Persentase merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh seseorang ketika akan menyajikan hasil dari suatu data. Sehingga dengan adanya persentase ini dapat memudahkan para pembaca atau juga orang yang akan melakukan presentasi. Untuk melakukan hal ini, sebenarnya dapat lebih mudah jika dilakukan melalui excel.

Microsoft Excel merupakan sebuah program atau suatu aplikasi yang berfungsi untuk mengolah suatu angka dengan menggunakan rumus tertentu. Aplikasi ini di dalamnya berbentuk suatu tabel yang junlahnya sangat banyak dan tak terhingga. Bahkan microsoft excel dikatakan sebagai aplikasi terbaik pengolah suatu data yang berupa angka.

Melalui aplikasi microsoft excel, penggunanya sudah bisa melakukan persentase. Persentase merupakan suatu angka perbandingan dengan angka 1, misalnya dibandingkan dengan angka 0,5 maka jika dipersentase kan menjadi 50%. Kemudahan ini belum bisa dirasakan semua pengguna excel, sehingga sahabat daun akan berbagi tipasnya. Simak ulasan detailnya di bawah ini.

Cara Mencari Persentase di Excel

sumber; playstore


Sebelumnya aplikasi microsoft excel sudah menyiapkan aplikasi ini untuk digunakan sebagai aplikasi pengolah data berupa angka. Angka yang sudah diolah dapat dirupakan berbentuk persen (%). Berikut ini beragam langkahnya.

1. Bukalah aplikasi excel yang sudah terdapat angka yang akan dicari persentasenya.

2. Selanjutnya, ketik langsung lambang persen pada cell excel dan ditaruh setelahnya angka.

3. Atau dapat melakukan langkah ini, menformat kolom dengan mengubah style format persen (%). Caranya; "tab home", lalu "number", lanjutkan klik "percent".

4. Pengguna bisa melakukan dengan cara ketiga ini, berikut ini langkahnya; Pilih kotak "format cells", akan muncul banyak opsi, pilih "percentage", klik kolom "decimal place" untuk memasukkan jumlah angka, jika sudah langsung klik "OK".

5. Selesai, Anda dapat memilih salah satu cara di atas untuk mencari persentase di excel.

Demikianlah langkah praktis dalam mencari persentase di excel yang dapat dilakukan oleh pengguna. Jika Anda masih bingun, langsung pralktikkan langkah di atas.

Cara Menghitung Persentase di Excel

sumber; playstore


Menghitung persentase adalah suatu hal yang sangat rumit, jadi untuk melakukannya dapat dilakukan lebih mudah melalui excel. Berikut ini cara menghitung persentase di excel;

- Bukalah apalikasi excel yang terdapat data angka untuk dihitung persentasenya.
- Masukkan nilai angka yang akan dihitung nilai persentasenya.
- Selanjutnya, masukkan nilai angka yang akan digunakan sebagai pembanding.
- Kemudian dilanjutkan dengan mengkalikan 100%
- Selesai, secara otomatis angka akan berubah berbentuk persen yaitu; persentasi kenaikan dan persentase penurunan.

Demikialah langkah yang bisa dilakukan untuk menghitung persentase di excel. Jika kita dapat mengetahui rumus-rumus excel, aplikasi ini akan membantu memudahkan kita dalam banyak hal.