10 Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Bisa Disentuh, Mudah dan Simpel

"Jangan lupa untuk mengenali penyebabnya juga."

Tech | 25 January 2022, 16:08
10 Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Bisa Disentuh, Mudah dan Simpel

Handphone seakan menjadi sahabat dekat untuk para penggunanya terutama pada saat ini. Hp adalah device yang dapat dipakai dalam berbagai aktivitas dan kebutuhan dari bekerja, hiburan, belajar, dan lainnya. Apabila kamu tidak merawat perangkat ini secara baik, bukan tidak mungkin berbagai masalah dapat muncul misalnya layar hp yang tidak dapat disentuh.

Nah, kali ini sebelum membahas tentang cara mengatasi touchsreen tidak bisa disentuh, ketahui juga penyebabnya. Adapun penyebab touchsreen tidak bisa disentuh di antaranya, seperti:

1. HP terkena air

Touchsreen HP tidak bisa disentuh akibat terkena air sangat mungkin terjadi. Tak jarang pengguna hp mengalami hal seperti ini entah sebab kecerobohan diri sendiri atau kesalahan orang lain.

Perangkat seperti smartphone yang tidak tahan air akan terkena masalah ringan ketika terkena air hujan atau tercebur. Sehingga, touchsreen tidak merespon sentuhan. Bukan tidak mungkin juga mampu mengakibatkan masalah besar misalnya hp yang tidak dapat menyala sama sekali.

Sekadar informasi, air yang masuk pada perangkat Android ataupun iOS dapat menimbulkan korsleting. Masalah inilah yang membuat layar sentuh hp tidak bisa berfungsi seperti biasanya. Kamu dapat mencoba cara mengatasi touchsreen hp tidak dapat disentuh akibat terkena air.

2. Akibat terjatuh

Kamu sering menjatuhkan hp tanpa sengaja? Ketika terjatuh, kemungkinan hp terkena benturan yang keras walaupun kamu telah memakai casing tambahan. Hal ini juga menjadi penyebab lain mengapa layar hp Xiaomi tidak dapat disentuh.

Sesudah handphone terjatuh, lekas cek keadaan fisik perangkat itu. Apabila tidak terdapat kerusakan sama sekali, layar akan dapat kembali berfungsi dan dapat merespon sentuhan dari jari secara baik.

Dengan demikian, maka kamu dapat mengasumsikan bahwa masalah yang muncul pada sistem operasi. Jika layar tidak retak, mungkin socket jalur LCD lepas sehingga sensor sentuhan terkena masalah.

3. HP terlalu lama dipakai

Pada umumnya, setiap orang mempunyai alasan masing-masing saat memakai hp. Dari dipakai untuk hiburan, belajar, bekerja, media komunikasi dan interaksi, atau hal lainnya, kamu tetap perlu memantau penggunaan hp.

Alasannya, hp yang cukup lama dan sering dipakai dapat mengakibatkan berbagai kerusakan terlebih masalah touchscreen. HP juga memerlukan waktu dalam beristirahat, agar tetap menjaga kinerjanya pada posisi optimal.

Atau mungkin saja kamu telah terlalu lama memakai hp. Setiap perangkat elektronik misalnya ponsel kadang mempunyai masa penggunaan kurang lebih 3 tahun, sebelum akhirnya terjadi kendala secara terus menerus. Penurunan kemampuan dan kualitas juga dapat terjadi di touchscreen ponsel, maka tidak lagi responsif akibat sentuhan.

4. RAM HP penuh

Supaya handphone dapat bekerja secara optimal, perhatikan dua komponen penting yakni RAM dan ROM. Dengan keterbatasan kapasitas di RAM, maka usahakan kamu hanya memakai aplikasi yang memang diperlukan saja.

Aplikasi terpasang di handphone tentu memakan ruang penyimpanan. Keadaan ini mampu menyebabkan kapasitas RAM semakin penuh. Hal ini akan berimbas di layar dan salah satunya ialah hang. Pada akhirnya, handphone sama sekali tidak dapat merespon sentuhan. Keadaan itu tentu sangat mengganggu, maka membuat para penggunanya merasa tidak nyaman.

5. HP tertekan benda berat

Salah satu alasan mengapa kamu tidak boleh sembarangan menyimpan handphone ialah menghindari hp terkena benda berat. Kadang kala, kita menyimpan sesuatu di atas handphone tanpa disadari.

Selain menyusahkan dalam mencari hp ketika diperlukan, ini juga dapat berdampak pada layar. HP kemungkinan tidak dapat disentuh bahkan layar menjadi rusak. Mulai sekarang, coba lihat apakah tempat menyimpan hp memang aman dari tumpukan benda berat. Kamu tidak boleh memposisikan hp pada sembarang tempat atau menerima resiko dan kemungkinan layar hp rusak.

6. Penggunaan charger salah

Penggunaan charger yang tepat merupakan sebuah keharusan. Orisinalitas charger bukan hanya soal gengsi sebab lebih mengarah pada performa hp. Sering sembarangan memakai charger dalam mengisi daya baterai hp tentu tidak direkomendasikan.

Sebagian dari kamu mungkin tertarik memakai charger yang mempunyai kemampuan mengisi daya secara cepat. Sayangnya, hal ini dapat merusak komponen HP jika charger itu bukan charger bawaan hp. Tidak mengherankan apabila pada akhirnya kamu mengeluhkan touchscreen HP tidak bisa kamu sentuh.

Dalam mengatasi masalah tersebut, kamu dapat melakukan beberapa cara berikut ini:

1. Kurangi skala animasi di touchscreen

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Sebenarnya, skala animasi tidak mempengaruhi sensitivitas touchscreen secara langsung. Akan tetapi, memengaruhi bagaimana software merespon setiap perindah. Respon dapat semakin lama apabila terlalu banyak perintah. Sehingga, ini berpengaruh terhadap sensitivitas touchscreen. Maka, kamu perlu mengatur ulang skala animasi di touchscreen smartphone.

2. Pasang aplikasi pixer fixer

Tidak banyak yang mengetahui bahwa tanda-tanda dead pixel dapat menurunkan sensitifitas touchscreen sebuah handphone. Dengan sinyal dinamis yang dimunculkan, aplikasi ini dapat memperbaiki dead pixel dan juga membantu mengembalikan touchscreen menjadi sensitif dan responsif.

3. Lakukan kalibrasi layar

Kalibrasi pada layar berfungsi dalam menyesuaikan layar sentuh dengan sentuhan yang disediakan oleh developer smartphone. Dengan caranya yang terbilang mudah, kamu tidak perlu bantuan orang lain.

Masuk pada menu settings atau pengaturan. Lalu, cari pengaturan ponsel dan pilih kalibrasi. Kemudian, ikuti semua langkah dan proses kalibrasi.

4. Lepas tempered glass

Apabila pemasangan tempered glass dapat menjadi cara melindungi touchscreen hp terhadap goresan. Akan tetapi, pada beberapa kasus, ini malah mengurangi sensitifitas touchscreen ponsel sebab bahan anti gores yang terlalu tebal atau terbuat dari bahan yang kurang berkualitas.

Kamu dapat melepas dan menggantinya dengan tempered glass yang baru yang sesuai mode ponsel. Atau pilih produk asli dari produsen ponsel yang kamu pakai.

5. Tekan touchscreen HP

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Cara mengatasi touchscreen tidak bisa disentuh adalah dengan cara menekan touchscreen HP. Tujuannya merupakan mengencangkan lagi bagian layar yang mungkin longgar.

Caranya juga sangat mudah sebab tidak membutuhkan alat apa saja, yakni cukup dengan menekan touchscreen dan casing secara hati-hati.

Pakai ibu jari guna menekan bagian layar yang tidak berfungsi. Kemudian, pakai jari telunjuk dalam menekan casing bagian belakang. Cara ini cocok dalam mengatasi touchscreen HP tidak bisa disentuh.

6. Bersihkan touchscreen HP

Walaupun terdengar sepele, tetapi cara memperbaiki layar sentuh tidak merespon yang satu ini dapat kamu coba terlebih dulu. Alasannya, apabila ada kotoran atau minyak sisa makanan yang menempel, maka touchscreen ponselmu tidak akan memberikan respons walaupun telah digeser berulang kali.

Cara membersihkannya juga sangat mudah. Pakai tisu atau kain lembut yang telah kamu basahi sedikit, kemudian gosok dengan perlahan dan memutar di bagian touchscreen sampai bersih. Apabila masih tidak bisa, lepaskan screen protector dan ulangi langkahnya.

7. Upgrade sistem operasi ke versi paling baru

Handphone dapat berjalan secara lancar hingga lebih cepat, sesudah kamu melakukan upgrade sistem operasi smartphone baik iOS ataupun Android. Selain itu, ini juga dapat mengatasi potensi melemahnya kinerja smartphone.

Sesudah mengetahui penyebab HP tidak bisa disentuh, kamu dapat dengan mudah mencari cara memperbaikinya segera. Seusai itu, coba cara ini dan usahakan kamu tidak melakukan kesalahan saat implementasi dengan cara tersebut.

8. Cek dan bersihkan penggunaan RAM

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kapasitas RAM yang penuh bisa memengaruhi sistem di HP. Salah satunya ialah layar berwarna hitam, padahal HP pada kondisi menyala.

Solusinya, kamu dapat menutup beberapa aplikasi yang berjalan pada background apabila dirasa kurang penting, atau uninstall sekalian.

Selain itu, kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih Android contohnya CCleaner, Nox Cleaner, atau Clean Master supaya membersihkan RAM. Dapat juga dengan melakukan force stop di HP.

9. Melakukan factory reset

Cara mengatasi touchscreen tidak bisa disentuh lainnya ialah dengan factory reset. Namun, cara ini dapat menghapus data-datamu yang ada pada HP, sehingga lebih baik kamu melakukan back up data terlebih dulu.

Kamu dapat mengikuti langkah-langkahnya secara mudah, baik lewat menu Pengaturan ataupun masuk ke Recovery Mode. Sesudah kamu menyelesaikan prosesnya, maka HP milikmu bisa restart dengan sendirinya dan kembali pada settingan awal atau bawaan pabrik.

10. Matikan HP sementara

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Apabila kamu telah memaksa berhenti aplikasi yang hendak ditutup tetapi layar tetap tidak responsif, maka kamu harus mematikan HP dalam beberapa saat.

Tujuan dari hal ini ialah mendinginkan HP yang terkena panas berlebih. Memang terdapat beberapa touchscreen HP yang tidak dapat berfungsi dengan optimal apabila suhunya terlalu tinggi.

Apabila handphone kamu baterai tanam, kamu dapat coba menekan tombol power sekitar 3 hingga 5 menit. Cara ini juga berlaku bagi merek HP lainnya.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya