Indosat lewat brand Tri mendukung perkembangan esports di Indonesia dengan hadirkan turnamen H3RO Esports 5.0. Pada tahun kelima ini, Indosat menjadikan Mobile Legends: Bang Bang sebagai game yang dipertandingkan.

Lewat ekosistem H3RO yang lengkap sebagai solusi satu platform, Tri memberi kesempatan buat talenta di bidang game untuk menjadi profesional dan mempersiapkan mereka berkompetisi di turnamen esports internasional.

Mengutip keterangan resminya, gelaran turnamen H3RO Esports 5.0 ini merupakan hasil kerja sama Indosat dengan Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI). Adapun rangkaian H3RO Esports menjadi turnamen skala besar yang masuk dalam agenda esports nasional.

Sebelumnya, tahun lalu turnamen H3RO Esports 4.0 berhasil jadi trending topic di YouTube hingga empat kali. Turnamen yang sama pun diklaim sukses mengantar talenta-talenta terbaik di Indonesia untuk menjadi juara IESF World Esports Championship, seperti Evos, Kuda Terbang, hingga Bigetron Alpha.

H3RO Esports disebut bertujuan untuk memberdayakan ekosistem gaming dan mempercepat pertumbuhan dan perkembangannya di Indonesia.

Director & Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison Indonesia Ritesh Kumar Singh mengatakan, turnamen esports H3RO telah memasuki tahun kelima dan menjadi bentuk nyata komitmen Indosat mendukung talenta gamer muda di Indonesia.

Sekretaris Jenderal PB ESI, Frengky Ong, mengatakan, H3RO jadi salah satu bentuk penegasan kalau esports adalah bidang inklusif dengan ekosistem yang luas. Menurutnya, dampak positif esports dan pemberdayaannya bisa menjangkau dan dirasakan berbagai pelaku industri, baik pelaku esports hingga pelaku ekonomi kreatif di Indonesia.

Ia mewakili PB ESI mengapresiasi gelaran turnamen H3RO Esports yang dihelat Indosat melalui brand Tri. Apalagi, turnamen ini disebut akan melahirkan talenta di bidang esports.

Turnamen H3RO Esports 5.0 menjadi bagian dari Seleksi Nasional yang menentukan juara untuk mewakili Tim Nasional Esports Indonesia di ajang IESF World Esports Championship 2024. Kompetisi ini memberikan kesempatan kepada semua gamers Indonesia untuk berkontribusi dalam mengembangkan Esports di Tanah Air.

H3RO juga mengundang 9 tim profesional dengan atlet Esports terbaik dari Indonesia untuk membuktikan kemampuan mereka. Dengan begitu, H3RO Esports 5.0 menjadi ajang pembuktian kualifikasi ke Seleksi Nasional yang akan diselenggarakan pada tanggal 10-14 Juni 2024.

Para gamer bisa berpartisipasi dalam turnamen ini melalui rangkaian yang dimulai dengan kualifikasi fase pertama dari 3 hingga 5 Mei 2024. Sementara fase keduanya akan berlangsung dari 10 hingga 12 Mei 2024. Turnamen ini kemudian dilanjutkan dengan babak penyisihan grup pada 13 hingga 16 Mei 2024. Lalu, babak Grand Final akan disiarkan secara langsung dari 22 hingga 26 Mei 2024. Seluruh partisipan yang tercatat dalam turnamen H3RO Esports 5.0 akan memperebutkan total hadiah hingga Rp 300 juta.