Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah rencana kegiatan penelitian yang dilakukan oleh seorang guru di kelasnya sendiri dengan melibatkan siswa sebagai subjek penelitian. Tujuan dari PTK adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas dan memecahkan masalah-masalah yang muncul dalam proses pembelajaran di kelas. PTK bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui tindakan atau perubahan yang dilakukan oleh guru di dalam kelas. Adapun salah satu Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Sekolah Dasar.

Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Sekolah Dasar adalah sebuah rencana kegiatan penelitian yang dilakukan oleh seorang guru di kelasnya sendiri dengan melibatkan siswa sebagai subjek penelitian. Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas dan memecahkan masalah yang muncul dalam proses pembelajaran di kelas. Proposal PTK harus memuat latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, metode penelitian, sumber dana, jadwal pelaksanaan, manfaat penelitian, dan daftar pustaka yang digunakan dalam penelitian.

Contoh proposal penelitian tindakan kelas (PTK) untuk Sekolah Dasar
Sumber: Pexels.com


Berikut ini adalah contoh proposal penelitian tindakan kelas (PTK) untuk Sekolah Dasar:

Judul Penelitian: Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelas 3 SD Melalui Penerapan Metode Baca Tulis Bersama (BTB)

Latar Belakang:

Masalah rendahnya kemampuan membaca pada siswa kelas 3 SD menjadi salah satu fokus utama dalam pendidikan dasar. Kemampuan membaca yang kurang baik dapat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa di sekolah. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa adalah metode Baca Tulis Bersama (BTB). Oleh karena itu, peneliti ingin mengaplikasikan metode BTB untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 3 SD.

Tujuan:

  1. Meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 3 SD melalui penerapan metode Baca Tulis Bersama (BTB)
  2. Mengetahui efektivitas penerapan metode BTB terhadap kemampuan membaca siswa kelas 3 SD
  1. Pengumpulan data awal mengenai kemampuan membaca siswa kelas 3 SD melalui tes membaca
  2. Penerapan metode BTB pada proses pembelajaran membaca selama 2 bulan
  3. Pengumpulan data setelah penerapan metode BTB melalui tes membaca
  4. Analisis data menggunakan uji t dan uji perbandingan rata-rata untuk mengetahui perbedaan hasil tes membaca sebelum dan sesudah penerapan metode BTB

Sumber Dana:

  1. Sumbangan dari komite sekolah
  2. Dukungan dari pihak sekolah dalam melaksanakan penelitian

Jadwal Pelaksanaan:

  1. Persiapan dan pengumpulan data awal: bulan 1
  2. Penerapan metode BTB: bulan 2-3
  3. Pengumpulan data setelah penerapan metode BTB: bulan 4
  4. Analisis data dan penyusunan laporan: bulan 5

Manfaat:

  1. Meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 3 SD
  2. Memberikan alternatif metode pembelajaran bagi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa
  3. Memberikan informasi bagi pihak sekolah dalam mengambil kebijakan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien