Banyak orang yang tidak percaya diri dengan kulitnya yang tampak kusam dan memiliki warna tidak merata. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kurangnya menjaga kebersihan kulit yang membuat daki atau sel-sel kulit mati menumpuk di permukaan kulit. Daki yang menumpuk ini akan membuat kulit tampak lebih gelap dari warna yang sebenarnya.

Sebenarnya daki bisa kamu atasi dengan rutin melakukan eksfoliasi kulit menggunakan produk body scrub atau face scrub. Ini dilakukan sebagai upaya untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk agar tak berubah menjadi daki. Pasalnya, jika terus dibiarkan, daki akan berkerak dan jadi sulit dihilangkan.

Daki pada dasarnya akan bercampur dengan polusi dan paparan sinar matahari. Faktor-faktor tersebut tidak hanya memicu proses hiperpigmentasi kulit memproduksi melanin secara berlebihan, tapi juga membuat sel-sel kulit mati tadi menyerap kotoran yang dibawa bersamanya. Akibatnya, daki pun akan berubah menjadi berwarna abu kehitaman, sehingga lama-kelamaan akan menjadi kasar, kotor, dan kusam.

Nah, untuk mengatasi masalah ini, kamu nggak perlu khawatir. Kamu bisa mencoba membuat racikan alami yang efektif dalam menghilangkan daki sekaligus menutrisi wajah agar tampak cerah. Seperti yang ditunjukkan akun @simmi_bijalwan melalui Instagram yang menggunakan campuran tomat dan tepung beras sebagai solusinya.

Tomat adalah buah yang kaya akan senyawa likopen, antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat polusi faktor eksternal, sehingga tidak cepat kotor. Selain itu, tomat juga mengandung komponen penting berupa asam salisilat (BHA) sebagai bahan yang efektif dalam membantu eksfoliasi dan mengontrol produksi minyak.

Kandungan tersebut membuat tomat dapat mengangkat kotoran maupun daki secara efektif dan mencegah kulit menjadi tampak kotor dan kusam. Memakai masker tomat pada wajah secara rutin dapat membuat kulit lebih cerah dan bercahaya sekaligus mengurangi pigmentasi, kusam, dan tampilan bintik hitam yang mengganggu penampilan. Dilansir dari Healthline, tomat memiliki kandungan vitamin C dan zat lainnya untuk menjaga kulit tetap sehat dan glowing alami.

Tepung beras memiliki sifat eksfoliasi lembut yang dapat menyerap minyak berlebih dan kotoran di kulit, sehingga dapat mencerahkan kulit. Selain itu, tepung beras juga kaya akan asam amino, vitamin B, antioksidan yang dapat memberi nutrisi dalam mencerahkan warna kulit secara menyeluruh. Tak hanya itu, komponen asam phytic di dalamnya juga efektif dalam membantu mengurangi produksi melanin dan menghaluskan lapisan kulit yang gelap.

Kedua bahan di atas bisa kamu gunakan sebagai masker dengan cara berikut. Simak langkah-langkahnya, seperti dilansir briliobeauty.net dari Instagram/@simmi_bijalwan pada Rabu (24/4).

Alat dan bahan:

  • 1 buah tomat segar
  • 1 sendok makan tepung beras
  • Pisau

Langkah pengerjaan:

  1. Potong 1 buah tomat segar dan ambil sebagian kecil dari potongan tomat tersebut
  2. Taburkan satu sendok makan tepung beras ke atas belahan tomat tadi, lalu ratakan tepung beras tersebut sebelum diaplikasikan
  3. Oleskan dengan lembut dan perlahan tomat yang telah diberi tepung beras tersebut ke wajah selama beberapa saat
  4. Lakukan selama 3-4 menit, lalu diamkan selama beberapa saat
  5. Setelah itu, bilas wajah dengan air bersih dan keringkan. Jangan lupa gunakan pelembap setelahnya
  6. Lakukan rutin minimal 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.