Pernahkah kamu menemukan helaian rambut dalam jumlah yang banyak pada permukaan sisir? Kondisi tersebut menggambarkan rambut yang mengalami rontok berlebih. Biasanya rambut rontok berlebih ini seiring dialami wanita berambut panjang. Namun rambut rontok berlebih tak memungkiri juga bisa terjadi pada orang berambut pendek.

Pemicu terjadinya rambut rontok berlebih bisa dipengaruhi dari beberapa faktor. Salah satunya yang kerap dialami adalah stres berkepanjangan, baik itu karena masalah pekerjaan, kehidupan pribadi, atau masalah kesehatan, yang dapat memicu kerontokan berlebih dengan memengaruhi siklus pertumbuhan rambut.

Faktor lainnya berasal dari penggunaan produk perawatan rambut yang tidak cocok. Penggunaan produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia keras dapat merusak folikel rambut dan menyebabkan rambut rontok.

Kondisi rambut rontok berlebih pastinya membuat kamu merasa risau. Jika masalah ini tidak segera diatasi, bisa menyebabkan kebotakan. Agar hal tersebut tidak terjadi, kamu perlu mencari cara mengatasi rambut rontok berlebih. Salah satu cara mengatasi rambut rontok berlebih adalah memanfaatkan bahan-bahan alami yang diramu dengan sampo. Seperti yang dilakukan beauty vlogger yang menunjukkan cara atasi rambut rontok di kanal YouTube @pihuofficials.

Melalui unggahan short video di kanal YouTubenya, ia menggunakan satu jenis bunga yaitu hibiscus atau kembang sepatu, teh hitam, dan kopi hitam yang dikombinasikan dengan sampo. Semua bahan tersebut diklaim bisa mengatasi rambut rontok.

Kembang sepatu, atau hibiscus, telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk perawatan rambut. Kembang sepatu mengandung vitamin C, antioksidan, dan asam amino yang dapat membantu meningkatkan aliran darah ke folikel rambut. Sehingga dapat merangsang pertumbuhan rambut baru. Kandungan protein dalam kembang sepatu dapat membantu memperkuat akar rambut, yang dapat mencegah kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut yang sehat. Kembang sepatu juga memiliki sifat kondisioning alami yang dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat faktor-faktor lingkungan dan perawatan yang tidak tepat.

Sementara itu, adanya kafein dalam teh hitam telah dikaitkan dengan meningkatnya pertumbuhan rambut yang bisa merangsang folikel dan memperpanjang fase pertumbuhan rambut. Selain itu, antioksidan dalam teh hitam dapat membantu melindungi kulit kepala dari kerusakan akibat radikal bebas dan peradangan, menciptakan lingkungan yang lebih kondusif untuk pertumbuhan rambut yang sehat.

Begitu juga kafein dalam kopi hitam memiliki sifat stimulasi yang dapat merangsang folikel rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut. Kafein pada bubuk kopi juga dipercaya mengurangi kerontokan dengan memperpanjang fase pertumbuhan dan meningkatkan ketebalan rambut.

Untuk cara menggunakan semua bahan, kamu bisa mengikuti trik yang dibagikan @pihuofficials, sebagaimana briliobeauty.net rangkum, Kamis (2/5).

Bahan:

- 5 lembar bunga kembang sepatu atau hibiscus
- 2 sendok makan teh hitam
- 1 sachet bubuk kopi hitam
- Air matang secukupnya
- 1 sachet sampo.

Cara membuat:

1. Siapkan mangkuk bersih
2. Masukkan bunga kembang sepatu yang sudah dibersihkan ke dalam mangkuk tersebut
3. Taburkan bubuk kopi dan teh hitam
4. Tuangkan air matang secukupnya
5. Tutup dan diamkan selama satu malam
6. Tuangkan ke dalam wadah baru, sembari disaring
7. Campurkan dengan sampo yang biasa kamu gunakan
8. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
9. Ramuan penumbuh rambut bisa kamu gunakan.

Cara menggunakan:

1. Basahi rambut dengan menggunakan air biasa
2. Oleskan ramuan tersebut pada seluruh lapisan rambut
3. Pijat-pijat kulit kepala selama beberapa menit
4. Bilas ramuan penumbuh rambut alami menggunakan air biasa
5. Ulangi penggunaan ramuan ini secara rutin, setidaknya dua kali dalam seminggu.

Kembang sepatu juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan kulit kepala, salah satunya adalah mengatasi ketombe. Kembang sepatu memiliki sifat antiinflamasi yang membantu meredakan peradangan pada kulit kepala. Dilansir dari forestessentialsindia.com, Kamis (2/5) sifat astringen dalam kembang sepatu, membantu menjaga keseimbangan produksi minyak di kulit kepala. Ketombe seringkali berkaitan dengan kulit kepala yang berminyak atau kering. Dengan menjaga keseimbangan produksi minyak, membantu mencegah ketombe.