Apple dilaporkan menghapus tiga aplikasi yang menggunakan Artificial Intelligence dari App Store. Semua aplikasi menawarkan menampilkan gambar telanjang dari orang lain.

Laporan dari 404 media menyebutkan sejumlah aplikasi tersebut bisa membuat gambar telanjang. Namun semua gambar dibuat tanpa persetujuan orang tersebut, dikutip dari Apple Insider, Senin (29/4/2024).

Beberapa fitur dalam aplikasi seperti menukar wajah orang lain ke gambar porno. Selain itu juga ada aplikasi yang dipasarkan sebagai 'Undress', yang akan menghilangkan pakaian dari subjek foto secara virtual.

Setelah laporan itu muncul, Apple bergerak cepat dengan menghapus. Langkah ini jauh lebih baik dari kebijakan yang ada dalam perusahaan.

Awalnya, Apple tidak bisa melarang aplikasi. Sebab mereka memiliki aturan App Store Reviewed dan setiap aplikasi harus melalui penilaian pihak ketiga.

Aplikasi serupa juga telah dihapus dari Play Store milik Google. Meta yang diberitahu Instagram mengiklankan aplikasi tersebut juga melakukan hal yang sama.

Laporan soal aplikasi tersebut telah ada sejak 2022. Namun baik Apple dan Google, yang telah diperingatkan terkait masalah itu, menolak menghapusnya.

Kedua perusahaan hanya memberi peringatan pada aplikasi untuk tidak beriklan di situs dewasa. Aplikasi akhirnya tetap ada di App Store.

Namun salah satu aplikasi tetap beriklan di situs dewasa hingga 2024. Yakni saat aplikasi dihapus dari Play Store.