Miss V wanita seringkali mengeluarkan bau atau aroma yang tidak sedap. Dengan begitu, wanita harus waspada jika vagina bau amis atau mengeluarkan aroma tidak sedap yang menyengat. Masalah itu dapat menjadi tanda sebuah penyakit atau ada infeksi pada sekitar daerah kewanitaan.

Dikutip dari Patient, ada beberapa penyebab yang mengakibatkan Miss V, seperti:

- Stres.

- Menstruasi.

- Infeksi menular seksual.

- Infeksi bakteri.

- Infeksi jamur.

- Konsumsi makanan olahan secara berlebihan.

- Keringat berlebihan ketika olahraga atau banyak beraktivitas.

Cara menghilangkna bau miss v dapat dilakukan dengan cara:

1. Ganti pakaian dalam berbahan katun

Sumber: Pixabay.com


Seperti yang sudah dijelaskan di atas, vagina bisa berbau akibat pakaian dalam yang panas dan tak menyerap keringat. Apabila kamu mempunyai celana dalam berbahan sutra, satin atau poliester. Cara menghilangkan bau vagina dengan berganti dengan jenis katun 100 persen.

Kapas mudah bernapas dan dapat menghilangkan keringat serta cairan dari tubuh. Terlalu lembap bisa mengganggu tingkat bakteri alami di vagina. Selain seusai mandi, kamu juga harus cepat mengganti celana dalam setelah berolahraga.

2. Menjaga kebersihan vagina

Dikutip dari Center for Young Women's Health, celana ketat dan bahan celana yang tidak menyerap keringat dapat memicu keringat juga bakteri bersarang pada vagina, sehingga mengakibatkan bau tidak enak.

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan dalam menghilangkan bau vagina seperti:

- Segera buang air kecil sesudah berhubungan seks.

- Pakai sabun lembut tanpa pewangi di bagian vulva.

- Ganti celana dalam setiap seusai mandi atau saat berkeringat dan lembap.

- Cuci celana dalam memakai deterjen tanpa pewangi.

- Mandi sesudah berkeringat.

- Apabila vagina bau, cuci vulva menggunakan air dengan handuk lembut untuk mengeringkan vulva.

- Senantiasa ingat agar tidak memakai sabun wangi atau sabun khusus pembersih vagina, karena aroma dan bahan kimia bisa mengusik pH alami.

3. Konsumsi bawang putih

Dalam studi Antimicrobal Agents and Chemoteraphy menjelaskan bahwa bawang putih dapat dipakai sebagai cara menghilangkan bau vagina. Bawang putih teruji dapat membunuh bakteri atau mengobati infeksi jamur yang sebagai faktor yang menyebabkan bau tidak sedap.

Apabila kamu ingin memaki bawang putih dalam menyembuhkan infeksi jamur dan cara menghilangkan bau vagina, konsumsi makanan yang terdapat bawang putih. Jangan memasukkan bawang putih pada vagina karena bisa menimbulkan infeksi semakin parah.

4. Konsumsi makanan probiotik

Dikutip dari Turkish Journal of Urology, kamu dapat mengonsumsi makanan yang terdapat probiotik guna meningkatkan produksi bakteri sehat di tubuh, terutama pada vagina.

Bakteri baik bernama Lactobacillus ini bermanfaat untuk:

- Menambah sistem imun tubuh.

- Memperbaiki tingkat keasaman vagina.

- Mencegah bakteri jahat yang menyerang jaringan vagina.

- Probiotik dapat mengobati infeksi jamur yang menyebabkan vagina berbau tidak sedap.

- Makanan probiotik yang bisa jadi pilihan misalnya asinan kol, acar timun, yoghurt, kimchi, kombucha (teh fermentasi), tempe, miso, kefir, juga keju cheddar dan mozzarella.

5. Makanan prebiotik

Sumber: Pexels.com


Tidak hanya makanan probiotik, makanan prebiotik juga menjadi salah satu cara menghilangkan bau vagina berikutnya. Komposisi dalam prebiotik dapat menyeimbangkan pH vagina dengan cara meningkatkan produksi bakteri baik.

Makanan yang terdapat prebiotik, yaitu:

- Oats.

- Pisang.

- Asparagus.

- Bawang putih.

- Bawang merah.

- Kacang kedelai.

- Makanan gandum.

Akan tetapi, satu hal yang harus kamu perhatikan ialah prebiotik bisa memperburuk masalah usus, mislanya sindrom iritasi usus besar.

6. Banyak minum air putih

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, urine akan menjadi lebih asam, sehingga mengakibatkan Miss V berbau tak sedap. Kamu harus minum banyak air putih, terlebih saat warna urine terlihat gelap atau cokelat.

Dikutip dari WebMD, wanita direkomendasikan minum 9 gelas (sekitar 2 liter) air per hari. Ibu hamil dapat minum 10 gelas dan ibu menyusui bisa konsumsi 12 gelas.

7. Vitamin C

Sumber: Pexels.com


Vitamin C mempunyai senyawa antimikroba, sehingga beberapa wanita mengonsumsi ini dalam mengatasi tumbuhnya jamur di vagina dan cara menghilangkan Miss V. Coba tambah asupan vitamin C agar meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengatasi infeksi jamur. Jangan mengaplikasikan vitamin C sifatnya asam pada jaringan vagina yang sensitif.

Buah nanas terdapat vitamin C berlebih dan bisa sebagai cara meghilangkan Miss V. Aroma nanas yang kuat dapat sebagai cara menghilangkan Miss V. Konsumsi nanas mentah atau minum satu hingga dua gelas jus nanas setiap hari.

8. Rajin ganti pembalut

Bagi kamu yang sedang menstruasi, sangat wajar jika bau Miss V menjadi lebih menyengat dan tidak seperti biasanya. Pembalut atau tampon yang terlalu lama dipakai bisa menyebabkan bakteri berkembang biak secara cepat, sehingga vagina menjadi berbau.

Dengan begitu, kamu harus rajin mengganti pembalut sekitar 3 jam sekali. Basuh vagina menggunakan air dan keringkan memakai handuk sebelum menggunakan pembalut baru.

9. Konsumsi jenis obat-obatan tertentu

Sumber: Pexels.com


Bau vagina yang tidak enak bisa menjadi gejala dari berberapa penyakit misalnya infeksi saluran kemih, trikomoniasis, vaginosis bakteri, sampai radang panggul. Pastinya pengobatan penyakit itu harus dengan diagnosis dan pemeriksaan yang tepat sesuai anjuran dokter.

Maka dari itu, tidak ada salahnya agar segera memeriksakan diri ke dokter sebagai cara menghilangkan bau vagina saat terjadi gejala aneh yang dirasakan.

10. Bersihkan vagina sesudah berhubungan seks

Cara menghilangkan bau miss v selanjutnya adalah dengan membersihkan vagina sesudah berhubungan seks. Ini merpakan tanda dari vaginosis bakteri.

Kadang semen berinteraksi dengan cairan vagina, maka memicu bau. Beberapa jenis pelumas juga dapat memengaruhi pH vagina.

Sebagai cara menghilangkan bau vagina, coba lakukan hal ini setelah berhubungan seks:

- Jangan memakai pelumas dengan aroma dan rasa.

- Cuci vulva memakai air, tidak harus dipakai sabun wangi.

- Pakai kondom dalam menghindari kontak antara semen dan cairan vagina.

11. Mengaplikasikan tea tree oil

Menlansir pada National Center for Biotechnology Information, tea tree oil bisa mengobati infeksi di vagina yang menimbulkan bau tidak sedap. Tea tree oil sudah terbukti mempunyai sifat antijamur. Ini merupakan alternatif sebagai cara menghilangkan bau vagina yang dapat dicoba.

Kombinasikan beberapa tetes minyak teh dengan air dan aplikasikan setetes pada bagian luar vagina. Coba ini dalam tiga hingga lima hari. Apabila baunya tidak kunjung hilang atau kian memburuk, kamu harus berhenti memakai cara ini. Jangan pernah menelannya.

12. Gunakan minyak esensial

Walaupun belum terdapat penelitian medis yang mendukungnya, tetapi dapat menggunakan minyak atsiri sebagai pilihan cara menghilangkan bau vagina selanjutnya. Minyak atsiri mempunyai sifat antijamur dan antimikroba alami, yang dapat mencegah dan menghilangkan bakteri.

Akan tetapi, berhati-hati ketika menggunakan setiap minyak esensial pada daerah sekitar vagina, sebab mampu mengiritasi kulit halus dari area tubuh itu. Konsultasikan dulu ke dokter sebelum melakukan cara yang satu ini ya!

13. Mandi dengan larutan cuka apel

Sumber: Pexels.com


Mandi air hangat yang terlalu sering dapat mengganggu pH alami di Miss V. Namun, jika kamu hendak mandi air hangat, mungkin dapat dengan cara ini.

Tuangkan satu atau dua cangkir cuka sari apel pada bak mandi air hangat dan rendam sekitar 20 menit. Cuka secara alami bisa mencegah bakteri dan sebagai cara menghilangkan bau vagina. Akan tetapi, jika kamu memiliki alergi terhadap cuka apel, lebih baik dijauhi ya.