13 Cara Mengatasi Tangan Panas seperti Terbakar, Tak Perlu Repot

"Tak hanya karena cabai, tangan panas juga disebabkan dengan faktor lainnya."

Life | 31 January 2022, 14:35
13 Cara Mengatasi Tangan Panas seperti Terbakar, Tak Perlu Repot

Aktivitas memasak tidak jauh dengan hal memotong, mengupas, dan meracik. Tidak jarang, tangan merasa pedas maupun panas ketika usai memotong atau mengulek cabai. Dengan begitu, terdapat cara mengatasi rasa pedas pada tangan memakai bahan-bahan alami. Tangan yang rasanya 'kebas' walau sudah dicuci berulang-ulang rasanya memang tak nyaman.

Selain itu, juga aroma 'cabai' yang cukup kental tidak dapat hilang dari penciumanmu. Nyatanya, mencuci menggunakan sabun saja tak cukup guna mengatasi rasa panas pada tangan akibat cabai.

Sebelum mengetahui cara mengatasi tangan panas seperti terbakar, kamu perlu tahu penyebabnya seperti:

- Eksem

- Diabetes

- Alergi obat

- Dermatitis kontak

- Sirosis bilier primer

- Carpal tunnel syndrome

Nah, kamu dapat mengatasi tangan panas seperti terbakar dengan cara:

1. Rendam memakai air susu

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Susu sudah lama dipercaya sebagai penghilang rasa pedas pada mulut sesudah makan cabai. Nyatanya, susu juga dapat membantu mengatasi kulit yang terasa panas juga.

Studi pada IOP Publishing menjelaskan bahwa lemak pada susu dapat membantu memecah minyak lada dan memberi rasa 'nyaman' dalam sementara waktu. Protein kasein yang ditemukan di susu juga bisa mengikat zat pedas capsaicin dan mengatasinya.

Pakai susu dingin dan tinggi lemak guna hasil yang efektif. Kamu tidak perlu ragu dalam merendam tangan pada susu dalam beberapa menit. Rendaman susu tak mungkin mengakibatkan kerusakan di kulit.

2. Saus tomat

Cara mengatasi tangan panas adalah dengan saus tomat. Kamu dapat merendam tanganmu pada saus tomat sekitar 15 menit guna mengatasi rasa panas ini, lalu cuci sampai bersih.

3. Gel lidah buaya

Rasa kulit terbakar karena cabai seperti terbakar akibat terkena sinar matahari. Dengan begitu, cara mengatasi tangan panas dapat dengan mengaplikasikan lidah buaya.

Dari tanaman lidah buaya alami, sampai produk kecantikan yang memiliki kandungan aloe vera. Kamu bisa mengoleskan beberapa gel lidah buaya pada luka yang panas.

Lidah buaya bisa meningkatkan sirkulasi darah dan memberikan rasa dingin terhadap kulit. Apabila terdapat indikasi alergi sebab tumbuhan lidah buaya, seharusnya dijauhi ya.

4. Sabun cuci piring

Nyatanya, sabun cuci piring dipercaya lebih berperan untuk mengatasi rasa panas pada tangan. Kini banyak produk sabun cuci piring yang bisa melarutkan minyak terhadap sesuatu contohnya cabai.

Cara ini dikenal lebih ampuh dibandingkan sabun cuci tangan biasa. Sesudah memotong cabai atau paprika, pakai sabun cuci piring guna membersihkan tangan sampai bersih. Apabila sekali basuhan tidak cukup, lakukan berkali-kali untuk cara mengatasi tangan panas.

5. Minyak sayur

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Minyak goreng atau minyak sayur diyakini bisa melarutkan minyak untuk cabai panas. Cara mengatasi tangan panas dapat dengan menggosokkan minyak pada seluruh telapak tangan.

Diamkan sampai menyerap, lalu bersihkan menggunakan air mengalir. Tekstur licin di tangan memang cukup mengganggu sesudahnya. Akan tetapi, ini dapat 'mengatasi' aroma pedas dan rasa panas pada tangan.

6. Pakai pasta soda kue

Kamu juga dapat memakai adonan berbentuk pasta kental dari campuran soda kue dan air. Aplikasikan pasta soda kue ini pada daerah yang rasanya panas, tunggu sampai mengering setelah itu bersihkan.

7. Larutan alkohol

Cara mengatasi tangan panas berikutnya adalah dengan larutan alkohol. Melansir The Conservasation, minyak cabai dan capsaicin dapat lebih larut pada alkohol dibandingkan dengan air biasa.

Hal ini dapat memanfaatkan produk yang mengandung alkohol padanya. Contohnya alkohol murni, hand sanitizer dengan alkohol hingga minuman dengan kadar alkohol. Aroma menyengat pada alkohol dapat membantu tangan guna mengatasi rasa 'pedas' dan panas.

8. Produk pemutih

Sedikit lebih ekstrem, namun dapat menjadi salah satu cara mengatasi tangan panas. Senyawa pedas capcasin dalam cabai akan menempel pada jari tangan selama berjam-jam. Produk pemutih dapat mengatasi tangan panas dengan melarutkan pada air, lalu mudah dibersihkan memakai air. Usahakan produk pemutih yang digunakan aman dan tidak mengakibatkan iritasi saat dipakai.

9. Baking soda

Menggunakan baking soda di rumah sebagai cara mengatasi tangan panas. Tekstur kental pada baking soda yang sudah dikombinasikan air mampu mengatasi tangan panas.

Tunggu tangan sampai mengering sebelum dibersihkan. Pakai ini dengan berkala agar memperoleh hasil yang lebih efektif sebagai cara mengatasi tangan panas.

10. Es krim

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Cara mengatasi tangan panas dapat menggunakan es krim, lho. Produk apa saja yang terdapat susu yang membantu meringankan panas secara alami. Rasa dingin dari es krim menyebabkan tangan terasa lebih 'nyaman' sesudahnya. Produk susu dengan bahan kimia kasein yang bisa 'memerangi' dampak capsaicin cabai dengan melepaskannya pada pusat reseptornya di kulit.

11. Susu dan yoghurt

Susu memang menjadi bahan yang dapat membantu mengatasi tangan panas. Ternyata, mengkombinasikan yoghurt dapat menjadi pasangan yang menarik. Caranya kamu dapat merendam tangan yang terasa 'panas' pada susu atau yoghurt hingga sensasi terbakar menghilang. Kamu dapat menggunakan yoghurt plain yang tidak terdapat perasa atau original.

12. Santan

Santan juga terutama salah satu bahan penghilang panas tangan. Kadang santan dipakai sebagai tambahan dalam membuat soto maupun masakan lainnya. Akan tetapi, bahan satu ini dikenal juga berfungsi dalam mengatasi tangan panas. Santan bekerja begitu baik dalam mengatasi kulit yang terasa terbakar dan mengatur tingkat panas.

13. Gula

Gula juga dapat digunakan sebagai cara mengatasi tangan panas yang terakhir. Gula bisa mengatasi rasa panas pada kulit. Kamu cukup siapkan gula secukupnya dan taburkan ke kulit yang terasa panas. Tunggu beberapa menit dan bersihkan menggunakan air mengalir.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya