Seperti halnya namanya, makanan khas Hari Raya Idhul Fitri ketupat sesuai dengan bentuknya yang belah ketupat. Pada kesempatan ini kita akan belajar tentang apa itu belah ketupat, sifat-sifat belah ketupat dan cara mencari keliling belah ketupat.

Pengertian Belah Ketupat 

Belah ketupat merupakan bangun datar yang memiliki empat sisi yang sama panjang dengan sisi-sisi yang berhadapan saling sejajar dan tidak saling tegak lurus. Keempat sisi belah ketupat memiliki panjang yang sama karena belah ketupat dibentuk dari dua segitiga sama kaki yang kongruen. 

Ada tiga unsur yang membentuk daerah belah ketupat. Yaitu: sisi, sudut, dan titik sudut.

Sifat-sifat Belah Ketupat

Berikut ini adalah sifat-sifat dari belah ketupat:

- Empat Sisi yang Sama Panjang
Mempunyai empat sisi yang sama panjang dan sepasang sisi-sisinya saling sejajar. Dalam gambar, sisi AB = BC = CD = AD. Sedangkan sisi AB
- Dua Diagonal Tidak Sama
Mempunyai dua diagonal yang panjangnya tidak sama, kedua diagonal tersebut berpotongan saling tegak lurus. Maka AC ≠ BD.

- Sudut yang Berhadapan Sama Besar
Sudut-sudut yang berhadapan dalam belah ketupat adalah sama besar dan dibagi dua sama besar oleh diagonal, sehingga sudut ∠A = ∠C dan ∠B = ∠D.

- Sudut yang Berdekatan Berpelurus

Sudut-sudut yang berdekatan saling berpelurus. Maka ∠A + ∠B = 180° dan ∠C dan ∠D = 180°. Belah ketupat memiliki dua buah sumbu simetri, yaitu garis-garis diagonalnya (AC dan BD).

- Terdapat Segitiga Sama Kaki
Segitiga ABD dan CBD adalah segitiga sama kaki, maka sudut ∠ADB = ∠ABD dan ∠BDC = ∠DBC.