Putra sulung Ridwan Kamil akan dimakamkan hari Senin 12 Juni 2022. Persiapan jelang pemakamanpun terlihat di kawasan Cimaung, Kabupaten Bandung. Seperti diketahui, Emmeril Kahn Mumtadz ditemukan dalam keadaan meninggal dunia setelah 14 hari pencarian. Eril meninggal dunia karena tenggelam di Sungai Aare pada 26 Mei 2022 lalu.

Keberangkatan jenazah Eril ke pemakaman

Jenazah Eril diberangkatkan/Sumber: bandung.go.id


Tak kurang dari lima mobil turut ikut serta mengantar jenazah Eril menuju pemakaman. Eril sendiri akan dimakamkan di Cimaung, Kabupaten bandung. Dalam mobil jenazah, Ridwan Kamil dan Atalia Pratatya duduk dibagian belakang bersama dengan Jenazah Eril. Sedangkan Elpi Nuzmuzzaman duduk di bagian depan.

Kerumunan dari masyarakat ikut mengiringi keberangkatan mobil jenazah saat keluar dari Gedung Pakuan. Ucapan doa serta lantunan sholawat terdengar dari masyarakat disepanjang jalan.

Jenazah Eril tiba di pemakaman
Keluarga dan warga melakukan sholat jenazah/Sumber: Youtube Humas Jabar


Jenazah putra sulung Gubernur Jawa Barat tiba di tempat pemakaman pada pukul 10.55 WIB. Jenazah datang menggunakan mobil ambulans dan diiringi beberapa mobil lainnya.

Sesampainya di tempat pemakaman, jenazah Eril diturunkan dan digotong oleh sejumlah anggota Brimob ke titik pemakaman. Jenazah kemudian disholati 

Alasan Eril dimakamkan di samping masjid
Pemakaman Eril/ Sumber: Youtube Humas Jabar



Ridwan Kamil mengatakan jika jenazah Eril akan dimakamkan di samping masjid. Ternyata masjid tersebut dirancang oleh Ridwan Kamil yang bernama Masjid Mumtadz. Nama masjid tersebut sama dengan nama putra sulungnya.

"Masjid Al Mumtadz Yang artinya terbaik. Terbaik adalah caramu menjalani hidup di dunia fana ini. Tidak sia-sia kami pilihkan nama penuh doa itu untukmu. Eril, today is Saturday. it is a good day to go home" kata Ridwan Kamil di akun Instagram pribadinya.

Diiringi isak tangis

Ridwan Kamil dan sang istri menahan tangis atas kepergian Eril//Sumber: Youtube Humas Jabar


Saat peti jenazah Eril diturunkan ke liang kubur, dan nisan telah dipasangkan di atas kubur, tampak Ridwan Kamil beserta keluarga tak kuasa menahan tangis.

Mereka yang melihat pemakaman Eril pun turut menitikkan air mata. Proses pemakaman Eril juga diiringi sholawat yang dilantunkan oleh Muzzamil Hasballah