Pori-pori adalah komponen kulit yang bertugas untuk menyalurkan sebum atau minyak alami kulit, sebagai upaya untuk menjaga kulit tetap lembap dan kenyal. Namun sayangnya, terkadang pori-pori wajah jadi tampak lebih besar dan kotor. Ini disebabkan karena penyumbatan kotoran. Kotoran yang dimaksud adalah penumpukan sel kulit mati, sisa makeup yang tak dibersihkan secara optimal, debu, dan polusi.

Berbagai kotoran tersebut akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan berbagai permasalahan kulit. Seperti komedo, beruntusan, hingga jerawat meradang. Bahkan kulit juga jadi tampak kusam, bertekstur, dan memiliki warna yang tidak merata. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan perawatan untuk membersihkan pori-pori wajah.

Untuk itu kamu perlu melakukan eksfoliasi secara rutin. Dalam metode skin cycling, eskfoliasi jadi hal penting yang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari eksfoliasi dengan toner dan serum, hingga menggunakan eksfoliator dari bahan alami.

Dilansir briliobeauty.net dari akun Youtube beauty with farhat, Jumat (26/4), kamu dapat melakukan eksfoliasi dengan memanfaatkan bahan alami. Metode ini cukup efektif dan efisien karena bisa dilakukan sendiri di rumah. Cukup menggunakan bahan-bahan yang lembut bagi kulit, salah satunya adalah tepung khusus yang memiliki kemampuan eksfoliasi mumpuni.

Apa saja bahan-bahan yang bisa digunakan sebagai agen eksfoliasi alami? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Cara eksfoliasi yang gampang yakni dengan memanfaatkan tepung beras, susu bubuk dan jus kentang. Ketiga bahan ini bisa jadi eksfoliator yang membantu mendorong regenerasi sel kulit. Mengapa demikian?

Tepung beras dikenal sebagai bahan yang mampu mengangkat sel kulit mati hingga ke dalam pori. Tepung beras membantu menyerap kelebihan minyak dalam kulit. Mengutip Healthline, kandungan asam fitat pada tepung beras bisa membantu mengatasi jerawat dan bintik hitam.

Tepung beras juga mengandung nutrisi seperti vitamin B, mineral, dan asam amino yang berguna untuk memberikan nutrisi yang sehat pada kulit. Sifat eksfoliator dan absorben dari tepung beras juga efektif untuk mengangkat berbagai kotoran penyebab pori-pori tersumbat sekaligus membuat wajah jadi tampak lebih cerah.

Sementara susu bubuk dengan kandungan laktosa dan protein bisa membantu melembapkan kulit. Asam laktat di dalamnya membantu pengelupasan sel kulit mati serta membuat kulit lebih halus dan cerah.

Jus kentang bisa ditambahkan sebagai agen anti-inflamasi yang mencegah peradangan dan iritasi pasca eksfoliasi. Kentang juga membantu kulit lebih sehat dan kencang karena memiliki sifat antiaging alami.

Cara membuat eksfoliator alami ini cukup mudah. Kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 1 sendok makan tepung beras
  • 2 sendok makan susu bubuk
  • 1 sendok makan jus kentang

Cara membuat:

  1. Masukkan tepung beras ke dalam mangkuk
  2. Campurkan dengan susu bubuk
  3. Tuangkan jus kentang
  4. Aduk-aduk semua bahan tersebut hingga tercampur rata
  5. Masker siap untuk digunakan

Cara menggunakan:

  1. Pastikan wajah dan leher bersih terlebih dahulu
  2. Oleskan masker tersebut secara merata pada wajah
  3. Diamkan kurang lebih 15 hingga 20 menit
  4. Pijat-pijat terlebih dahulu kurang lebih lima menit
  5. Bilas masker dengan menggunakan air biasa
  6. Keringkan wajah dengan handuk bersih
  7. Ulangi penggunaan masker ini kurang lebih dua kali dalam seminggu, agar wajah tetap bersih