Semua orang tentunya pernah mengalami tenggorokan sakit yang tidak tahu apa penyebab pastinya. Bisa tiba-tiba saja serak disertai gatal, dan sangat nyeri dibuat makan atau pun bicara. Itu bisa saja disebut dengan radang tenggorokan. Yang biasa dialami atau biasanya gejala awal saat orang akan mengalami demam.

Radang tenggorokan (faringitis) merupakan gangguan kesehatan pada tenggorokan yang ditandai dengan rasa nyeri, gatal hingga kering yang membuat rasa tidak nyaman. Radang tenggorokan dapat timbul akibat infeksi virus dan infeksi bakteri. Salah satu jenis virus yang dapat menyebabkan munculnya sakit tenggorokan adalah virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

Ciri-Ciri Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan terkadang dapat sembuh dengan sendirinya, namun tidak jarang pula radang tenggorokan ini menjadi gangguan kesehatan yang perlu diwaspadai. Berikut ini adalah ciri-ciri dari gangguan kesehatan radang tenggorokan:

- Rasa sakit dan gatal pada tenggorokan
- Nyeri ketika menelan dan berbicara
- Suara menjadi serak
- Batuk-batuk dan lainya

Ada beberapa obat alami radang tenggorokan. Juga ada pula obat-obatan yang terdapat di apotek, untuk membantu gejala dan permasalahan disebabkan oleh peradangan yang terjadi di tenggorokan. Salah satunya adalah obat obat semprot, yang khusus untuk keluhan radang tenggorokan.

Sebelum mengetahui kandungan dan efek samping dari obat semprot. Alangkah lebih baiknya juga mengetahui apa hal-hal yang menyebabkan radang tenggorokan ini menyerang. Simak di bawah ini untuk lebih jelasnya:
1. Virus
2. Batuk dan pilek yang menyebabkan tenggorokan teriritasi
3. Alergi
4. Merokok
5. Difteri (infeksi bakteri pada hidung dan tenggorokan

Sumber: Istimewa


Salah satu merk obat semprot yang terbukti ampuh bantu sakit tenggorokan adalah Cooling 5. Merupakan obat semprot rongga mulut yang berfungsi untuk meredakan sakit tenggorokan, nyeri akibat sariawan, iritasi ringan pada mulut, tenggorokan dan bibir.

Obat ini mengandung Phenol Crystal sebanyak 1,4 persen yang digunakan untuk membantu meredakan masalah seperti sariawan, sakit tenggorokan atau bau tidak sedap pada mulut, serta membasmi bakteri penyebab sakit tenggorokan dan juga atau radang tenggorokan.

Dosi
s
Semprotkan Cooling 5, sebanyak 2-3 kali ke arah tenggorokan, semprotan dapat diulangi setiap 3 jam sampai gejala mereda.

Catata
n
Cooling 5 Cool Mint Spray dikontraindikasikan penggunaannya oleh orang dengan kondisi kesehatan tertentu, halnya; Hipersensitif terhadap kandungan Cooling 5 Cool Mint Spray.

Harg
a
Rp31.500 - Rp44.100 per botol