Microsoft Word memiliki pengertian yaitu sebuah program yang termasuk bagian dari Microsoft Office, Word dapat berfungsi sebagai perangkat lunak pengolah kata meliputi membuat, mengedit, dan memformat dokumen. Perangkat lunak tersebut dapat mengolah kata sehingga menjadi dokumen berupa teks misalnya surat, kertas kerja, brosur, kartu nama, buku, jurnal, dan lain-lain.

Microsoft Word merupakan perangkat lunak yang sudah sangat terpopuler di dunia. Selain itu, Microsoft Word juga telah tersedia di berbagai jenis sistem operasi di dalamnya. Microsoft Word telah didistribusikan di sistem operasi Microsoft Windows, Mac OS, IOS, hingga Android. Sehingga mampu membuat popularitas Microsoft Word bertahan hingga sekarang. Padahal juga telah banyak tersedia aplikasi pengolah data lainnya.

Dalam definisi lain, Microsoft word merupakan suatu software yang dapat berfungsi untuk membuat, mengedit dan memformat data dalam bentuk dokumen yang hasilnya bisa disimpan dengan berupa file. Selain terkenal dengan tulisannya Microsoft word mempunyai beragam fitur lainnya yang dapat membantu kebutuhan para penggunanya.

Selain dapat masukan huruf dan angka, word juga dapat mendukung penggunaan gambar, tabel, word art, penomoran halaman dan format keluaran file yang beragam. Meski sedemikian rupa, dalam penggunanya juga dapat mengalami beberapa masalah yang terkadang membuat pengguna kebingungan. Misalnya, secara tiba-tiba muncul halaman kosong secara otomatis, sehingga menambah jumlah halaman yang tak diinginkan.

Jika ada paragraf atau pembagi halaman tersembunyi pada akhir dokumen, tampilkan penanda paragraf atau pembagi halaman yang ada pada dokumen. Dengan cara tersebut, bisa menghapus penanda tersebut dan halaman kosong yang tidak dibutuhkan dengan sangat mudah. Tentunya jangan bingung terlebih dahulu, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal ini.

Cara menghapus halaman di word

Menghapus halaman di Word sebenarnya mudah, jika kita dapat mengetahuinya. Kali ini kami akan mencoba menjelaskan beberapa cara menghapus halaman di word. Berikut ini caranya :

1. Menghapus halaman di word bagian awal yang kosong

Halaman kosong tak terduga, biasanya dapat muncul dikarenakan menekan tombol Enter. Pada kasus pertama biasanya dihadapi oleh pengguna dan mengalami kesulitan untuk menghapusnya. Jika sedang mengalami masalah tersebut, Berikut ini cara menghapus halaman di word bagian awal yang kosong :

sumber; pixabay


- Arahkan kursor ke bagian bawah pojok sebelah kanan halaman di word. Kemudian tekan tombol Delete hingga halaman kosong dapat terhapus.

- Jika terjadi pada bagian akhir halaman, guna mempermudah, tekanlah Ctrl + End + Backspace untuk menghindari menscroll hingga akhir halaman. Klik tombol Delete atau Backspace untuk menghapus halaman.

- Cara menghapus halaman kosong di word ini juga dapat dilakukan apabila halaman kosong muncul karena karena Anda menekan enter hingga terbentuknya halaman baru kosong.

2. Menghapus halaman di word bagian tengah yang kosong

Cara yang kedua ialah jika menemukan halaman kosong di word pada bagian tengah halaman. Cara menghapus halaman kosong di word ini dapat dilakukan dengan menggunakan fitur Navigation Page. Fitur tersebut akan mempermudahkan menemukan halaman kosong di word baik pada bagian manapun. Berikut ini langkah-langkah penggunaan fitur tersebut :

- Klik pada menu View di menu bar bagian kiri atas yang terdapat di word

- Berikan centang pada bagian Navigation Page yang tersedia.

- Secara otomatis Navigation Page akan muncul pada kiri dokumen

- Klik menu Page untuk memunculkan semua halaman pada dokumen

- Pilih halaman kosong pada dokumen yang akan dihapus

- Klik Delete atau Backspace guna menghapus halaman tersebut.

3. Menghapus halaman di word bagian akhir yang kosong

Ketiga ialah munculnya halaman kosong pada bagian akhir halaman. Masalah ini seringkali dapat dijumpai yang disebabkan oleh adanya karakter yang tidak terlihat, kondisi ini dapat terjadi karena disebabkan Anda telah memencet tombol enter. Cara menghapus halaman di word bagian akhir yang kosong sebagai berikut :

sumber; pixabay


- Arahkan saja kursor pada tab Home pada word, lalu pada bagian paragraph, setelah itu klik pada ikon paragraph mark.

- Pada halaman terakhir yang kosong, secara otomatis akan muncul beberapa simbol yang sebelumnya tidak terlihat dengan jelas.

- Sorot pada simbol tersebut dan klik tombol Delete atau Backspace, secara langsung akan dapat menghapus simbol tersebut.

Demikian beberapa informasi seputar cara menghapus halaman di word yang kosong. Jika Anda dihadapkan dengan permasalahan seperti di atas ketika sedang menggunakan word, cobalah beberapa cara tersebut.