Bulan suci Ramadan merupakan momen yang tepat untuk membuka usaha. Banyak bisnis di bulan Ramadan yang bisa Sahabat Fimela coba untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah dalam rangka menyambut Idulfitri. Momen ini mempunyai potensi besar yang mampu meningkatkan omzet penjualan para pelaku usaha. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan bulan puasa untuk menambah keuntungan.

Ada berbagai macam bisnis yang paling laris di bulan Ramadan. Peluang ini memberikan keuntungan yang lebih besar. Keterbatasan uang bukan alasan untuk tidak berbisnis, karena usaha Sahabat Fimela juga bisa dilakukan tanpa modal. Menjadi reseller atau dropshipper bisa dilakukan untuk produk yang tidak memerlukan produksi, bagi yang tidak mempunyai modal usaha.

Lantas, bisnis apa saja yang menguntungkan? Menyadur dari halalop.com dan ireappos.com, inilah 7 ide bisnis di bulan Ramadan yang bisa dilakukan hanya dengan modal kecil. Apa saja ya?

1. Jual takjil

Ramadan tentunya tidak lepas dari takjil. Hampir semua orang, bahkan yang tidak berpuasa sekalipun, akan berburu takjil sebelum waktu berbuka puasa. Pilihan jenis takjil yang bisa Sahabat Fimela jual misalnya gorengan, jajanan pasar, kue unik bulan Ramadan, kue tradisional, berbagai jenis kolak, es buah, dan lain sebagainya.

Sahabat Fimela bisa membeli yang sudah jadi di pasaran, lalu mengemasnya dalam kemasan yang sesuai. Jika kamu menggunakan cara ini, keuntungan akan berasal dari selisih harga beli dan harga jual kembali. Sementara itu, kamu bisa mendapatkan keuntungan lebih jika mengolah sendiri seluruh varian takjil yang dijual. Untuk memulai usaha ini modalnya cukup minim, Sahabat Fimela bisa memulainya dari Rp 100.000 - Rp 200.000 dan mulailah berjualan di depan rumah atau di tempat yang ramai dikunjungi, seperti pasar Ramadan.

2. Kue kering dan parsel lebaran

Peluang bisnis yang tak kalah populer di bulan puasa adalah penjualan kue kering dan parsel lebaran. Untuk menjaga silaturahmi dengan keluarga dan teman dekat, tentunya banyak orang yang akan membeli kedua jenis produk tersebut. Oleh karena itu, Sahabat Fimela yang memiliki bisnis kue kering dan parsel lebaran bisa mulai melakukan pre-order kepada pelanggan. Sistem pre-order jauh lebih menguntungkan karena kamu membuat kue kering dengan beberapa kebutuhan dan permintaan. Apalagi dengan sistem pre-order di mana pelanggan melakukan pembayaran lebih dulu akan mengurangi beban modal yang perlu kamu siapkan.

Sahabat Fimela juga bisa menjalankan bisnis kue kering rumahan dengan sistem reseller atau dropshipper. Kamu tidak perlu membuat kue sendiri. Sebaliknya, jual kue kering yang diproduksi oleh orang lain. Hal ini jauh lebih praktis dan hemat energi. Keuntungan yang didapat tentu saja dari selisih harga beli dan harga jual.

3. Jual buah kurma

Tidak ada yang lebih sehat, bergizi, dan lezat selain buah-buahan berkualitas baik. Di dunia muslim, buah-buahan adalah salah satu cara terbaik untuk berbuka puasa atau bahkan sahur. Kurma adalah buah paling populer yang terlihat di meja selama bulan Ramadan. Hal ini terutama karena nilai gizinya tinggi yang didapat orang berpuasa secara instan, dan dalam Islam juga disunahkan untuk makan kurma.

Nabi Muhammad SAW juga biasa makan kurma dalam jumlah ganjil. Jika Sahabat Fimela kebetulan berada di sekitar komunitas muslim yang menjual kurma, kamu akan kesulitan menarik pelanggan untuk bisnis ini. Ada permintaan yang tinggi terhadap kurma dan buah-buahan musiman lainnya pada periode bulan Ramadan. Buah-buahan biasanya memiliki lebih banyak konsumen dibandingkan produk organik dan alami lainnya. Sahabat Fimela bahkan dapat melanjutkan bisnis buah-buahan setelah bulan Ramadan jika kamu merasa ini menguntungkan.

4. Katering sahur

Tidak semua orang punya cukup waktu untuk memasak masakan sendiri untuk sahur, mengingat banyak orang yang kesulitan dalam menyiapkan menu sahurnya, seperti anak kos, pekerja, dan masyarakat umum. Inilah kesempatan Sahabat Fimela untuk menjadi solusi bagi mereka. Kamu bisa membagikan daftar menu katering untuk sahur kepada teman dan tetangga atau mempromosikan bisnis ini di media sosial.

Menyediakan layanan pesan antar untuk wilayah terbatas sehingga pelanggan Sahabat Fimela dapat menerima paket katering sahur tepat waktu. Menu tersebut harus berisi nasi yang cukup untuk beberapa anggota keluarga pelanggan, lauk pauk, sayur, dan buah-buahan. Buatlah variasi menu sahur yang bervariasi agar pelanggan tetap semangat berpuasa.

5. Mengajar Al-Quran

Mengajarkan Al-Quran kepada anak-anak muslim dan bahkan orang seusia kamu dianggap sebagai tindakan mulia dalam Islam. Ini juga merupakan tindakan favorit Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. Dengan memilih bisnis seperti ini, Sahabat Fimela bisa mendapatkan rezeki dan kepuasan dari Allah SWT yang akan bermanfaat bagi kamu dalam jangka panjang.

Untuk menawarkan layanan seperti itu, Sahabat Fimela memiliki banyak pilihan untuk dilakukan. Saat ini, pengajaran online berbagai media sudah menjadi kebutuhan saat ini. Kamu bisa membuka pusat pengajaran Quran yang diajarkan kepada anak-anak muslim. Untuk pilihan lainnya, Sahabat Fimela dapat membuat situs web atau saluran YouTube dengan postingan rutin tentang pelajaran Al-Quran dan ajarannya. Postingan video kamu secara rutin dapat membantu ratusan orang untuk belajar Al-Quran dengan nyaman hanya dari rumah.

6. Layanan pengiriman bagi yang tidak berpuasa

Keindahan Islam adalah tidak memaksakan kewajibannya pada semua orang. Meskipun puasa di bulan Ramadan adalah wajib bagi seluruh umat Islam. Namun, ada pengecualian terhadap kewajiban-kewajiban ilahi ini juga. Ada banyak orang yang memiliki kondisi medis serius atau alasan lain yang tidak memungkinkan mereka untuk berpuasa selama Ramadan.

Sahabat Fimela dapat memulai layanan pengiriman ke rumah untuk orang-orang seperti itu di daerah kamu tinggal. Di sebagian besar negara-negara muslim, semua bisnis yang berkaitan dengan makanan dan minuman ditutup sampai waktu berbuka puasa atau dibatasi untuk menawarkan layanan mereka. Kamu dapat menawarkan bantuan kepada orang-orang tersebut dengan menawarkan layanan pesan-antar makanan atau jenis pengiriman lainnya dengan harga yang wajar.

Sahabat Fimela juga bisa mempromosikan diri sebagai dapur rumah yang hanya menawarkan bantuan kepada orang-orang yang memiliki alasan tulus untuk tidak berpuasa. Layanan pengiriman dapat diberikan melalui platform online yang sudah ada atau dapat ditawarkan melalui media kamu sendiri, baik itu nomor ponsel atau situs web lokal pribadi. Bisnis seperti ini dapat didirikan dan dijalankan dengan modal yang sangat sedikit.

7. Amplop kustom THR

Merayakan kemenangan Idulfitri lengkap rasanya jika berbagi THR (Tunjangan Hari Raya). Kebutuhan amplop THR kustom untuk perusahaan dan keperluan pribadi sangat banyak. Jadi, Sahabat Fimela bisa mulai membuka usaha rumahan dengan menerima pesanan amplop THR kustom sesuai keinginan pelanggan.

Ingat, buat juga amplop THR kustom dengan bentuk unik dan cantik lainnya. Jika produksinya bisa banyak, tidak perlu menjualnya sendiri. Sahabat Fimela bisa menyerahkannya kepada penjual lain agar mereka hanya menjualnya saja. Kamu bisa memanfaatkan harga grosir kepada penjual.

Penulis: Miftah DK

#Unlocking The Limitless