16 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat yang Tak Kunjung Sembuh, Mudah dan Aman

"Saat mengalami hidung tesumbat, Anda harus menghindari minum es."

Life | 20 January 2022, 14:55
16 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat yang Tak Kunjung Sembuh, Mudah dan Aman

Hidung tersumbat adalah kondisi dimana jaringan di dalam hidung mengalami pembengkakan dan disertai lendir. Hidung tersumbat dapat disebabkan oleh alergi dan infeksi saluran hidung.

Jika Anda mengalami hidung tersumbat yang tak kunjung sembuh, Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk dapat mengatasi kondisi ini.

Berikut ini adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat.

1. Menghirup Uap Hangat

Daun.id

pexels.com

Anda dapat mengatasi hidung tersumbat dengan segelas air panas. Taruhlah wajahmu di hadapan wadah air panas tersebut, lalu hiruplah secara perlahan. Uap tersebut dapat membantu mencairkan lendir dalam rongga hidung yang menjadi penyebab hidung tersumbat.

Untuk hasil yang lebih baik, tambahkan bawang putih yang sudah dicacah dalam air hangat tersebut. Uap hangat yang sudah bercampur dengan zat bawang putih terbukti lebih efektif untuk membunuh bakteri penyebab hidung tersumbat.

2. Mengonsumsi Teh Herbal

Daun.id

pexels.com

Teh peppermint yang memiliki kandungan mentol,dapat menjadi dekongestan alami. Meminum teh ini hangat-hangat akan membuat proses bernapas menjadi lebih lega karena peradangan di hidung berkurang.

Anda bisa meminum secangkir teh herbal setiap pagi dan sore hari untuk mengatasi hidung tersumbat.

3. Gunakan Pelembap Udara
Alat pelembap udara dapat membuat udara di sekitar menjadi lebih lembap. Keuntungannya adalah, udara lembap akan mampu menenangkan iritasi yang menjadi sumber peradangan di hidung. Ketika iritasi mereda, gejala hidung tersumbat pun akan berkurang.

4. Konsumsi Air Mineral yang Banyak

Daun.id

pexels.com

Masuknya air mineral ke dalam tubuh akan membuat kekentalan lendir pada hidung berkurang. Dengan demikian, lendir tersebut tidak terlalu menutupi rongga hidung dan Anda dapat bernapas lebih lega.

5. Keluarkan Lendir di Hidung
Jika selama ini kamu cenderung menghirup kembali ingus yang ada di hidung, hentikan kebiasaan tersebut. Menghirup ingus kembali justru membuat lendir menumpuk di rongga hidung dan semakin membuat gejala hidung tersumbat bertambah parah. Sebaiknya jika memang merasa ada ingus yang hendak keluar, keluarkanlah ingus tersebut.

6. Menggunakan Dekongestan

Daun.id

pexels.com

Gunakanlah obat oral atau obat nasal berjenis dekongestan. Obat jenis ini memiliki zat yang mampu mengurangi peradangan di rongga hidung. Jika ingin hasil yang lebih cepat, gunakan dekongestan yang berjenis nasal. Penggunaan obat ini adalah dengan cara disemprotkan ke hidung.

7. Mandi dengan Air Hangat
Mandi dengan air hangat akan membuat suhu tubuh meningkat, hal tersebut akan menyebabkan lendir pada hidung mencair. Uap dari mandi air hangat mampu membuat lendir di rongga hidung menjadi lebih cair dan mudah untuk dikeluarkan.

Jangan lupa untuk menggunakan sabun antibakteri untuk memastikan kuman dan bakteri yang rentan menimbulkan peradangan di saluran pernapasan terbasmi dengan maksimal.

8. Mengonsumsi Obat Antihistamin
Untuk Anda yang mengalami hidung tersumbat karena alergi, cobalah untuk menggunakan obat antihistamin. antihistamin ini mampu meredakan gejala alergi.

Namun perlu diperhatikan, obat antihistamin dapat menimbulkan efek samping berupa rasa kantuk yang kuat. Tidak disarankan mengonsumsi obat ini saat melakukan saktivitas kerja atau perjalanan.

9. Mengoleskan Minyak Eucalyptus
Mengoleskan minyak eucalyptus di sekitar hidung dapat digunakan untuk meredakan hidunng tersumbat. Ecalyptus merupakan bahan alami yang sudah lama digunakan sebagai obat. Untuk masalah hidung tersumbat, minyak eucalyptus pun mampu menjadi pereda yang mujarab.

Cara menggunakan minyak ini bisa dengan cara dihirup ataupun dioleskan di area sekitar lubang hidung. Uap dari minyak eucalyptus dapat membuat lapisan lendir di rongga hidung menipis, sehingga kamu dapat bernapas lebih lega.

10. Menjaga Suhu Tubuh Tetap Hangat

Daun.id

pexels.com

Lendir dalam rongga hidung yang menyebabkan hidung tersumbat akan lebih mudah mengental saat kamu merasa kedinginan dan akan menyebabkan Anda kesulitan untuk bernapas. Karena itu, saat kamu mengalami hidung tersumbat, cobalah untuk menjaga suhu tubuh supaya tetap hangat.

Gunakan pakaian hangat dan selimut saat tidur. Mengonsumsi minuman hangat seperti jahe, teh, hingga air putih pun bisa menjadi alternatif untuk menghangatkan tubuh guna mengurangi gejala hidung tersumbat.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda dapat melakukan beberapa teknik pijatan untuk mengatasi hidung tersumbat yang tak kunjung sembuh.

Berikut ini adalah 6 teknik pijatan yang dapat Anda lakukan:

1. Memijat area diantara Ibu jari dan jari telunjuk
Tekan ibu jari dan jari telunjuk dan tahan dalam posisi ini selama dua menit. Cara ini dapat mengurangi iritasi dan rasa nyeri pada hidung.

Namun cara ini tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil, karena menekan titik tersebut akan menyebabkan kontraksi prematur di rahim.

2. Memijat daerah T di atas hidung
Tekan kedua area di dekat mata dengan ujung ibu jari Anda selama lima menit. Anda juga bisa memijatnya secara terpisah (satu per satu).

Jika tekanan diterapkan dengan benar, lendir akan hilang dalam waktu singkat, sehingga membuat hidung kembali plong.

3. Memijat tepi lubang hidung
Letakkan jari telunjuk di tepi kedua lubang hidung, rasakan tulang pipi yang ditekan. Titik paling umum digunakan dalam akupunktur dalam menyembuhkan penyumbatan sinus.

Anda dapat menekan titik ini minimal empat menit. Ulangi proses ini beberapa kali hingga hidung tersubat mereda.

4. Memijat dasar tengkorak
Letakan kedua ibu jari tepat di belakang telinga, dan rasakan tengkorak Anda dengan ibu jari dan datang ke dasarnya.

Saat ibu jari harus berada di belakang telinga dan di dasar tengkorak, tekan kedua ini dalam-dalam kemudian gosok selama dua menit.

5. Memijat titik berongga
Di bagian belakang kepala tempat leher dan kepala disatukan, ada ruang berlubang yang besar. Letakkan jari tengah di atasnya kemudian tekan selama 4 menit.

Cara ini akan menyembuhkan hidung tersumbat, dan dapat membantu mengurangi sakit kepala dan tekanan mental.

6. Memijat tulang kerah
Lakukan pijatan di area berlubang di bawah tulang selangka dan di atas tulang dada.

Tekan titik ini selama lima menit untuk mengatasi hidung tersumbat dan untuk meningkatkan sistem kekebalan.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 20 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:15 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:52 ISYA 19:02  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya