Daftar pustaka adalah sebuah daftar yang isinya judul buku-buku, artikel-artikel, dan bahan-bahan penerbitan lainnya yang memiliki pertalian dengan sebuah karangan misalnya skripsi, tesis, disertasi sampai jurnal. Lewat daftar pustaka yang disertai di akhir tulisan, para pembaca bisa melihat lagi di sumber aslinya.

Adapun hal yang harus dicantumkan di daftar pustaka ialah nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit, dan tahun terbit. Fungsi daftar pustaka yakni sebagai bahan rujukan atau sumber seorang penulis ketika membuat karya. Bagi kamu yang ingin memgetahui cara membuat daftar pustaka otomatis dapat mengikuti petunjuk berikut ini:

Cara membuat daftar pustaka otomatis di Word
Sumber: Word


Adapun beberapa cara membuat daftar pustaka otomatis di Word, yakni:

- Pertama, buka dokumen Microsoft Word yang hendak diberi daftar pustaka.
- Di menu bar, ketuk menu references.
- Selanjutnya, di bagian citations & bibliography tekan insert citation dan ketuk add new source. Namun, pastikan di bagian style kamu tekan opsi APA.
- Kemudian, akan muncul sebuah tampilan dan lakukan pengisian di semua kolom yang ada dan ketuk ok.
- Di bagian type of source, terdapat beberapa opsi yang dapat kamu pilih, yakni: Book, Book Section, Journal Article, Article in a Periodical, Conference Proceeding, dan Report. Kamu dapat menyesuaikan sumber yang digunakan.

Kamu dapat mencoba beberapa trik lainnya yang dapat dipakai ketika mengoperasikan Word:

1. Buat halaman baru di Word
Sumber: Word


Berikut ini merupakan cara membuat halaman baru, yakni:

- Pertama, buka dokumen yang hendak diedit.
- Lalu pilih dan tekan menu insert.
- Pada menu header & footer tekan page number.
- Selanjutnya, kamu dapat menekan bottom of page.
- Apabila kamu hendak memberi nomor halaman pertama posisikan di bagian bawah tengah dan ketuk opsi plain number 2.
- Kemudian, tekan centang different first page.
- Kamu bisa klik edit header halaman 2 agar mengubah halaman selanjutnya dengan nomor halaman pada bagian kanan atas.
- Kemudian, ketuk dan pilih page number.
- Terakhir, tekan top of page.

2. Hapus halaman kosong dengan navigation pane

Cara menghapus lembaran kosong di Word bisa menggunakan navigation pane
, yaitu:

- Pertama, buka dokumen word dan arahkan kursor di halaman kosong itu.
- Kemudian, klik view di bar menu dan ketuk di navigation pane di pilihan show section.
- Terakhir, pilih halaman kosong di kiri panel dan ketuk delete hingga halamannya terhapus.

3. Hapus atau mengubah pemisah catatan kaki

Cara menghapus Footnote
dengan langkah-langkah berikut, yakni:

- Tekan tampilan, kemudian ketuk draf pada grup tampilan.
- Selanjutnya, klik dua kali di catatan kaki atau catatan akhir di isi teks.
- Panel catatan kaki akan muncul pada bagian bawah dokumen.
- Kamu dapat mengedit warna atau gaya pemisah dengan memilih opsi pada klik beranda, atau guna menghapus pemisah, ketuk pemisah catatan kaki di daftar Footnote, kemudian klik dan hapus garis pemisah.
- Pakai tab tampilan agar kembali menuju mode baca, tampilan tata letak cetak, atau tampilan tata letak web.