Aplikasi komunikasi WhatsApp, siapa yang tak mengenalnya. Aplikasi ini digunakan hampir seluruh populasi manusia, termasuk Indonesia salah satunya yang paling banyak menggunakannya. Atau hampir seluruh masyarakat menginstallnya sebagai alat komunikasi pertama dalam berkomunikasi.

Di sisi itu WhatsApp juga terus memperbaiki fitur-fiturnya yang semakin menyenangkan para penggunanya. Seperti melakukan video call lebih dari 2 orang hingga bisa langsung melakukan panggilan grup. Juga di WhatsApp sendiri bisa membuat tulisan atau biasa disebut dengan status. Orang-orang biasa menyebutnya dengan story WA.

Sejatinya bisa membagikan seluruh kegiatan yang dilakukan sehari-hari atau momen tertentu di fitur bagikan cerita anda tersebut. Juga bisa membuat grup yang nantinya akan mempermudah dalam mengkoordinir atau menghubungi beberapa orang dalam satu arah. Begini cara membuatnya. Begitu mudah.

Dapat membuat grup WhatsApp dengan jumlah peserta hingga 256 peserta.
- Membuat grup
1. Buka WhatsApp > ketuk Opsi lainnya > Grup baru.
2. Alternatif lainnya, ketuk Chat baru > Grup baru.
sumber: whatsapp


3. Cari atau pilih kontak yang ingin ditambahkan ke grup. Kemudian ketuk tanda panah hijau.
sumber: whatsapp

sumber: whatsapp


4. Masukkan subjek grup. Ini menjadi nama grup yang akan dilihat oleh semua peserta.
sumber: whatsapp

sumber: whatsapp


- Batas jumlah karakter untuk subjek adalah 25 karakter.
- Dapat menambah emoji ke subjek grup dengan mengetuk ikon Emoji.
- Untuk menambah ikon grup, ketuk ikon Kamera. Dapat memilih untuk menggunakan Kamera, Galeri, atau Cari di Web untuk menambah gambar. Setelah disetel, ikon tersebut akan tampil di samping nama grup di tab CHAT.
5. Ketuk tanda centang hijau setelah selesai.


- Mengundang peserta ke grup melalui tautan
sumber: whatsapp


Jika kalian adalah admin grup, kalian bisa dan dapat mengundang peserta untuk bergabung ke grup dengan membagikan tautan kepada mereka. Admin dapat menggunakan opsi Atur ulang tautan kapan saja untuk membatalkan tautan undangan sebelumnya dan membuat tautan baru.
1. Buka chat grup WhatsApp, lalu ketuk subjek grup.
sumber: whatsapp


2. Alternatif lainnya, ketuk dan tahan nama grup di tab CHAT. Lalu ketuk Opsi lainnya > Info grup.
3. Ketuk Undang via tautan.
4. Pilih Kirim tautan via WhatsApp, Salin tautan, Bagikan tautan via aplikasi yang lain, atau kode QR.
sumber: whatsapp


- Jika mengirim tautan melalui WhatsApp, cari atau pilih kontak, lalu ketuk Kirim.
- Untuk menyetel ulang tautan, ketuk Setel ulang tautan > SETEL ULANG TAUTAN.

Catatan:
- Setiap pengguna WhatsApp yang menerima tautan undangan dapat bergabung ke grup. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan fitur ini hanya dengan orang yang percayai. Seseorang mungkin saja meneruskan tautan tersebut ke pengguna lain yang kemudian dapat bergabung ke grup tanpa persetujuan lebih lanjut dari admin grup.
- WhatsApp secara bertahap akan meningkatkan ukuran grup selama beberapa bulan ke depan. Mungkin terjadi penundaan dalam mengakses fitur ini.