Terdapat berbagai cara untuk mengatasi masalah sampah plastik, tetapi upaya ini masih belum mencapai hasil yang memuaskan. Sampah plastik masih tersebar luas, bahkan di sekitar lingkungan rumah. Hal ini terjadi karena kurangnya kesadaran dari manusia sendiri tentang pentingnya menjaga lingkungan dari dampak negatif sampah plastik.

Padahal, menjaga bumi dari sampah plastik merupakan tanggung jawab sebagai makhluk bumi. Nah, Sahahabat Fimela dapat memulai langkah dari diri sendiri dengan mengajak keluarga terdekat untuk membuat ecobrick.

Yup, ecobrick merupakan salah satu solusi efektif untuk mengatasi masalah sampah plastik. Simak penjelasannya mengenai manfaat dan cara pembuatan ecobrick yang dilansir dari Ecobricks.org dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang. Simak artikel ini sampai habis dan jangan lupa terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Ecobrick Beserta Tujuannya

Ecobrick adalah metode daur ulang menggunakan botol plastik sebagai wadah untuk mengemas plastik bekas secara padat dan kering. Proses ini dilakukan secara manual dengan tujuan menciptakan batu bata dari plastik untuk bangunan yang dapat digunakan kembali dengan kepadatan tertentu. Ketahanannya juga cukup kuat.

Tujuan utama melakukan ecobrick adalah untuk mencegah plastik dari degradasi menjadi bahan beracun atau mikroplastik, serta menghindarkan proses industri yang memerlukan banyak energi dan menghasilkan emisi tinggi. Selain manfaat fisiknya yang kokoh, pembuatan ecobrick juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan masalah sampah plastik dan menggagas alternatif regeneratif yang lebih baik, dikenal sebagai transisi plastik. Ecobrick yang sudah banyak tersedia dapat dimanfaatkan dalam jangka pendek untuk berbagai keperluan seperti pembuatan unit modular, furnitur lego, dan ruang terbuka.

Mengapa Harus Membuat Ecobrick? dan Apa Saja Manfaatnya?

Ecobrick adalah solusi yang sangat efisien karena tidak memerlukan banyak energi dalam proses daur ulangnya. Meskipun konsepnya sederhana, ada banyak konsep besar yang terkait dengan penggunaan ecobrick. Konsep dasarnya memungkinkan siapa pun, di mana pun, untuk memanfaatkan sifat plastik yang dapat menimbulkan masalah. Berikut manfaatnya jika Sahabat Fimela melakukan ecobrick:

  • Mengamankan plastik dari kontaminasi biosfer.
  • Menghemat plastik dari daur ulang industri.
  • Dapat digunakan dalam jangka panjang/tidak terbatas.
  • Menghemat plastik dari insinerasi dan penyerapan CO2.
  • Solusi ramah lingkungan terhadap plastik.

Cara Pembuatan Ecobrick

Pembuatan ecobrick cukup mudah, Sahabat Fimela hanya membutuhkan botol dan sampah kemasan plastik yang akan digunakan.

Bahan:

  • Botol plastik
  • Sampah plastik seperti kantong kresek dan kemasan makanan

Alat:

  • Gunting
  • Batang bambu

Langkah-langkah:

  1. Cuci sampah-sampah dari sisa-sisa makanan/minuman, minyak, dan sabun kemudian dikeringkan.
  2. Potong kecil-kecil sampah tersebut menggunakan gunting.
  3. Masukkan sampah yang sudah digunting ke botol plastik.
  4. Dorong dan padatkan menggunakan bambu yang sudah disediakan.
  5. Lakukan hal yang sama dengan menggunakan sampah plastik kasar hingga botol plastik penuh.
  6. Voila, ecobricks dari sampah plastik sudah siap. Bata plastik ini cukup kuat untuk dijadikan tempat duduk, dinding, dan pondasi bangunan lainnya. Selamat mencoba!

Penulis: Naela Marcelina.

#Unlocking The Limitless