10 Cara Mengatasi Sakit Gigi Tanpa Obat, Hindari Penyebabnya

"Sakit gigi yang Anda alami harus segera diobati, salah satunya adalah berkumur dengan air garam."

Life | 21 January 2022, 12:40
10 Cara Mengatasi Sakit Gigi Tanpa Obat, Hindari Penyebabnya

Sakit gigi adalah gangguan pada kesehatan gigi yang menimbulkan rasa nyeri dan peradangan. Biasanya juga dibarengi dengan pembengkakan pada area gusi.

Seringkali sakit gigi ini disebabkan karena terjadi infeksi yang menyebabkan peradangan, sehingga menimbulkan rasa sakit dan nyeri juga. Namun tak jarang sakit gigi ini disebabkan karena kerusakan akibat benturan pada gigi.

Sakit gigi yang Anda alami dapat bervariasi, bergantung pada penyebabnya. Mulai dari sakit gigi yang ringan yang dapat sembuh dengan sendirinya hingga sakit gigi yang parah yang mungkin akan membutuhkan perawatan dokter.

Saat Anda mengalami sakit gigi, gejala-gejala yang dapat Anda alami saat mengalaminya adalah rasa nyeri dan ngilu pada gigi.

Tidak hanya pada gigi, efek samping dari sakit gigi ini juga berdampak pada organ lainya, seperti pada organ pencernaan. Saat sakit gigi, orang cenderung akan mengurangi tekanan dan jumlah kunyahan pada makanan. Sehingga makanan akan ditelan dengan kasar, hal ini membuat kerja organ pencernaan menjadi lebih berat.

Penyebab Sakit Gigi

Berikut adalah beberapa kondisi penyebab sakit gigi, antara lain:

- Tambalan gigi rusak
Sakit gigi dapat disebabkan karena tambalan gigi yang rusak, sehingga menyebabkan akar gigi terpapar oleh rangsangan dari luar dan menyebabkan sakit gigi.

- Makanan dan minuman asam

Daun.id

pexels.com


Mengonsumsi makanan dan minuman asam dapat mengikis enamel. Sehingga menyebakan gigi menjadi lebih sensitif. Sehingga menyebabkan sakit gigi.

Makanan dan minuman bersifat asam contohnya seperti jus jeruk, tomat, buah dan yogurt.

- Sering menggemeretakkan gigi
Sering menggemeretakkan gigi dapat menyebabkan sakit gigi yang menyebabkan ngilu berkepanjangan. Menggemeretakkan gigi bisa merusak enamel dan mengganggu dentin, atau lapisan tengah gigi, yang berisi tabung berlubang yang mengarah ke saraf.
 
- Mengunyah es batu

Daun.id

pixabay.com

Sebagian orang menganggap, mengunyah es batu adalah cara ampuh untuk mengatasi dehidrasi. Namun faktanya adalah, mengonsumsi es batu terlalu sering dapat memberi dampak buruk pada gigi. Dan seiring waktu, mengunyah es batu akan mengikis enamel gigi.

- Menyikat gigi terlalu kuat
Kadang-kadang sensitivitas gigi berasal dari menyikat dengan terlalu kuat. Menyikat gigi yang kuat dapat merusak lapisan pelindung gigi dan mengekspos dentin gigi. Ketika tabung ini terpapar suhu ekstrem atau makanan yang asam atau lengket, sensitivitas dan ketidaknyamanan gigi dapat terjadi.

- Plak yang menumpuk
Penumpukan plak yang berlebihan dapat menyebabkan sakit gigi. Ini karena gigi kehilangan perlindungan yang diberikan oleh enamel. Plak tidak hanya menggerogoti gigi tetapi juga gusi yang menyebabkan sensitivitas pada keduanya.

-Masalah asam lambung

Daun.id

pixabay.com


Sakit maag atau gard dapat menyebabkan asam lambung mengalir ke mulut (refluks). Sifat asam ini dapat mengikis enamel gigi yang menyebabkan sakit gigi.

- Soda
Soda dapat menimbulkan erosi pada lapisan terluar gigi. Ini yang menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif dan mudah ngilu. Erosi ini menyebakan pengikisan yang jika terus dibiarkan akan menyebabkan sakit gigi.

Cara Mengatasi Sakit Gigi
Cara mengatasi sakit gigi yang paling cepat adalah dengan memeriksakanya ke dokter gigi. Ada banyak jenis pengobatan yang dapat dokter terapkan pada kondisi sakit gigi yang Anda alami, namun itu bergantung pada kondisi apa yang Anda alami.

Selain itu, Anda dapat mengatasi sakit gigi ini dengan obat-obatan yang dapat Anda dibeli di Apotek. Banyak varian dan jenis obat sakit gigi yang dapat Anda pilih untuk mengatasi sakit gigi.

- Parcetamol
Paracetamol selain berfungsi untuk menurunkan demam, juga dapat meredakan nyeri yang disebabkan kondisi-kondisi tertentu, seperti sakit gigi.

- Ibuprofen
Ibuprofen juga tergolong NSAID sama seperti Paracetamol. Obat ini bisa menjadi pilihan untuk mengatasi sakit gigi. Ibuprofen sebagai obat anti-inflamasi nonsteroid diklaim dapat bekerja dengan baik untuk sakit gigi karena mampu mengurangi masalah peradangan.

Namun, hindari minum ibuprofen saat perut kosong karena akan melukai lambung.

- Asam mefenamat

Asam mefenamat bekerja dengan menghambat produksi prostaglandin, sehingga dapat mengatasi sakit gigi.

- Hidrogen peroksida 3%
Hidrogen peroksida adalah antiseptik cair yang sering dijadikan obat kumur untuk membunuh bakteri serta kuman penyebab terjadinya masalah gigi dan gusi termasuk sariawan juga radang gusi.

Larutkan hidrogen peroksida dengan air lalu gunakan berkumur selama 30 detik.

Mengatasi Gigi tanpa Obat

Sebagian orang memilih mengatasi sakit gigi mereka dengan cara-cara alami, hal ini biasanya disebabkan karena kepercayaan turun temurun, memiliki infeksi terhadap obat atau hal-hal lainya.

Berikut ini adalah beberapa bahan alami sebagai cara untuk mengatasi sakit gigi:

1. Air garam

Daun.id

pixabay.com


Mengtasi masalah gigi ngilu dengan garam sudah menjadi cara yang umum, dan sudah digunakan sejak zaman dulu. Garam ini memiliki sifat antiseptik yang bisa membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri di dalam mulut yang menyebabkan peradangan dan sensasi ngilu.

Caranya, Anda cukup melarutkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Kemudian gunakan untuk berkumur selama 30 detik.

2. Air madu

Daun.id

pixabay.com

Selain garam, madu juga bersifat antiseptik dan antibakteri, yang berguna sebagai obat alami untuk mengatasi gigi ngilu terus menerus.

Larutkan satu sendok madu dalam segelas air hangat dan aduk rata. Gunakan air madu tersebut sebagai obat kumur selama 30 detik. Kemudian bilas dengan air putih.

3. Kunyit

Daun.id

pixabay.com

Kandungan curcumin pada kunyit, secara efektif berguna untuk melawan bakteri penyebab infeksi gusi dan meredakan peradangannya. Anda dapat menghaluskan kunyit setengah ruas dan letakan pada gigi yang bermasalah selama beberapa menit.

4. Daun jambu

Daun jambu kaya akan zat antioksidan flavonoid yang salah satu manfaatnya adalah efektif untuk meredakan gigi ngilu terus menerus. Sifat antiradang dan antimikroba pada daun jambu efektif untuk membantu penyembuhan sakit gigi.

Anda dapat mengunyah daun jambu segar yang sudah dicuci bersih dan oleskan pada bagian gigi yang terasa ngilu.

5. Bawang putih

Daun.id

pixabay.com

Bawang putih untuk mengobati berbagai masalah gigi dan mulut ternyata sudah dikenal sejak lama. Senyawa allicin dalam bawang putih memiliki sifat antiseptik dan antimikroba. Kombinasi keduanya dapat membantu melawan kuman penyebab sakit gigi sekaligus meredakan rasa nyerinya.

Cara mengobati gigi ngilu dengan bawang putih adalah dengan mengunyahnya di sisi mulut yang nyut-nyutan. Bila Anda tidak bisa mengunyah bawang putih, Anda bisa mengirisnya tipis-tipis dan letakkan di bagian gigi yang sakit.

6. Selalu jaga kebersihan gigi
Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan menggosok gigi secara rutin 2 kali sehari. Gunakan pasta gigi sensitif untuk melindungi lapisan dentin yang terbuka, sehingga mengurangi rasa nyeri dan ngilu pada gigi.

7. Kompres es batu

Daun.id

pexels.com

Es batu dapat mengurangi rasa nyeri saat sakit gigi berlangsung. Cara adalah dengan memasukkan es batu pada kain atau handuk, kemudian tempelkan pipi atau bagian sakit gigi.

Lakukan pengompresan selama 15 sampai 20 menit.

8. Atur posisi tidur
Atur posisi tidur dengan mengangkat kepala atau meletakkan kepala pada bantal yang lebih tinggi. Cara ini akan mencegah tekanan aliran darah ke area mulut berkurang, sehingga rasa nyeri bisa teratasi. Cara ini juga bisa mengurangi pembengkakan yang karena sakit gigi.

9. Menggunakan teh peppermint

Daun.id

pixabay.com

Senyawa mentol yang ada dalam peppermint berfungsi sebagai antibakteri dan antioksidan alami. Mentol akan memberikan efek dingin dan sejuk, sehingga dapat mengurangi rasa sakit gigi.

Caranya bisa menggunakan kantong teh peppermint yang sudah dimasukkan ke dalam freezer.

10. Memanfaatkan minyak cengkeh

Cengkeh dimanfaatkan dalam bentuk minyak. Kandungan eugenol yang ada di dalam minyak rempah ini bisa berperan sebagai antiseptik, sehingga bisa meminimalisir risiko peradangan yang ada di area mulut karena sakit gigi.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 29 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:01 ISYA 19:10  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya