Madrid terkenal sebagai markas dari klub sepak bola terkenal, Real Madrid. Namun, ternyata kota ini menyimpan berbagai destinasi menarik yang patut dikunjungi Sahabat Fimela. Kota ini kaya akan budaya, kuliner, sejarah, dan hiburan yang menarik, menawarkan pengalaman baru setiap langkah perjalanan.

Untuk mengenalkan pesona Madrid kepada khalayak luas dan menegaskan statusnya sebagai salah satu destinasi wisata utama di dunia, MADRID TURISMO by IFEMA Madrid meluncurkan kampanye global "Only in Madrid" di Indonesia. Didukung oleh Pemerintah Daerah Madrid, Dewan Kota Madrid, dan IFEMA MADRID, kampanye ini bertujuan untuk menyoroti beragam aspek Madrid, mulai dari seni, budaya, gastronomi, hingga fashion yang khas, menjadikannya destinasi yang wajib dikunjungi bagi para wisatawan yang berkunjung ke Eropa.

Untuk memperkenalkan kekayaan dan keindahan kota ini, MADRID TURISMO telah menunjuk empat selebriti Asia dari Indonesia, Malaysia, dan Korea sebagai Duta Internasional untuk Madrid. Penasaran dengan pesona unik dari kota ini? Yuk, simak informasi ini sampai habis dan kenalan dengan duta internasionanya.

What's On Fimela
powered by

1. Monumen bersejarah yang Memukau

Madrid mempesona dengan monumen bersejarah yang tak tertandingi. Sebagai tuan rumah istana kerajaan terbesar di dunia, kota ini memancarkan pesona yang tak terlupakan. Mulai dari Plaza Mayor yang megah hingga Museum El Prado yang kaya akan seni. Stadion Bernabeu Real Madrid juga menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar olahraga. Setiap sudut kota memiliki karakteristiknya sendiri, seperti Malasaña yang berirama dan Salamanca yang mewah, di mana pengunjung dapat menikmati pengalaman belanja, bersantap, dan menonton pertunjukan Flamenco yang memukau.

2. Wisata pedesaan yang menyegarkan

Tersembunyi di balik kesibukan dan kegemerlapan ibu kota Spanyol, Madrid, terdapat pesona pedesaan yang menyegarkan yang sering kali terlewatkan. Hanya perlu melakukan perjalanan singkat, pengunjung dapat menemukan keindahan pedesaan yang hijau dan kaya akan sejarah serta budaya. Di sini, disuguhkan pemandangan kota-kota abad pertengahan yang memukau, perkebunan anggur yang memikat, dan berbagai taman yang menawan, yang semua itu menyajikan kontras yang menyegarkan dari kehidupan perkotaan yang sibuk.

Wilayah Greater Madrid menawarkan warisan budaya yang luar biasa terletak dalam jarak tempuh satu jam dari pusat kota, yakni:

  1. Alcalá de Henares
  2. San Lorenzo de El Escorial
  3. Aranjuez

Jika ingin lebih dekat, tentu saja bisa! Hanya 30 menit dari pusat kota, Pengunjung dapat menikmati keindahan pedesaan yang menakjubkan, seperti:

  1. Patones
  2. Chinchón
  3. Kebun anggur, San Martín de Valdeiglesias.

3. Keberagaman hotel mewah yang menarik

Keberagaman hotel mewah di Madrid semakin menarik perhatian. Menurut data terbaru dari JLL pada akhir tahun 2023, jumlah kamar hotel mewah di kota ini telah mencapai lebih dari 2.700, mengalami peningkatan sebesar 50% dalam satu dekade terakhir. Saat ini, sedang dalam pembangunan 33 hotel baru di Madrid, beberapa di antaranya termasuk dalam kategori hotel kelas atas. Investasi hotel di Madrid mencapai rekor 802 juta euro pada tahun 2022. Terdapat 2 hotel baru-baru ini yang bisa menjadi pertimbangan Sahabat Fimela.

  1. Hotel Four Seasons, yang terletak di dekat pusat Puerta del Sol, menawarkan kompleks seluas 1.500 meter persegi. Hotel ini menyediakan pusat perbelanjaan untuk merek fashion mewah seperti Dior dan Hermes.
  2. Hotel Ritz, yang baru-baru ini diubah menjadi hotel mewah bernama Mandarin Oriental Ritz.

4. Ibukota mode dan fashion internasional

Madrid merupakan pusat mode dan fashion internasional yang tak tertandingi. Kota ini menjadi tempat berkembangnya merek-merek fashion terkemuka dan fast fashion dunia, termasuk Loewe, Balenciaga, Manolo Blahnik, Zara, dan Mango, menjadikannya salah satu ibu kota mode paling berpengaruh di dunia. Bahkan bagi mereka yang lebih suka gaya yang lebih sederhana, masih dapat menemukan pakaian berkualitas yang diproduksi secara lokal di toko-toko pakaian di Madrid, yang relatif lebih terjangkau dibandingkan merek internasional.

Toko-toko pakaian terkenal ini, sebagian besar merupakan perusahaan kecil dan menengah, menerapkan prinsip-prinsip 'slow fashion'. Mereka fokus pada desain yang tidak ketinggalan zaman, menggunakan tenaga kerja lokal, keahlian menjahit yang berkualitas, dan material kain yang unggul. Spanyol dikenal sebagai salah satu negara di Eropa yang sangat menghargai kerajinan kain artisanal, sebagai bentuk penghormatan kepada para pengrajin generasi terdahulu.

5. Kuliner yang menggugah selera

Madrid tidak hanya terkenal dengan mode, tetapi juga dengan kekayaan kuliner yang menggugah selera. Gastronomi kota ini meresap ke dalam budaya dan kehidupan sehari-hari, mulai dari makan siang tradisional bersama keluarga di hari Minggu, hingga menjelajahi tapas bersama teman-teman, atau berbelanja di pasar untuk mendapatkan produk lokal segar terbaik. Budaya Madrid sangat terkait dengan makanan.

Baru-baru ini, MICHELIN Guide Spain 2024 mengumumkan sejumlah restoran berbintang Michelin di Madrid, menjadikan kota ini sebagai salah satu destinasi gastronomi teratas di dunia dengan 28 restoran yang memiliki total 36 bintang Michelin. Hanya di Madrid, Sahabat Fimela dapat menikmati hidangan di restoran tertua di dunia yakni:

  1. Restaurant Botin, yang telah berdiri sejak tahun 1725 dan masih menyajikan beberapa contoh terbaik dari masakan tradisional Madrid hingga saat ini.

MADRID TURISMO by IFEMA MADRID dan Iberia menandatangani perjanjian untuk membuka rute baru antara Madrid dan Doha, menghubungkan Asia dan Spanyol. Hasil kerja sama ini menambah 44 rute dari Asia, 29 dari Afrika, dan 26 dari Timur Tengah ke Madrid. Diperkirakan akan memberikan dampak ekonomi €55 juta di tahun pertama. Pesawat Iberia yang mengoperasikan rute ini adalah Airbus A330-200, yang lebih efisien dan menawarkan lebih dari 210.000 kursi antara kedua kota tahun ini. Selanjutnya, kenalan dengan duta internasionalnya.

Profil Duta Internasional untuk Madrid

Duta Internasional untuk Madrid meliputi beberapa tokoh terkenal dari berbagai bidang, yang akan memperkenalkan keindahan dan kekayaan Madrid kepada khalayak luas untuk Madrid. Para selebriti ini akan memimpin perjalanan eksplorasi yang mendalam ke dalam segala hal yang ditawarkan oleh ibu kota Spanyol ini, membawa pengunjung dalam petualangan yang tak terlupakan melalui jalan-jalan bersejarah, pasar tradisional, dan tempat-tempat ikonik di seluruh Madrid. Berikut profil singkat tentang mereka.

1. Ayana Moon

Ayana Moon adalah duta merek untuk Dyson dan Wardah Cosmetic. Meskipun berasal dari Korea Selatan, kini ia tinggal di Malaysia. Ayana Moon aktif mempromosikan pemahaman budaya melalui profil media sosialnya dan berbagi keyakinannya melalui konten yang diunggah. Dia memiliki lebih dari 1,7 juta pengikut di Instagram.

Raffi Ahmad & Nagita Slavina

Pasangan ini adalah pengusaha sukses yang juga dikenal sebagai musisi, aktor, dan aktris. Mereka memiliki basis pengikut yang besar, dengan 71 juta pengikut di TikTok, 75 juta di Instagram, dan 25,4 juta di saluran YouTube mereka. Penghargaan telah menghampiri mereka atas karya mereka sebagai pembawa acara, termasuk SCTV Awards 2021 dan 2022, serta RCTI+ Indonesian Digital Awards. Mereka juga diakui oleh Penghargaan Forum Internasional Kebudayaan Dunia 2023 atas dampak besar yang mereka miliki di media sosial Asia.

Yang Dong-Geun

Yang Dong-Geun adalah seorang aktor dan seniman terkenal asal Korea Selatan yang dikenal karena perannya dalam serial Netflix yang populer, 'The Squid Game'. Selain itu, ia juga telah muncul dalam beberapa acara TV lainnya seperti 'Moving' dan 'Cheer Up'.

Nantinya para duta baru tersebut akan melakukan kunjungan ke Madrid, dimana mereka akan berkeliling ke tempat-tempat ikonik dan monumen penting di ibukota serta menghadiri berbagai acara di Mercedes-Benz Fashion Week Madrid.

Penulis: Naela Marcelina

#Unlocking The Limitless