Perusahaan rintisan Orange asal Jepang yang bergerak di bidang penerjemahan manga dengan bantuan AI, mendapat dukungan dari kelompok investor swasta. Mereka mendapat suntikan dana investasi sebesar 2,92 miliar yen atau Rp238 miliar. Penerbit besar Jepang Shogakukan menjadi salah satu investor terbesar dalam proyek ini. Cabang modal ventura Japan Investment Corp (JIC) juga bergabung sebagai investor.

Proyek penerjemahan manga berbasis kecerdasan buatan ini menargetkan dalam 5 tahun membuat terjemahan 50 ribu judul baru ke dalam Bahasa Inggris yang akan dipasarkan ke berbagai negara. AI Orange memiliki kemampuan membaca manga lewat analisis gambar dan pengenalan karakter. Manga diterjemahkan ke Bahasa Inggris, Cina, dan lainnya.

Manusia juga tetap terlibat dalam proses penerjemahan ini. Pekerja bertugas mengoreksi dan melakukan penyesuaian akhir. Proses ini membutuhkan waktu setidaknya selama dua hari. Orange juga akan bekerja sama dengan beberapa penerbit manga di Jepang. Targetnya, perusahaan akan menerjemahkan 500 manga perbulan dan menjangkau pasar negara berbahasa Spanyol dan India.

Orange.inc adalah perusahaan rintisan yang berfokus pada misi 'membuat dunia semua orang menikmati manga' dengan mengembangkan teknologi lokalisasi manga untuk penerbitan lokal secara massal. Mereka akan meluncurkan toko distribusi manga digital di Amerika Serikat pada 2024. Perusahaan ini menggunakan sistem AI untuk menghasilkan terjemahan dasar ke dalam bahasa asing, sementara penerjemah melakukan penyusunan huruf. Dengan menjalankan rangkaian proses ini secara konsisten, Orange bertujuan untuk mewujudkan terjemahan massal yang lebih efisien atas judul-judul yang tidak terkenal.

Orange mengembangkan teknologi pemrosesan bahasa dan visi komputer mutakhir untuk meningkatkan efisiensi lokalisasi manga. Mereka berencana meningkatkan kapasitas lokalisasi manga Jepang yang terkenal di dunia hingga 10 hingga 100 kali lipat dari kondisi saat ini. Orange akan memulai distribusi komik yang sudah diterjemahkan ke pasar Amerika Serikat pada musim panas ini melalui aplikasi Emaqi. Judul yang diterjemahkan oleh Orange juga akan dijual di platform e-book yang dikelola oleh penerbit lain. Hingga saat ini, hanya sekitar 14 ribu dari sekitar 700 ribu judul manga yang diterbitkan di Jepang telah diterjemahkan dalam bahasa Inggris.