WhatsApp adalah aplikasi pesan instan yang dipakai banyak orang. Salah satu fitur yang banyak digemari, namun juga menjengkelkan untuk sebagian orang ialah centang biru. Secara default, WhatsApp menyediakan centang biru yang menandakan pesanmu telah diterima dan dibaca oleh penerima pesan. Maka, apabila pesanmu telah ceklis dua dan berganti warna dari abu-abu ke biru, bermakna pesanmu telah dibaca.

Fitur ini kadang berfungsi untuk sebagian orang, namun tidak jarang hal itu malah mengusik pemakai. Dengan begitu, fitur centang biru atau tanda pesan telah dibaca di WhatsApp dapat diaktifkan atau di-non aktifkan.

Inilah cara menghilangkan centang biru:

1. Kamu dapat membuka aplikasi WhatsApp di smartphone.

2. Klik tanda titik tiga pada pojok kanan atas.

3. Lalu, pilih setting atau setelah di bagian bawah.

WhatsApp Image 2021-12-01 at 15.22.44.jpeg 9.29 KB

4. Setelah itu, pilih Account > Privacy > Read Receipts.


5. Yang terakhir, beri tanda ceklis pada Read Receipts. Sesudah diberi tanda ceklis, otomatis pengaturan di aplikasi WhatsAppmu telah menghilangkan centang biru atau laporan dibaca bagi chat antar kontak. Sedangkan centang biru masih dapat terlihat di grup WhatsAppmu.

Apa manfaat menonaktifkan laporan dibaca atau centang biru?

Sesudah kita mematikan read receipts atau laporan dibaca, maka kita sendiri tidak tahu apakah orang lain telah membaca chat atau pesan yang kita kirim atau belum. Selain itu, fitur ini hanya bisa berlaku di chat biasa atau antar kontak, sedangkan apabila kamu bergabung di grup maka tanda dua centang biru sudah tampak.

Bukankah sangat mudah dalam menghilangkan tanda centang biru di WhatsApp Android yang menandakan bahwa pesan sudah dibaca, tetapi harus diperhatikan seusai melakukan hal ini maka kamu tidak bisa melihat apakah orang lain telah membaca pesanmu atau belum.

Selain cara menghilangkan tanda baca, kamu juga dapat mencoba tips lainnya diantaranya:

1. Cara mematikan last seen WhatsApp di android dan iPhone

WhatsApp Image 2021-12-01 at 15.22.45 (1).jpeg 6.76 KB


a. Cara mematikan last seen WhatsApp di android

- Kamu dapat membuka aplikasi Whatsapp yang ada di HP.

- Selanjutnya buka menu Setelan > Akun > Privasi.

- Klik opsi menu "Terakhir dilihat".

- Klik "Tidak ada" apabila ingin menyembunyikan last seen Whatsapp.

b. Cara mematikan last seen WhatsApp di iPhone

- Pertama tentu saja, silahkan masuk dan jalankan aplikasi whatsapp kamu.

- Kemudian tap menu Settings.

- Pilih menu Account > Privacy.

- Buka opsi menu Last Seen.

- Kamu harus memilih Nobody agar dapat menyembunyikannya. Atau bisa juga memilih kontak saja, jika kamu mengizinkan kawanmu melihat last seen kamu.

2.  Mengetahui siapa yang paling sering berkomunikasi denganmu?

Terdapat cara mudah dalam mengetahui siapa saja yang paling sering kamu kirimi pesan WhatsApp. Kamu mungkin terkejut jika ternyata jarang berkirim pesan dengan pasanganmu. Dengan langkah ini, kamu dapat juga tahu berapa banyak kapasitas storage yang digunakan pada setiap orang yang mengirim pesan padamu.

- Klik Settings>Storage and data>Manage storage.

- Selanjutnya di bagian Review and delete items, Anda bisa meninjau pesan apa yang sering di-forward, media yang paling besar ukurannya, dan melihat daftar kontak yang diurutkan berdasarkan jumlah ruang simpan terbesar yang terpakai.

3. Hapus cepat media dan dokumen di satu obrolan/chat tertentu

Anda mungkin perlu melakukan ini ketika ingin menghapus semua media (gambar, foto, video, dan pesan suara) dan dokumen di obrolan tertentu atau obrolan di grup (group chat). Ini cara cepat menghapusnya.

- Klik Settings > Storage and data > Manage storage.

- Kemudian pilih kontak atau grup yang pesan atau medianya hendak kamu hapus. Tekan cukup lama di media yang akan dihapus atau klik kotak "Select All" jika ingin menghapus semua media secara cepat.

- Langkah terakhir klik ikon tempat sampah (bin) agar dapat menghapus. Kamu juga dapat memilih file menurut ukuran file terbesar, terbaru hingga yang paling lama.

4. Melihat berapa banyak data yang telah kamu pakai

Khawatir dengan data usage atau pemakaian data? Agar mengetahui berapa banyak data yang telah kamu habiskan di WhatsApp, berapa data yang dipakai dalam mengirim dan menerima pesan. Berapa banyak data digunakan untuk melakukan atau menerima panggilan telepon.

Pilih Settings > Storage and data > Network usage.

5. Menyembunyikan pesan

WhatsApp Image 2021-12-01 at 15.22.45 (3).jpeg 7.73 KB


Walaupun layar ponsel dalam keadaan terkunci, pesan yang masuk masih dapat dibaca orang lain ketika preview-nya muncul dengan datangnya pesan. Maka dari itu, supaya pesanmu tidak terbaca, matikan saja preview pesan yang masuk.

- Pilih Settings > Notifications.

- Kemudian nonaktifkan opsi “Use high priority notifications”.

6. Sembunyikan profile picture

Kamu mungkin tidak menginginkan profile picture-mu diketahui banyak orang, terlebih apabila kamu ada di grup yang tidak semua anggotanya mengenalmu. Dengan fitur ini, kamu dapat memilih supaya profile picture dapat dilihat semua orang (Everyone), tidak dapat diketahui siapapun (Nobody), atau hanya kontak yang terdapat di ponselmu yang dapat melihatnya (My contacts). 

Pilih Settings > Account > Privacy > Profile Photo.

7. Supaya gambar dan video tidak muncul di galeri

Berbagi tanda peduli, foto, dan video sering diakukan di WatsApp. Akan tetapi, tidak semua kiriman gambar dan video itu hendak kamu tampilkan di galeri (folder default tempat WhatsApp menyimpan semua gambar/foto dan video yang dikirimkan padamu). Gambar/foto dan video ini tetap terunduh, namun tidak muncul di galeri. Ponsel Android dapat menyimpannya di sub folder Private pada folder WhatsApp Images.

- Pilih Setting > Chats.

- Kemudian, nonaktifkan "Show Media in Gallery".

8. Mengunduh dan melihat laporan data WhatsApp

Trik WA yang jarang diketahui berikutnya adalah mengunduh dan melihat laporan data WhatsApp. Kamu ingin melihat data yang terkumpul pada WhatsApp dari akunmu, kemudian mengunduh datanya? Kamu dapat melakukan ini:

Klik Settings > Account > Request Account Info > Request Report

9. Meningkatkan kecepatan playback pesan suara

Kamu bisa mendengarkan pesan suara yang cukup panjang dengan lebih cepat. Caranya dengan meningkatkan kecepatan pemutaran pesan tersebut sampai 1,5x atau 2x lebih cepat tanpa mengubah nada suara si pengirim pesan.

- Pilih chat yang isinya pesan suara.

- Klik ikon Play di sebelah pesan suara.

- Sentuh pada ikon 1x guna memutarnya 1.5x lebih cepat, sentuh 1.5x supaya memutarnya 2x lebih cepat, dan sentuh 2x agar kembali pada kecepatan normal.

10. Berapa lama pesanmu tidak dibalas?

WhatsApp Image 2021-12-01 at 15.22.46 (2).jpeg 6.22 KB


Bagaimana rasanya jika tanda centang biru telah muncul di samping pesan yang kamu kirim ke teman, teapi belum juga dibalas? Ingin tahu kapan pesanmu sebenarnya dibaca dan telah berapa lama pesanmu tidak direspons? Kamu dapat mencoba langkah ini:

- Pilih obrolan dengan pesan yang telah dibaca, namun belum direspons. 

- Tekan dan tahan pesan itu. 

- Kemudian ketuk tiga titik di sebelah kanan atas layar dan klik "Info".