Jakarta - Top 3 Tekno Berita Terkini pada Senin pagi ini, 29 April 2024, diawali dari artikel profil Ketua RT 008/04, Kelurahan Malaka Jaya, Kecamatan Duren Sawit, Taufiq Supriadi. Namanya ikut mencuat bersama inisiatif Pusat Percontohan Pencegah Krisis Planet di jalan gang di permukimannya yang dicatat Museum Rekor Indonesia (MURI).

Informasi pendaftaran UTBK jalur Seleksi Mandiri Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menjadi berita terpopuler kedua. Untuk mengikuti jalur pendaftaran UTBK Mandiri UNS terdapat beberapa syarat yang wajib dipenuhi oleh peserta.

Berita terpopuler ketiga datang dari peringatan BMKG untuk Pemerintah Daerah Garut, Tasikmalaya, Sukabumi, Bandung, dan sekitarnya pasca-diguncang gempa M6,2 dari laut selatan Jawa Barat pada Sabtu malam lalu. Disebutkan, gempa dari laut 156 kilometer arah barat daya Garut itu sangat mungkin mengakibatkan lereng-lereng retak atau rapuh sehingga apabila turun hujan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi longsor dan banjir bandang.

Berikut Top 3 Tekno Berita Terkini pada Senin pagi ini, 29 April 2024, selengkapnya,

1. Ketua RT Palugada di Balik Rekor MURI Jalan Gang 8 Malaka Jaya Duret Sawit

Salah satu Rukun Tetangga (RT) di wilayah Jakarta Timur kini tercatat dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Surat persetujuan rekor itu ditandatangani pada Rabu, 3 April 2024 lalu. Isinya: RT pertama yang memiliki kolam ikan hias dan gizi warga.

Ketua RT 008/04, Kelurahan Malaka Jaya, Kecamatan Duren Sawit, Taufiq Supriadi, mengubah jalan gang di permukimannya menjadi Pusat Percontohan Pencegah Krisis Planet. Ia bersama warga setempat membangun tiga akuarium berisi ikan yang bisa dikonsumsi secara gratis dan dibagikan ke warga ketika masa panen. Selain itu, ada satu akuarium berisi ikan hias untuk mempercantik jalan gang tersebut.

2. Pendaftaran UTBK Jalur Seleksi Mandiri UNS 2024 Dibuka Esok, Ini Ketentuan dan Cara Mendaftarnya

Calon mahasiswa baru masih memiliki kesempatan untuk membidik jurusan dan kampus impian dengan memanfaatkan jalur seleksi UTBK Mandiri, atau Seleksi Mandiri, yang disediakan oleh banyak kampus. Salah satunya adalah Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

UNS menyediakan jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer Mandiri. Peserta hanya perlu setor nilai UTBK yang telah diperoleh kepada pihak kampus melalui pendaftaran resmi. Terdapat beberapa syarat yang wajib dipenuhi oleh peserta, seperti Warga Negara Indonesia, lulus SMA/MA/SMK/SMALB sederajat, dalam kondisi sehat, dan mendaftarkan diri sebagai peserta Seleksi Mandiri UNS Jalur Ujian Menggunakan Nilai UTBK BP3.

3. Usai Gempa Garut M6.2, BMKG Peringatkan Potensi Longsor dan Banjir

Setelah gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 6,2 mengguncang Garut, BMKG memperingatkan potensi longsor dan banjir. Masyarakat di Sukabumi, Tasikmalaya, Bandung, Garut, dan sekitarnya diminta untuk tetap waspada terutama saat turun hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Getaran dari gempa dapat menyebabkan lereng-lereng menjadi retak atau rapuh. Jika terjadi hujan, air hujan yang meresap dapat mendorong massa tanah dan batuan menjadi longsor.