Puasa 9 Dzulhijjah adalah puasa sunnah yang dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah, bulan terakhir dalam kalender hijriyah. Puasa ini memiliki beberapa keutamaan, di antaranya:

  1. Sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW: Puasa 9 Dzulhijjah merupakan salah satu amalan sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.
  2. Penghapus dosa: Puasa ini dapat menjadi penghapus dosa-dosa yang telah dilakukan sebelumnya.
  3. Mendapatkan pahala: Puasa ini dapat mendatangkan pahala yang besar dari Allah SWT.
  4. Memperoleh ampunan: Dengan berpuasa 9 Dzulhijjah, kita berharap memperoleh ampunan dari Allah SWT atas dosa-dosa yang telah kita lakukan.
  5. Menjadi persiapan haji: Puasa 9 Dzulhijjah juga menjadi persiapan dalam menjalankan ibadah haji, karena pada tanggal 10 Dzulhijjah, umat Muslim di seluruh dunia akan melaksanakan ibadah haji di Mekah.

Namun, puasa 9 Dzulhijjah bukanlah termasuk dalam puasa wajib, sehingga tidak menjadi kewajiban bagi umat Muslim untuk melakukannya.

Niat puasa 9 Dzulhijjah
Sumber: Pexels.com


Berikut ini niat puasa Arafah, yakni:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ عَرَفَةَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnati Arafah lillahi ta‘ala

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah Arafah esok hari karena Allah SWT.”

Hadis tentang puasa 9 Dzulhijjah
Sumber: Pexels.com


Adapun mengenai janji bebas dari api neraka dan pengampunan dosa selama 2 tahun, hal tersebut tidak dijelaskan secara langsung dalam ajaran Islam. Namun, Allah SWT dalam Al-Quran memberikan janji pengampunan bagi orang yang bertaubat dengan sungguh-sungguh dan memperbaiki diri. Hal tersebut sesuai dengan hadis yang berbunyi:

"Tidak ada hari dimana Allah membebaskan hamba dari neraka lebih banyak daripada Hari Arafah, dan sungguh Dia mendekat lalu membanggakan mereka di depan para Malaikat dan berkata: ‘Apa yang mereka inginkan?" (HR Muslim).

Oleh karena itu, ketika kita berpuasa 9 Dzulhijjah, kita sebaiknya menjadikan kesempatan ini sebagai ajang untuk memperbaiki diri, bertaubat dengan sungguh-sungguh, dan memohon ampun kepada Allah SWT. Dengan demikian, kita berharap akan memperoleh pengampunan dan ridha-Nya, serta terhindar dari api neraka.