Salah satu hal yang penting ialah mengurus dokumen legal atau mengambil barang pada sebuah lembaga negara. Jika sudah begitu, kamu perlu menunjuk seseorang guna mewakili dan melaksanakan pengurusan.

Sehingga, kamu akan memerlukan dokumen sah yang bentuk surat kuasa supaya proses pengurusan berjalan dengan lancar. Tanpa adanya surat kuasa, wakil yang ditunjuk tidak akan dapat mengurus dokumen atas namamu. Adapun jenis-jenis surat kuasa yang perlu kamu ketahui, yaitu:

Jenis-jenis surat kuasa
Sumber: Data Pribadi


Adapun beberapa jenis-jenis  surat kuasa, yakni:

1. Surat kuasa perseorangan.
2. Surat kuasa istimewa.
3. Surat kuasa kedinasan.

Cara membuat surat kuasa yang benar
Sumber: Data Pribadi


Adapun cara membuat surat kuasa yang benar ialah sebagai berikut:

- Harus terdapat kop atau kepala surat.
- Selanjutnya, tulis nomor surat.
- Kemudian, berikan judul.
- Tuliskan keterangan waktu dan lokasi yang dibuat.
- Lalu, sertakan kalimat pembuka.
- Selanjutnya, berikan informasi identitas pemberi kuasa.
- Kemudian, tulis identitas penerima kuasa.
- Selanjutnya, jelaskan mengenai hal yang dikuasakan.
- Lalu, berikan jenis pemberian kuasa.
- Berikutnya, beri penutup surat kuasa.
- Terakhir, berikan tanda tangan pemberi kuasa.

Selain cara membuat surat kuasa yang benar, kamu dapat mencoba beberapa trik lainnya yang dapat dipakai ketika mengoperasikan Word:

1. Membuat kop surat secara otomatis
Sumber: Data Pribadi


Berikut ini langkah-langkah membuat kop surat secara otomatis, yakni:

- Pertama, buka lembar kerja baru pada Microsoft Word, di mana surat tersebut dibuat dan juga ditambahkan kop surat.
- Ketika jendela new document muncul di layar, maka pilih letters dan selanjutnya pilih template kop surat yang sesuai dengan kebutuhan. Terakhir, ketuk tombol Create.
- Maka template yang dipilih akan muncul pada lembar kerja dan dapat mengedit informasi apa saja yang hendak dimasukan ke kop surat.
- Simpan dokumen dan cetak lalu dikirimkan kepada alamat penerima surat itu.

2. Buat halaman baru di Word

Berikut ini merupakan cara membuat halaman baru, yakni:

- Pertama, buka dokumen yang hendak diedit.
- Lalu pilih dan tekan menu insert.
- Pada menu header & footer tekan page number.
- Selanjutnya, kamu dapat menekan bottom of page.
- Apabila kamu hendak memberi nomor halaman pertama posisikan di bagian bawah tengah dan ketuk opsi plain number 2.
- Kemudian, tekan centang different first page.
- Kamu bisa klik edit header halaman 2 agar mengubah halaman selanjutnya dengan nomor halaman pada bagian kanan atas.
- Kemudian, ketuk dan pilih page number.
- Terakhir, tekan top of page.

3. Hapus halaman kosong dengan navigation pane

Cara menghapus lembaran kosong di Word
bisa menggunakan navigation pane, yaitu:

- Pertama, buka dokumen word dan arahkan kursor di halaman kosong itu.
- Kemudian, klik view di bar menu dan ketuk di navigation pane di pilihan show section.
- Terakhir, pilih halaman kosong di kiri panel dan ketuk delete hingga halamannya terhapus.

4. Hapus atau mengubah pemisah catatan kaki

Cara menghapus footnote
dengan langkah-langkah berikut, yakni:

- Tekan tampilan, kemudian ketuk draf pada grup tampilan.
- Selanjutnya, klik dua kali di catatan kaki atau catatan akhir di isi teks.
- Panel catatan kaki akan muncul pada bagian bawah dokumen.
- Kamu dapat mengedit warna atau gaya pemisah dengan memilih opsi pada klik beranda, atau guna menghapus pemisah, ketuk pemisah catatan kaki di daftar Footnote, kemudian klik dan hapus garis pemisah.
- Pakai tab tampilan agar kembali menuju mode baca, tampilan tata letak cetak, atau tampilan tata letak web.