6 Cara Mengatasi Dehidrasi secara Cepat dan Aman, Ketahui penyebabnya

"Aktivitas yang padat dapat banyak menguras tenaga"

Life | 21 January 2022, 20:18
6 Cara Mengatasi Dehidrasi secara Cepat dan Aman, Ketahui penyebabnya

Aktivitas yang padat dapat menyebabkan keluar keringat yang lebih banyak daripada biasanya. Sehingga tubuh kehilangan banyak cairan yang dibutuhkan, cairan tersebut berguna untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Bila cairan tubuh yang keluar tidak segera diganti, maka dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Sehingga tubuh tampak lemas, lemah, dan kurang sehat. Dan mulut akan terasa sangat haus serta membutuhkan minuman air putih.

Dehidrasi seringkali terjadi pada sebagian besar orang, tetapi juga seringkali banyak yang tidak menyadari. Dehidrasi dapat dimaknai dengan kondisi tubuh kekurangan cairan. Kondisi ini membuat tubuh kehilangan keseimbangan atau kurang berfungsi dengan baik.

Salah satu dampak yang ditimbulkan ialah kepala dapat mengalami pusing. Selain itu dehidrasi juga dapat menimbulkan beberapa gejala lainnya. Meski tidak berbahaya, jika berlangsung lama dapat membahayakan. Sebelum mengatasinya sebaiknya gali informasi lebih mendalam terkait dehidrasi.

Mengenal penyebab dehidrasi

Penyebab dehidrasi juga disebabkan oleh berbagai macam hal, penyebab utamanya ialah karena kekurangan cairan. Selain itu juga bisa disebabkan oleh beberapa hal yang lainnya. Berikut ini penyebab dehidrasi pada tubuh.

Daun.id

sumber; pexels

- Muntah dan diare, kondisi ini menyebabkan tubuh mengeluarkan banyak air yang terdapat di dalam tubuh. Begitu juga pada saat diare, pengidapnya seringkali buang air besar berupa tinja encer.

- Buang air kecil, merupakan suatu kondisi yang normal pada tubuh untuk mengeluarkan sisa racun pada tubuh. Jika sering mengalami kencing, sebaiknya setelah itu langsung menggantinya dengan minum air putih.

- Demam tinggi, dapat menyebabkan banyak keringat yang keluar dari tubuh. Sehingga harus mengonsumsi banyak air putih untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh. Hal ini dapat terjadi karena cairan dapat keluar melalui permukaan kulit.

- Keringat berlebihan, saat sedang beraktivitas dengan berat dapat menyebabkan banyak cairan yang keluar melalui keringat. Sebaiknya setelah beraktivitas yang menguras tenaga, tingkatkan minum air putih.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan terjadinya dehidrasi, kenalilah beberapa hal di atas guna mencegah terjadinya dehidrasi.

Mengenal gejala dehidrasi ringan

Gejala dehidrasi pada orang dewasa tentunya berbeda-beda, selain itu gejala dehidrasi juga memiliki tingkatan, mulai dari biasa hingga tingkat yang berbahaya. Berikut ini beberapa gejala dehidrasi yang dapat diketahui :

Daun.id

sumber; pexels

- Kulit dapat terasa kering, karena banyak kehilangan cairan yang keluar dari tubuh.

- Terjadi kram pada otot, hal ini dapat terjadi ketika seseorang mengalami dehidrasi.

- Urine atau air yang dikeluarkan sangat sedikit, ketika seseorang sedang mengalami dehidrasi.

- Selain sedikit, dehidrasi juga dapat mempengaruhi warna urine yang dikeluarkan, yaitu kuning gelap.

- Mulut terasa kering, bahkan terasa mudah haus, dan terasa haus yang sangat luar biasa.

- Seseorang yang sedang mengalami dehidrasi dapat mengalami gejala sakit kepala atau pusing.

- Mudah haus, gejala ini muncul ketika seseorang sedang mengalami dehidrasi.

Kenalilah beberapa gejala dehidrasi seperti di atas untuk mendeteksi terjadinya dehidrasi pada tubuh. Jika mengalami beberapa gejala di atas, segera lakukan penanganan.

Mengenal gejala dehidrasi berat

Berikut ini gejala dehidrasi berat yang dapat diketahui :

Daun.id

sumber; pexels

- Mudah mengantuk

- Bernapas dengan tempo yang sangat cepat.

- Energi tubuh terasa banyak yang terkuras.

- Dehidrasi berat dapat membuat orang kehilangan kesadaran sejenak.

- Pingsan, dapat dialami orang yang sedang mengalami dehidrasi berat.

- Tidak buang air kecil dalam waktu yang cukup lama.

- Jantung berdetak sangat cepat daripada biasanya.

- Mengalami sakit kepala atau pusing yang luar biasa.

Itulah beberapa hal yang dapat diketahui mengenai gejala dehidrasi berat, jika terjadi.

Mengenal gejala dehidrasi pada anak-anak dan bayi

Gejala dehidrasi tidak saja dialami orang dewasa, anak-anak dan bayi juga dapat mengalami gejala dehidrasi. Berikut ini gejala dehidrasi pada anak-anak dan bayi yang dapat diketahui :

Daun.id

sumber; pexels

- Saat menangis, air matanya tidak keluar.

- Tidak mengeluarkan air kencing dalam waktu yang lama.

- Kurang aktif dibandingkan daripada biasanya, hal ini menandakan bayi sedang mengalami dehidrasi.

- Emosi tidak terkontrol dengan baik.

- Lebih mudah mengantuk.

- Mulut dan lidah dapat terasa sangat kering.

Itulah beberapa hal atau kondisi gejala dehidrasi yang dialami oleh anak-anak dan bayi.

Cara mengatasi dehidrasi

Dehidrasi dapat diatasi dengan mengganti cairan tubuh yang telah keluar. Cara mengatasinya juga berbagai ragam, hal ini harus segera dilakukan agar dehidrasi tidak semakin parah.

Berikut ini cara mengatasi dehidrasi :

1. Mengonsumsi sayur dan buah

Daun.id

sumber; pexels

Mengonsumsi jenis syur dan buah yang memiliki banyak kandungan air dapat mengatasi dehidrasi. Sayur dan buah-buahan memiliki kandungan air sebanyak 90%, bahkan lebih. Jadi mengonsumsi sayur dan buah dapat mengatasi dehidrasi.

2. Mengonsumsi oralit

saat tubuh mengalami dehidrasi, secara otomatis tubuh kehilangan banyak mineral, dan tubuh dapat mengalami gangguan elektrolit. Cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan elektrolit ialah dengan cara mengonsumsi oralit. Sehingga dapat mengatasi dehidrasi.

3. Mengurangi minum kafein berlebihan

Daun.id

sumber; pexels


Mengonsumsi kafein dapat mendorong untuk lebih mudah dalam buang air kecil, sehingga banyak cairan yang keluar. Selain itu kafein juga dapat mengurangi kadar natrium pada tubuh, kondisi ini dapat memperparah dehidrasi. Mengurangi konsumsi kafein dapat membantu mengatasi dehidrasi.

4. Berikan ASI jika bayi dehidrasi

ASI dapat menggantikan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh pada bayi, sehingga mengandung kandungan elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh. Bila bayi mengalami dehidrasi, berikan ASI dapat mengatasi dehidrasi pada bayi.

5. Minum air putih dengan cukup

 Daun.id

sumber; pexels


Penyebab utama dehidrasi ialah tubuh kekurangan cairan, untuk menggantikan cairan tersebut dapat digantikan dengan minum air yang cukup. Sehingga dapat mengatasi dehidrasi, serta memiliki banyak manfaat lainnya.

6. Berikan infus ketika dehidrasinya parah
 
Dehidrasi yang cukup parah dapat membuat seseorang kehilangan energi, bahkan menyebabkan pingsan. Memberikan infus pada kondisi seperti ini dapat mengatasi dehidrasi, cara ini dilakukan sesuai dengan panduan dari dokter.
 
Demikian beberapa cara yang dapat dilakukan ketika tubuh sedang mengalami dehidrasi. Hindari dehidrasi agar tubuh dapat berfungsi secara seimbang lagi.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 28 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:02 ISYA 19:11  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya