Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Guinea U-23 dalam pertandingan Playoff Olimpiade Paris 2024 di Clairefontaine, Prancis, pada Kamis (9/5/2024) pukul 20.00 WIB. Pengamat sepak bola Maruf El Rumi mengatakan bahwa Guinea lebih unggul dari Indonesia. Menurut Maruf, Guinea merupakan tim Afrika yang permainannya lebih terasa seperti permainan Eropa. Ia menambahkan bahwa distribusi kekuatan mereka terletak pada banyaknya pemain yang tersebar di beberapa kompetisi Eropa, termasuk klub-klub di Turki, Prancis, Yunani, Belgia, dan Kosovo, serta ditopang dengan pemain dari kompetisi lokal.

Menurut Maruf, saat ini para pemain Guinea juga dalam kondisi lebih segar dibandingkan Timnas U-23 Indonesia. Guinea memiliki waktu jeda cukup lama dan hanya menjalani satu uji coba sebelum melawan Indonesia, yaitu menghadapi Amerika Serikat. Sementara Garuda Muda sedang mengalami kelelahan usai menjalani jadwal padat di Piala Asia U-23.

Pria yang akrab disapa Bung Maruf itu juga mengamati bahwa fisik pemain Guinea cukup bagus dengan ciri khas Afrika. Ia berharap, Timnas U-23 Indonesia bisa berperan penting dalam pertarungan perebutan bola dan duel bola atas.

Sementara itu, Pelatih Timnas U-23 Indonesia Shin Tae-yong mengaku lebih berkonsentrasi untuk menjaga kebugaran pemain jelang menghadapi Guinea pada laga playoff untuk memperebutkan satu tiket tersisa ke Olimpiade Paris. Shin Tae-yong menekankan bahwa yang paling penting adalah mengontrol kondisi pemain, baik secara fisik maupun psikologis. Ia menyatakan bahwa secara psikologis, para pemain mulai merasa lelah sehingga penting untuk dapat mengontrol kondisi pemain agar tetap bugar. Shin Tae-yong juga mengakui bahwa keberangkatan ke Paris memang dijadwalkan jauh-jauh hari. Hal ini dilakukan agar pemain memiliki adaptasi dengan cuaca yang cukup.

Ia mengatakan, saat putaran final Piala Asia U-23 di Doha, cuaca sangat panas sekitar 35 derajat celsius. Lalu ketika tiba di Paris, cuaca relatif dingin (sekitar 12 derajat celcius) sehingga adaptasi pemain terhadap cuaca harus dilakukan jauh-jauh hari. Shin Tae-yong juga mengeluhkan lapangan tempat berlatih, yakni Stade de Lagrange yang kurang representatif.