Mode gelap pada ponsel cerdas telah menjadi pilihan utama bagi sebagian besar pengguna. Pemakaian mode gelap diyakini memudahkan penglihatan dan menghemat daya pada ponsel, terutama pada perangkat dengan layar OLED.

Secara default, sebagian besar aplikasi dapat beralih ke mode gelap. Namun, masih ada aplikasi yang tidak berfungsi dengan baik dalam mode gelap. Namun, kamu bisa memaksa mode gelap berfungsi pada aplikasi yang tidak didukung.

Mode gelap dapat dipaksakan pada hampir semua ponsel cerdas Android yang mendukung mode gelap secara native. Kamu dapat memaksa mode gelap selama ponsel tersebut menjalankan Android 10 atau versi yang lebih baru.

Ada dua cara untuk mengaktifkan mode gelap pada aplikasi yang tidak didukung. Cara pertama adalah dengan menggunakan prosedur sederhana. Sedangkan cara kedua mengharuskan pengguna membuka opsi pengembang. Namun, perlu diingat bahwa mengaktifkan opsi pengembang dapat mempengaruhi beberapa aplikasi perbankan.

Untuk mengaktifkan mode gelap di ponsel Android, buka Pengaturan, lalu pilih Aksesibilitas > Peningkatan penglihatan > tema kontras tinggi. Terapkan juga opsi font kontras tinggi untuk mengubahnya lebih lanjut.

Opsi pengembang dapat diaktifkan dengan mengetuk lima kali pada nomor build dari opsi Tentang Ponsel. Setelah opsi pengembang diaktifkan, buka Rendering akselerasi perangkat keras dan aktifkan override force dark. Hal ini akan mengesampingkan fitur force dark di seluruh antarmuka pengguna, termasuk aplikasi.

Perlu diingat bahwa saat opsi ini diaktifkan, beberapa aplikasi mungkin terlihat aneh, terutama yang belum dioptimalkan untuk mode gelap. Dengan mengubah dua pengaturan ini di ponsel Android, kamu dapat memaksakan efek cahaya mode gelap di seluruh perangkat, termasuk aplikasi.