Jerawat merupakan suatu benjolan kecil yang tumbuh pada bagian tubuh tertentu. Terjadinya bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari penyumbatan pori-pori hingga perubahan hormon yang menyebabkan munculnya minyak secara berlebihan. Jerawat yang muncul terkadang sangat membandel, sehingga sulit untuk dihilangkan. Bahkan, sudah menempuh pengobatan medis dan alami, namun masih belum ada hasil yang signifikan.

Biasanya jerawat lebih sering banyak muncul ketika seseorang menginjak masa remaja. Jerawat dapat terjadi tanpa memandang jenis kelamin, bisa terjadi pada perempuan maupun laki-laki. Seringkali dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang, terlebih jika jerawat semakin banyak. Perlu diketahui, selain menempuh cara alami dan medis sebagai bentuk ikhtiar. Ada baiknya juga dicoba melalui dengan cara berdoa. Dalam islam juga ada doa menghilangkan jerawat.

Doa menghilangkan jerawat

Jika jerawat tak kunjung sembuh dan semakin membandel. Ada baiknya ditempuh dengan cara berdoa seperti di bawah ini;

اللَّهُمَّ مُصَغِّرَ الْكَبِيرِ ، وَمُكَبِّرَ الصَّغِيرِ صَغِّرْ مَا بِي

Allâhumma mushagghiral kabîr wa mukabbiras shaghîr, shagghir mâ bî.


Artinya, “Wahai Tuhan yang (kuasa) mengecilkan sesuatu yang besar, dan (sanggup) membesarkan yang kecil, kecilkanlah penyakit yang ada padaku.

Doa ini dapat dipanjatkan saat sedang mengobati jerawat yang membandel. Dan tentunya perlu diiringi ikhtiar dengan menempuh jalan alami.

Tips menghilangkan jerawat secara alami

Selain doa ada ikhtiar yang juga harus dilakukan, berikut ini tips alami menghilangkan jerawat ;

1. Mengoleskan gel lidah buaya, tanaman ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan kulit. Sehingga memiliki fungsi dalam menghilangkan jerawat secara alami.

2. Mengoleskan perasan air lemon, memiliki kandungan asam askorbat dan sangat ampuh dalam menghilangkan jerawat.

3. Masker mentimun, yang memiliki banyak kandungan dan khasiat. Salah satunya kandungan antioksidan tinggi yang dapat digunakan sebagai penghilang jerawat secara alami.

4. Oleskan cuka apel, antiseptik yang terdapat dalam kandungannya dapat menumpas bakteri penyebab jerawat. Dipercaya dapat menghilangkan jerawat secara alami.

5. Masker pepaya, buah ini memiliki kandungan enzim papain. Dapat mengangkat sel kulit mati penyebab tumbubnya jerawat. Dapat digunakan menghilangkan jerawat secara alami.

6. Masker alpukat, memiliki kandungan vitamin E yang dapat mengurangi peradangan pada kulit berjerawat. Dapat diekomendasikan sebagai tips menghilangkan jerawat secara alami agar tidak menyebar.

7. Oleskan potongan tomat, buah ini memiliki kandungan vitamin A dan C yang dapat digunakan sebagai penghilang jerawat secara alami. Dapat diiris dan dioleskan pada bagian wajah yang berjerawat.

8. Oleskan madu, memiliki banyak khasiat dalam berbagai bidang penyakit. Selain itu ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai masker alami dan dapat menghilangkan jerawat.

9. Tempelkan irisan bawang putih, kandungan zat sulfur dapat dijadikan untuk menghilangkan jerawat secara alami. Dipercaya dapat menghilangkan jerawat secara alami dengan mudah

10. Gunakan putih telur sebagai masker, dapat diepercaya sebagai bahan ampuh penghilang jerawat secara alami. Untuk mendapat hasil yang lebih maksimal bisa ditambahkan air perasan lemon. 

Itulah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan secara alami. Agar lebih afdhol dapat diiringi dengan bacaan doa seperti di atas. Selamat mencoba !!!