Tujuan dari pembuatan tabel data adalah untuk memudahkan ketika membacanya, sehingga lebih mudah untuk dipahami. Data dalam bentuk tabel juga memberikan kesan yang lebih rapi dan juga ringkas. Salah satu contoh dari bentuk tabel adalah tabel distribusi frekuensi. 

Tujuan dibuatnya tabel ini adalah untuk memperoleh informasi mendalam tentang sebuah data yang tidak bisa didapatkan secara cepat melalui data aslinya. Dalam tabel ditribusi frekuensi dikenal pula istilah frekuensi relatif.

Apa pengertian tabel distribusi frekuensi? Apa pengertian frekuensi relatif? Pada kesempatan kali ini kita akan belajar bersama tentang distirbusi frekuensi dan cara mencari frekuensi relatif.

Pengertian Distribusi Frekuensi dan Frekuensi Relatif

Menurut beberapa ahli, berikut ini adalah pengertian distribusi frekuensi dan frekuensi relatif. Distribusi frekuensi adalah tabel atau grafik yang menggambarkan jumlah individu dari setiap kategori dalam suatu data (Gravetter & Wallnau, 2000). Melalui distribusi frekuensi, akan terlihat apakah persebaran data terpusat di suatu area atau tersebar di seluruh area (Manikandan, 2011).

Frekuensi relatif adalah perbandingan banyaknya suatu kejadian dengan jumlah total kejadian. Melalui pendekatan frekuensi relatif, peluang suatu kejadian dapat dihitung. 

Rumus Frekuensi Relatif dan Contoh Soalnya

Frekuensi relatif dinyatakan dengan rumus:

FR = K/n

Keterangan;
Fr: Frekuensi Relatif

K: Banyak Kejadian

n: Banyak Percobaan

Contoh

dadu


Pada pelemparan dadu sebanyak 100 kali, muncul muka dadu bernomor 6 sebanyak 16 kali. Tentukan frekuensi relatif munculnya muka dadu bernomor 6!
Diketahui:

n = 100

K = 16

Jawaban:

fr = K/n

fr = 16/100

fr = 0,16

Jadi, frekuensi relatif munculnya muka dadu bernomor 6 adalah 0,16.