Amiliana Mardiani Soesanto Ceritakan Pengalaman Menjadi Guru Besar FK UI dengan Penyakit Jantung Katup

"Amiliana Mardiani Soesanto, seorang guru besar FK UI, berbagi pengalamannya menghadapi beban ganda sebagai seorang akademisi dengan penyakit jantung katup."

Tech | 21 February 2024, 23:32

Amiliana Mardiani Soesanto, seorang guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI), menceritakan pengalaman pribadinya dalam menghadapi tantangan menjadi seorang akademisi dengan penyakit jantung katup.

Penyakit jantung katup adalah kondisi di mana salah satu atau beberapa katup jantung tidak berfungsi dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan gangguan aliran darah dan mempengaruhi kinerja jantung secara keseluruhan.

Dalam wawancara eksklusif dengan Tempo.co, Amiliana mengungkapkan bahwa dia didiagnosis dengan penyakit jantung katup pada usia muda. Meskipun demikian, dia tidak membiarkan kondisi tersebut menghalangi karirnya sebagai seorang akademisi.

Amiliana menjelaskan bahwa menjadi seorang guru besar FK UI adalah impian yang dia kejar sejak lama. Namun, ketika dia mencapai posisi tersebut, dia juga harus menghadapi tantangan baru dalam menjaga kesehatannya.

Sebagai seorang akademisi, Amiliana memiliki jadwal yang padat dan tuntutan pekerjaan yang tinggi. Namun, dia juga harus memperhatikan kondisi jantungnya dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Amiliana mengatakan bahwa dia harus menjalani perawatan rutin dan mengonsumsi obat-obatan untuk menjaga kesehatan jantungnya. Dia juga harus mengatur pola makan dan berolahraga secara teratur.

Meskipun memiliki beban ganda sebagai seorang akademisi dengan penyakit jantung katup, Amiliana tetap bersemangat dan tidak menyerah. Dia terus menginspirasi mahasiswa dan rekan kerjanya dengan dedikasinya dalam dunia akademik.

Amiliana berharap bahwa kisahnya dapat menjadi inspirasi bagi orang lain yang menghadapi tantangan serupa. Dia ingin menunjukkan bahwa meskipun memiliki keterbatasan fisik, seseorang masih bisa mencapai impian dan sukses dalam karirnya.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 23 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:51 ISYA 19:02  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya