Radang tenggorokan merupakan peradangan pada bagian tenggorokan, yang bisa menyebabkan sakit tenggorokan, pembengkakan, dan kesulitan menelan. Penyebabnya meliputi infeksi virus atau bakteri, sinar matahari atau debu, dan rokok. Penanganan meliputi menghindari bahan-bahan yang menimbulkan iritasi, mengonsumsi makanan lembut, dan minum cukup air. Dalam kasus yang lebih serius, dokter mungkin meresepkan obat-obatan seperti antibiotik atau obat peradangan.

Tenggorokan yang bermasalah memang selalu menjadi salah satu momok kesehatan yang umum, penyebab demam dan penyakit yang lainnya. Berbagai macam hal penyebab Sakit ya Tenggorokan, atau biasa yang disebut dengan Radang Tenggorokan ini.

Mulai dari serak dan nyeri saat menelan makan. Hinggah kesulitan untuk berbicara. Ada sebagian pula yang menganggap Radang Tenggorokan ini adalah masalah yang sepele. Padahal hal itu tidak bisa dianggap semudah itu. Karena bisa saja penyebab dari virus atau bakteri.

Namun tak perlu khawatir, salah satu obat yang bisa membantu Radang Tenggorokan terjadi sudah tersedia di Apotek. Di antaranya adalah Durocort.

Manfaat
Obat yang berbentuk sirup dan tablet ini mengandung betamethasone dan dexchlorpheniramine maleate. Durocort digunakan untuk mengobati alergi yang parah, seperti asma, angioedema (pembengkakan di bawah kulit yang disebabkan oleh reaksi alergi), dermatitis atopik (peradangan kulit yang disertai dengan rasa gatal), mata dan hidung berair.

Dosis
Sumber: Unsplash


Meski dalam kategori obat yang keras sehingga pada setiap pembelian nya harus menggunakan resep dokter. Selain itu, dosis penggunaan durocort juga harus dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum digunakan, karena dosis pemakaiannya berbeda-beda setiap individu tergantung berat tidaknya penyakit yang diderita. Dorucort adalah obat yang digunakan untuk pengobatan penyakit seperti alergi pada saluran pernafasan, kulit dan mata.

Jadi untuk yang mengalami Radang Tenggorokan bisa mengonsumsi obat ini. Agar bisa membantu dalam meredakan nyeri di Tenggorokan. Supaya bisa bernapas lega dan bisa makan dengan baik.

Durocort Sirup
- Anak usia 2-6 tahun: ¼-½ sendok takar (1.25 ml-2.5 ml), diminum 3 kali sehari. Maksimal 15 ml per hari
- Anak usia 6-12 tahun: ½ sendok takar (2.5 ml), diminum 3 kali sehari. Maksimal 20 ml per hari
- Anak usia > 12 tahun dan Dewasa: 1-2 sendok takar (5-10 ml), diminum 3 kali sehari. Maksimal : 40 ml per hari

Durocort Tablet

- Anak usia 6-12 tahun: ½ tablet, diminum 3 kali sehari
- Anak usia > 12 tahun dan Dewasa: 1-2 tablet, diminum 3 kali sehari

Penyebab radang tenggorokan
Radang tenggorokan
dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya:

- Infeksi dari virus, seperti flu atau pilek
- Infeksi dari bakteri, seperti streptokokus atau staphylococcus
- Alergi, seperti reaksi terhadap debu, asap rokok, atau polusi udara
Reaksi terhadap obat-obatan, seperti aspirin atau obat-obat golongan NSAID
- Kemudian konsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin
- Merokok atau terpapar oleh bau asap dari rokok
- Lalu kondisi medis, seperti tonsilitis atau sinusitis

Diagnosis yang tepat dan tindakan medis dapat diberikan oleh dokter setelah melakukan pemeriksaan dan menentukan penyebab pasti dari radang tenggorokan.