiko mengalami sakit pada gigi. Selain itu, juga dapat menimbulkan penumpukan bakteri. Jika bakteri terlalu lama dibiarkan pada gigi dapat menimbulkan plak dan juga karang gigi.

- Kurang terjaganya kebersihan mulut, bila kebersihan mulut tidak terjaga dengan baik, maka sisa makanan dan bakteri dapat terus menerus menumpuk di dalam mulut. Jika terlalu lama dapat menimbulkan karang gigi.

- Mengonsumsi makanan manis, makanan yang manis dan lengket sangat mudah sekali tertinggal di sela-sela gigi. Kondisi ini mengakibatkan jenis makanan tersebut menjadi salah sumber makanan bagi bakteri merusak gigi. Bakteri ini akan berkembang dan menyebabkan karang gigi.

- Kekurangan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, kedua jenis makanan tersebut mengandung vitamin yang sangat dibutuhkan oleh gigi. Selain itu, menggigit dan mengunyahnya secara teratur dapat membantu membersihkan gigi secara alami. Jika jarang mengonsumsinya dapat menyebabkan karang gigi.

sumber; pixabay


- Minum soda berlebihan, tak hanya memperhatikan jenis makanan saja untuk mengurangi risiko munculnya karang gigi. Minuman bersoda juga dapat meningkatkan risiko mengalami karang gigi. Hal ini disebabkan jenis soda yang tajam dan dapat merusak enamel gigi.

-Mengonsumsi makanan karbohidrat tinggi, jika terlalu banyak mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi dapat mempercepat pertumbuhan plak pada gigi. Kondisi ini dikarenakan karbohidrat merupakan zat yang sangat disukai oleh mikroorganisme di mulut. Sehingga memiliki risiko mengalami karang gigi.

- Kurang minum air putih, air putih yang cukup dibutuhkan tubuh supaya tubuh tetap terhidrasi. Dengan begitu, tubuh Anda dapat menghasilkan air liur yang cukup. Air liur memiliki peran untuk melembapkan mulut dan membersihkan sisa makanan. Hal ini dapat memungkinkan terjadinya karang gigi.

- Faktor usia, semakin bertambahnya usia dapat memicu kondisi kesehatan gigi. Salah satunya dapat memicu terjadinya karang gigi, bahkan melemahnya kondisi kesehatan gigi.

Itulah beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya karang gigi. Kondisi ini tidak bisa diremehkan begitu saja, sebab dapat menimbulkan kerontokan pada gigi. Selain itu juga dapat menyebabkan kondisi medis tertentu.

Cara mengatasi karang gigi dengan aman dan mudah

Masalah karang gigi dapat menyebabkan rasa percaya diri menjadi berkurang, sehingga perlu melakukan beberapa cara untuk mengatasinya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi karang gigi. Berikut ini cara mengatasi karang gigi :

1. Membersihkan kotoran di gigi dengan benang

sumber; pexels


Cara membersihkan karang gigi secara sederhana ialah membersihkan dengan detail menggunakan benang khusus gigi. Hal ini bertujuan untuk membersihkan plak yang berada di sela-sela gigi. Benang khusus dapat menjangkau sela-sela gigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Lakukan cara ini setelah menyikat gigi untuk hasil yang maksimal. Sehingga dapat membantu mengatasi karang gigi.

2. Gunakan obat kumur

Menggunakan obat kumur dapat membantu untuk mengatasi karang gigi. Obat kumur dinilai mampu untuk membantu merontokkan kotoran dari sisa makanan yang menempel pada gigi. Selain itu, penggunaan obat kumur dapat membantu aroma napas menjadi lebih segar. Untuk mendapatkan manfaatnya, hindari obat kumur dengan kandungan alkohol sehingga dapat mengatasi karang gigi.

3. Mencukupi kebutuhan minum air putih

sumber; pixabay


Mengonsumsi banyak air putih dapat meningkatkan produksi air liur. Air liur dalam mulut dapat membantu untuk melembapkan dan meluruhkan sisa-sisa makanan yang menempel di permukaan gigi. Air putih juga mengandung enzim yang dapat membantu mencegah bakteri penyebab infeksi mulut berkembang. Sehingga dapat mengatasi karang gigi.

4. Menghilangkan kebiasaan merokok

Rokok memiliki kandungan kimia yang dapat memicu pembentukan karang gigi. Selain itu juga menyebabkan bau mulut dan gigi kuning, bahkan merokok dapat memicu terbentuknya karang gigi. Selagi melakukan langkah sederhana untuk membersihkan karang gigi, sebaiknya kamu juga berhenti merokok untuk mengatasi karang gigi.

5. Gosok gigi dengan baking soda

sumber; pixabay


Menggunakan baking soda menjadi cara untuk membersihkan karang gigi selanjutnya. Caranya gunakan baking soda untuk menggosok gigi. Baking soda dinilai mampu menghilangkan plak tanpa merusak enamel gigi. Kandungan di dalamnya dinilai mampu melindungi gigi, dan mencegah gigi kehilangan kalsium. Sifat antimikroba dalam baking soda dapat membantu mengatasi karang gigi.

6. Sikat gigi dengan teknik yang benar dan rutin

Melakukan sikat gigi tidak bisa dilakukan asal-asalan, hal tersebut akan sia-sia jika dilakukan dengan teknik yang salah. Sebaiknya menyikat gigi dengan gerakan memutar atas dan bawah. Gerakan dapat dimulai dari gigi paling belakang atau geraham di sisi kanan atau kiri. Lakukan juga menyikat gigi dengan lembut dan secara rutin agar enamel gigi tetap terjaga dan mengatasi karang.

Demikian enam langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi karang gigi. Jika sudah dilakukan namun karang gigi masih tetap membandel, bisa melakukan konsultasi dengan dokter spesialis gigi. Sehingga karang gigi dapat teratasi.