7 Cara Mengatasi Kelopak Mata Bengkak, Tinggikan Kepala Saat Tidur

"Kelopak mata bengkak memang tidak tergolong masalah kesehatan yang serius, tetapi dapat membuat siapa pun panik dan mengganggu aktivitas."

Life | 21 January 2022, 17:09
7 Cara Mengatasi Kelopak Mata Bengkak, Tinggikan Kepala Saat Tidur

Pada saat bangun tidur, tiba-tiba kondisi kelopak mata bengkak. Kondisi ini tentu dapat membuat pengidapnya terasa kurang nyaman, bahkan dapat mengurangi rasa percaya diri. Sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kelopak mata bengkak dapat terjadi karena diakibatkan penumpukan cairan secara berlebihan. Hal ini juga dipengaruhi oleh kondisi kulit sekitar mata yang sangat tipis, sehingga pembengkakan terlihat sangat jelas.

Penyebab kelopak mata bengkak juga berbagai ragam, mulai dari hal sepele hingga masalah yang sangat serius. Misalnya gigitan serangga, sering menangis, alergi, iritasi, hingga penyakit graves. Itulah ragam yang menjadi pemicu kelopak mata bengkak.

Jika kelopak mata bengkak tidak kunjung teratasi, maka yang perlu dilakukan ialah mengenali penyebabnya. Mengenali penyebabnya dapat memudahkan untuk mengatasi kelopak mata bengkak. Sehingga mendapat penanganan yang tepat dan cepat.

Penyebab kelopak mata bengkak

Kelopak mata bengkak dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan juga mengganggu penampilan. Terlebih kelopak mata bengkak terjadi pada kedua mata. Maka, harus segera diatasi agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Daun.id

sumber; pexels

Berikut ini penyebab kelopak mata bengkak ;

- Kalazion, merupakan pembengkakan yang terjadi pada kelopak mata dan seperti mirip dengan bintitan. Bedanya, terkadang kalazion tampak sedikit lebih besar daripada kalazion. Selain itu bintitan menimbulkan rasa sakit, sedangkan kalazion tidak.

- Selulitis orbital, suatu infeksi yang terjadi pada orbital septum, jaringan tipis yang menjadi pemisah antara mata dan kantung mata. Gejala tersebut dapat menimbulkan rasa sakit.

- Kanker mata, salah satu penyebab kelopak mata dapat disebabkan oleh kanker mata. Gejala ini dapat mempengaruhi pandangan mata. Selain itu muncul bercak-bercak merah pada penglihatan.

- Penyakit graves, suatu penyakit yang terjadi saat sistem kekebalan tubuh menyerang tiroid yang terletak pada leher. Selain itu juga dapat menyerang otot dan jaringan lemak yang terdapat pada mata, sehingga dapat menimbulkan pembengkakan.

- Blefaritis, suatu hal ini dapat dijumpai pada orang-orang yang memilki kulit berminyak secara berlebihan. Blefaritis dapat menyebabkan mata merah, gejala bengkak, serta rasa sakit.

Daun.id

sumber; pexels

- Konjungtivitis atau infeksi mata, konjungtivitis dapat menimbulkan gejala pembengkakan pada kelopak mata. Selain itu infeksi mata juga dapat menimbulkan rasa sakit. Kondisi ini terjadi karena disebabkan oleh infeksi mata.

- Bintitan, merupakan suatu benjolan yang timbul akibat pembengkakan pada sudut kelopak mata, yang berisi nanah dan berupa jerawat dan sedikit terasa lebih sakit.

- Alergi mata, mata bengkak jika diiringi dengan gejala seperti berair. Alergi mata dapat menimbulkan gejala kelopak mata bengkak, hal ini disebabkan oleh benda asing yang masuk ke mata, seperti debu dan lain-lain.

- Kelelahan, seseorang yang mengalami kelelahan dapat menimbulkan kelopak mata bengkak. Sebab retensi air semalaman dapat mempengaruhi kelopak mata, apalagi pada orang yang tak dapat tidur nyenyak.

- Tersumbatnya saluran air mata, hal ini dapat disebabkan oleh infeksi bakteri. Biasanya hal ini terjadi juga diiringi rasa demam. Maka periksakan ke dokter, guna mendapat perawatan lebih lanjut.

- Penggunaan kosmetik, Ketika bahan-bahan kosmetik masuk ke kelopak mata dapat menyebabkan kelopak mata bengkak. Bahkan terkadang dapat menimbulkan, sensasi terbakar pada mata.

Itulah beberapa penyebab yang dapat menyebabkan kelopak mata bengkak. Kenalilah beberapa penyebabnya agar lebih mudah untuk mengatasi kelopak mata bengkak.

Cara mengatasi kelopak mata bengkak

Pada saat menangani atau mengatasi kelopak mata bengkak, cara mengatasinya juga menyesuaikan dengan penyebabnya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan guna mengatasi kelopak mata bengkak.

Berikut ini cara mengatasi kelopak mata bengkak :

1. Kompres hangat dan dingin

Kompres hangat dapat diketahui mampu membantu untuk melancarkan peredaran darah, sehingga mampu mengurangi penyumbatan pada kelopak mata. Cara mengatasinya, siapkan air hangat dan kain lembut lalu rendam handuknya. Setelah itu angkat dan peras lalu tempelkan pada kelopak mata bengkak, sehingga dapat mengatasi kelopak mata bengkak.

2. Gunakan obat tetes mata

Daun.id

sumber; pexels

Obat tetes mata bisa didapatkan di apotek terdekat, selain itu juga bisa didapatkan melalui resep dokter. Caranya mudah, tinggal teteskan obat mata pada kelopak mata bengkak beberapa tetes saja. Sehingga dapat mengatasi kelopak mata bengkak.

3. Membilas mata menggunakan larutan garam

Garam memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu untuk meredakan kelopak mata bengkak akibat infeksi. Larutan garam dapat diracik sendiri di rumah, atau langsung membeli larutan saline di apotek terdekat. Bilas mata dengan menggunakan larutan garam dapat mengatasi kelopak mata bengkak.

4. Melepaskan lensa kontak mata

Daun.id

sumber; pexels

Jika anda termasuk pengguna lensa kontak mata, pada saat kelopak mata bengkak terjadi. Sebaiknya lepaskan dahulu lensa tersebut, hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko pembengkakan. Cobalah cara ini untuk mengatasi kelopak mata bengkak.

5. Menempelkan kantong teh

Kantong teh yang sudah dipakai dapat digunakan untuk mengatasi kelopak mata bengkak. Gunakan kantung teh bekas yang masih basah untuk ditempelkan di sekitar area kelopak mata bengkak. Sehingga dapat mengatasi kelopak mata bengkak.

6. Meningkatkan minum air putih

Tubuh dehidrasi merupakan suatu kondisi tubuh sedang kekurangan cairan, selain itu juga dapat menimbulkan pembengkakan. Jika kelopak mata bengkak karena disebabkan oleh dehidrasi, meningkatkan minum air putih dapat mengatasi kelopak mata bengkak.

7. Mengatur posisi tidur

Daun.id

sumber; pexels

Kelopak mata bengkak dapat disebabkan oleh penumpukan cairan pada kelopak mata. Jika hal ini terjadi, maka aturlah posisi tidur dengan meninggikan bantal kepala. Cara ini dapat membantu mengatasi kelopak mata bengkak.

Demikian beberapa cara mengatasi kelopak mata bengkak yang dapat dilakukan. Segera lakukan penanganan, agar kelopak mata segera teratasi. Jika mengalami kesulitan, sebaiknya minta bantuan ke dokter spesialis mata dan mendapat perawatan lebih lanjut.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 29 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:01 ISYA 19:10  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya