Proses penuaan alami yang terjadi pada wajah adalah penyebab utama munculnya kerutan dan garis halus. Seiring bertambahnya usia, kulit kehilangan elastisitasnya dan produksi kolagen, serta asam hialuronat (yang membantu kelembapan kulit) juga menurun. Sehingga menyebabkan kulit menjadi kering, kendur, dan munculnya kerutan.

Proses penuaan memang biasanya terjadi pada orang-orang yang menginjak usia 35 tahunan ke atas. Namun proses penuaan bisa muncul lebih cepat, jika kulit wajah terlalu sering terpapar sinar matahari. Pasalnya, radiasi UV pada sinar matahari bisa merusak serat kolagen dan elastin pada kulit. Dampak dari hal tersebut adalah penurunan kekencangan kulit dan munculnya kerutan, serta garis halus.

Selain disebabkan oleh paparan sinar matahari, penuaan dini juga dapat dipicu dari kebiasaan merokok. Kebiasan buruk ini mampu mengurangi aliran darah ke kulit dan merusak kolagen. Dampaknya pada kulit yaitu kering, tampak kusam, dan memicu timbulnya kerutan.

Agar kerutan dan garis halus tidak cepat muncul pada permukaan wajah, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Mulai dari menggunakan sunscreen, mengurangi kebiasan merokok, dan merawat kulit dengan produk skincare. Salah satu produk skincare yang banyak diminati untuk mencegah kerutan dan garis halus adalah serum antiaging.

Serum antiaging memang ampuh untuk mencegah berbagai tanda penuaan muncul. Namun seringkali kamu temui di pasaran, serum antiaging dibanderol dengan harga menguras kantong. Sebagai alternatifnya, kamu bisa merawat kulit wajah dengan perawatan topikal yang memanfaatkan bahan alami, seperti dibagikan kanal YouTube @meineleckerekuche.

Dalam video unggahannya, pemilik kanal tersebut membagikan cara cegah kerutan dan garis halus di wajah pakai daun parsley. Bahan yang biasa digunakan untuk memasak ini kemudian diolah jadi toner. Bukan tanpa sebab, daun parsley memiliki beberapa manfaat untuk membantu menjaga kulit tetap sehat dan mencegah kerutan dan garis halus di wajah.

Pasalnya, daun parsley mengandung senyawa antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E yang dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh faktor lingkungan seperti paparan sinar UV dan polusi udara. Kandungan klorofil dalam daun parsley membantu membersihkan toksin dari tubuh, yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam.

Membersihkan tubuh dari toksin dan zat-zat berbahaya diklaim mencerahkan kulit dan cegah tanda penuaan. Lantas bagaimana cara membuat toner dari daun parsley ini? Bagi kamu yang ingin mencoba, yuk simak langkah-langkah di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube @meineleckerekuche, Selasa (7/5).

Bahan:

- 5 hingga 6 lembar daun parsley
- Air putih
- 1/2 perasaan lemon

Cara membuat:

1. Cuci bersih daun parsley dan keringkan
2. Iris dengan ukuran kecil
3. Masukkan ke dalam panci dan tuangkan air putih secukupnya
4. Rebus hingga mendidih
5. Angkat dan dinginkan
6. Tuangkan ke dalam wadah baru, sembari disaring
7. Tambahkan perasan lemon dan aduk
8. Tuangkan ke dalam botol spray dan tutup kencang.

Cara menggunakan:

1. Siapkan kapas bersih
2. Semprotkan toner pada kapas
3. Usapkan pada wajah dan leher
4. Gunakan dua kali dalam sehari, pagi dan malam hari
5. Toner bisa tahan selama sembilan hari jika disimpan di lemari pendingin.

Wajah bebas jerawat dengan daun parsley

Selain manfaat di atas, daun parsley juga bisa digunakan untuk atasi jerawat. Dilansir dari medicinenet.com, daun parsley mengandung antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan pada kulit yang terjadi akibat jerawat. Peradangan adalah salah satu faktor utama yang menyebabkan jerawat memerah dan bengkak.

Dengan mengurangi peradangan, daun parsley dapat membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat. Daun parsley mengandung antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E, yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan peradangan dan iritasi kulit yang dapat memperparah jerawat.