7 Cara Mengatasi HP Ngeblank, Ketahui Penyebabnya

"Handphone merupakan kebutuhan teknologi yang dapat memudahkan berkomunikasi, dan tidak dapat berfungsi dengan baik ketika ngeblank."

Tech | 31 January 2022, 15:08
7 Cara Mengatasi HP Ngeblank, Ketahui Penyebabnya

Kondisi HP ngeblank dapat membuat penggunanya kebingungan, pasalnya layar HP gelap tetapi mesin hp menyala. Tentunya kondisi ini sangat membingungkan, dan membuat penggunanya panik. Masalah ini dapat muncul karena software atau hardware HP sedang terjadi masalah atau kesalahan dalam pengoperasiannya.

Biasanya kondisi ini dapat menimbulkan kondisi mesin yang sangat panas. Hal ini biasanya dapat diatasi dengan merestart kembali, kondisi ini dapat membuat data diseluruh HP menghilang. HP blank juga dapat terjadi karena penggunaan secara terus menerus oleh penggunanya. Bagi para pengguna tentunya sangat penting untuk mengetahui penyebabnya.

Selain itu HP ngeblank juga ditandai dengan layar yang hanya nyala berwarna putih tidak mengeluarkan gambar apapun. Namun kondisi ini tidak selamanya menandakan adanya kerusakan pada HP atau perangkatnya. Biasanya kondisi ini juga dapat teratasi dengan mudah, yaitu dengan diistirahatkan selama beberapa menit.

Tentunya banyak faktor juga yang dapat menyebabkan HP ngeblank, selain beberapa kondisi di atas juga dapat disebabkan oleh terlalu banyak aplikasi yang dipasang. Pemasangan aplikasi di HP yang tidak memperhatikan kapasitas RAM dapat memicu HP ngeblank.

Mengenal penyebab HP ngeblank

Banyak sekali faktotr yang menjadi pemicu terjadinya HP ngeblank, seperti yang sudah disebutkan di atas. Namun juga ada beberapa penyebab lainnya yang perlu diketahui, untuk mengatasinya.

Daun.id

sumber; pexels


Berikut ini penyebab terjadinya HP ngeblank :

- Penggunaan HP dengan mengecas, peningkatan suhu yang sangat tinggi dapat terjadi pada saat penggunaan HP dengan mengisi ulang baterai. Terutama pada saat ngecas bersamaan dengan penggunaan aplikasi yang berat.

- Penuhnya ruangan memori internal, seringkali muncul pemberitahuan atau notifikas ketika ruangan penyimpanan internal penuh. Jika hal ini terjadi, pengguna HP juga tidak bisa menginstal aplikasi lagi.

- Baterai rusak, kondisi ini dapat membuat layar HP tidak muncul gambar atau hanya muncul hitam gelap. Hal ini dapat terjadi karena akibat kerusakan pada baterai.

- Kerusakan pada komponen/part, kondisi ini dapat memicu terjadinya ngeblank. Hal ini terjadi dapat disebabkan oleh kerusakan LCD/layar HP akibat terjatuh atau terendam oleh air.

- Penggunaan aplikasi banyak secara bersamaan, kondisi ini tentunya harus memperhatikan kapasitas RAM. Jika tidak, dapat menyebabkan RAM keberatan sehingga kondisi ini dapat membuat HP panas dan ngeblank.

- Sistem operasi yang tidak sesuai, update sistem operasi yang tidak kompatibel dengan HP dapat mengakibatkan layar HP ngeblank. Pada kasus ini seringkali menyebabkan HP mati secara total.

- Bermain game secara terus menerus, penggunaan game yang secara terus menerus dapat membuat kinerja ponsel secara berlebihan. Hal ini dapat membawa dampak HP menimbulkan suhu panas dan menyebabkan HP ngeblank.

Itulah beberapa hal yang menjadi pemicu terjadinya HP ngeblank. Kenalilah beberapa penyebab di atas, sehingga dapat melakukan pencegahan HP ngeblank, dan memudahkan untuk mencari cara mengatasi HP ngeblank.

Cara mengatasi HP ngeblank

Jika sedang mengalami HP ngeblank, ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Caranya juga harus memperhatikan atau mencari penyebanya terlebih dahulu. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi HP ngeblank.

Berikut ini cara mengatasi HP ngeblank :

1. Melepas kartu memori, baterai, dan kartu SIM

 Daun.id

sumber; pexels


Dengan cara melepas tiga perangkat tersebut, tentunya dapat membuat pengguna membongkar HP. Sehingga dapat mengetahui kerusakan yang terjadi pada HP. Pasalnya ketiga perangkat tersebut dapat mudah rusak ketika sedang terjadi ngeblank. Cara ini tentunya mudah untuk dilakukan dengan siapa saja.

2. Membersihkan cache

 Daun.id

sumber; pexels


Cache yang dibiarkan menumpuk pada penyimpanan dapat memicu kestabilan kinerja HP. Sehingga dapat menjadi salah satu pemicu HP ngeblank. Cache dapat dihapus dengan menggunakan fitur bawaan dari HP. Membersihkan cache dapat mengatasi HP ngeblank.

3. Mereflash HP ngeblank

 Daun.id

sumber; pexels


Salah satu cara yang bisa dilakukan ialah dengan melakukan flash HP yang terjadi ngeblank. Hal ini ketika sudah mengotak atik hp namun tidak menemukan perkembangan. Cara ini digunakan ketika sudah mentok, cara ini dapat dilakukan dengan meminta bantuan tukang service HP. Flash HP dapat mengatasi HP ngeblank.

4. Restart ulang HP

Melakukan reset pada HP sesuai dengan setelan ulang pabrik juga dapat mengatasi HP ngeblank. Namun mengembalikan HP ke setelan ulang dapat menyebabkan beberapa data menghilang. Oleh sebab itu, sebelum melakukan cara ini pindahkan penyimpanan terlebih dahulu. Reset HP ulang dapat mengatasi HP ngeblank.

5. Pindai virus HP

Virus yang terdapat di dalam HP dapat menjadi salah satu pemicu HP ngeblank. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan fitur bawaan yang tersedia oleh HP bawaan atau dengan menginstal dari play store. Selain itu juga dapat memasang aplikasi anti virus pada HP, sehingga dapat mengatasi HP ngeblank.

6. Melegakan ruang penyimpanan

 Daun.id

sumber; pexels


Salah satu penyebab terjadinya ponsel HP ngeblank ialah karena penuhnya ruang penyimpanan. Sehingga kinerja ponsel menjadi lebih berat, untuk mengatasi kondisi ini sisakan ruang yang lebih lega. Sehingga dapat membantu mengatasi HP ngeblank.

7. Restart paksa HP

 Daun.id

sumber: pexels

 
Ketika HP sedang ngeblank dapat membuat layar HP tidak bisa difungsikan dengan baik. Jika HP sudah tidak bisa difungsikan akibat ngeblank maka lakukan restart secara paksa. Cara ini dapat dilakukan secara sederhana dan membuat HP memulai ulang. Cara ini diakui sebagian orang merupakan cara yang efektif mengatasi HP ngeblank.
 
Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi HP ngeblank. Jika beberapa cara di atas masih belum dapat mengatasi HP ngeblank. Jangan ragu untuk meminta bantuan tukang service, sehingga HP ngeblank dapat teratasi.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya