Dalam mata pelajaran matematika tentu sudah tidak asing lagi dengan bangun segitiga. Salah satu ulasan yang sering dibahas pada materi ini ialah mencari luas segitiga. Secara sederhananya segitiga dapat dimaknai suatu bangun datar yang memiliki tiga sisi. Sedangkan jenisnya memiliki dua, yaitu segitiga sama kaki/sisi dan segitiga sama siku.

Meski jenisnya berbeda, untuk mencari luas setiga memiliki rumus yang sama. Rumus mencari luas segitiga seperti berikut ini;

Luas = ⅟2 X a X t
a = alas segitiga
t = tinggi segitiga


Mempelajari segitiga mempunyai kaitan penting dalam kehidupan, salah satunya pada saat seseorang ingin membangun sebuah rumah. Banyak kita temui bantalan atap rumah di tanah air yang berbentuk segitaga. Agar rumah tersebut bisa berbentuk dengan sempurna dan dapat dihuni, maka harus memiliki kepandaian dalam memperhitungkannya.

Kembali ke pembahasan mencari luas segitiga, hal ini sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah. Asalkan tahu rumusnya dan mengetahui cara mengoperasikannya. Agar lebih mudah dipahami, mari kita kaji bersama-sama di bawah ini.

Cara Mencari Luas Segitiga

sumber; pexels.com


Seperti halnya yang sudah dijelaskan di atas, untuk mencari luas segitiga bisa dilakukan melalui rumus "L = ⅟2 X aa X t", kita akan mencoba untuk mempraktikannya.

Contoh soal:

Pada bangun segitiga telah diketahui memiliki tinggi 5 cm dan alas 3 cm, berapakah luas segitiga?

Penyelesaian:

L = 1/2 X a X t
   = 1/2 X 3 X 5
   = 1/2 X 15
   = 7.5 cm

 
Penyelesaian di atas menunjukkan luas segitiga merupakan 7.5 cm, kita akan coba sekali lagi.

contoh soal:

Pada bangun segitiga telah diketahui memiliki alas 12 cm, sedangkan tingginya 15 cm. Berapakah luas segitiganya?

Penyelesaian:

L = 1/2 X a X t
   = 1/2 X 12 X 15
   = 1/2 X 180
   = 90 cm

 
Nah, pada contoh soal kedua telah ditemukan luas segitaga adalah 90 cm.
 
Contoh soal:

Jika sebuah segitiga memiliki alas 23 cm dan memiliki tinggi 25 cm, berapakah luas segitiga tersebut?

Penyelesaian:

L = 1/2 X a X t
   = 1/2 X 23 X 25
   = 1/2 X 575
   = 287.5 cm

 
Dari soal yang ketiga dapat kita ketahui, bahwa luas segitiga ialah 287.5 cm. Nah, rumusnya tak begitu rumit, jadi mencari luas segitiga dapat dilakukan dengan mudah.

Demikianlah langkah-langkah dalam mencari luas segitiga yang dapat dilakukan. Jika masih mengalami kesulitan, ulangi beberapa contoh soal di atas.