6 Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul Mudah, Harus Anda Coba

"Saat data seluler Anda tidak muncul, biasanya itu cukup menjengkelkan. Berikut ini adalah cara mengatasi data seluler tidak muncul."

Tech | 08 February 2022, 15:52
6 Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul Mudah, Harus Anda Coba

Data seluler merupakan sebutan untuk sejumlah koneksi internet yang disediakan oleh penyedia jaringan internet atau provider. Sebagian orang menyebutnya internet seluler. Tentunya data seluler ini berbeda dengan wifi, wifi akan dapat tersambung ke internet melalui router.

Data seluler yang diperoleh melalui provider ini dapat di gunakan lebih luas dan lebih fleksibel ketimbang wifi yang hanya dapat terkoneksi secara lokal. Lokal maksudnya adalah hanya dalam jangkauan routerlah perangkat dapat tersambung internet. Sementara data seluler dapat diakses dimana pun berada selama masih terjangkau sinyal dari provider yang digunakan.

Jika Anda mengakses internet melalui HP, tentunya akan menggunakan salah satu dari keduanya.

Meskipun menggunakan data seluler lebih fleksibel ketimbang wifi karena dapat digunakan dimana-mana, ada beberapa hal yang menjadi kekurangan dari sata seluler. Kekurangan dari data seluler ini salah satunya adalah biaya yang dikeluarkan lebih banyak.

Tidak hanya itu, data seluler ini biasanya dapat mengalami eror atau sinyalnya akan menghilang. Sebabnya adalah jaringan dari provider yang Anda gunakan tidak menjangkau wilayah yang Anda kunjungi.

Penyebab Data Seluler tidak Muncul
Sebelum Anda mengatasi masalah ini, sebelumnya Anda perlu mengetahui apa saja penyebab dari data seluler tidak muncul ini.

Berikut adalah penyebab data seluler tidak muncul, antara lain:

- Belum Registrasi Kartu SIM
Saat data seluler tidak muncul, mungkin Anda belum melakukan registrasi pada kartu SIM yang Anda digunakan. Atau, Anda telah melakukan registrasi namun belum tuntas. Akhirnya kartu SIM sudah memunculkan sinyal tapi tidak dapat digunakan untuk mengakses internet.

- Tidak Ada Sinyal
Penyebab selanjutnya adalah karena perangkat tidak dapat menjangkau sinyal dari provider, penyebabnya tidak lain adalah karena berada di tempat yang minim sinyal. Karena itulah data seluler tidak muncul pada perangkat Anda.

- Gangguan dari Operator

Data seluler disediakan oleh perusahaan penyedia jaringan. Nah, apabila gangguan terjadi pusat jaringan, maka akan menyebabkan data seluler tidak dapat muncul pada perangkat Anda.

- Kerusakan pada Hardware
Penyebab data seluler tidak muncul selanjutnya adalah karena terjadi kerusakan pada hardware perangkat Anda. Jika hal ini yang terjadi, maka tidak ada pilihan lain selain membawa smartphone kamu ke service center untuk memperbaiki kerusakannya.

- APN yang Hilang atau Berubah

Bisa jadi APN yang kosong menjadi salah satu penyebab data seluler kamu tidak muncul. APN atau Access Point Names adalah sarana yang digunakan oleh penyedia operator seluler untuk menghubungkan smartphone ke jaringan internet.

Seharusnya, APN ini sudah ada secara otomatis dan terhubung di perangkat, namun mungkin Anda lupa pernah melakukan sesuatu sehingga APN menjadi hilang. Perangkat harus terhubung pada APN seperti contoh Smartfren, Indosat Ooredoo, atau yang lainnya.

Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul
Setelah Anda mengetahui penyebab-penyebab dari data seluler yang tidak muncul, ini tentunya akan memudahkan Anda untuk mengatasi hal tersebut.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi data seluler tidak muncul, antara lain:

1. Pastikan Data Seluler Aktif

Daun.id

istimewa

Saat data seluler tidak muncul, barangkali Anda lupa mengaktifkannya. Saat Anda ingin menggunakan internet, Anda harus memiliki kuota internet dan mengaktifkan data seluler.

Sebagian orang terkadang lupa untuk mengisi ulang data seluler dan mengaktifkan data seluler. Jadi pastikan dulu sebelum berselancar di dunia internet.

2. Setel Ulang Jaringan

Daun.id

istimewa

Salah satu cara sederhana yang dapat Anda lakukan adalah memasukkan SCRTN atau kode khusus yang berguna mengatur ulang jaringan pada perangkat. Namun, kode ini hanya berfungsi untuk perangkat yang menggunakan jaringan CDMA.

Untuk smartphone Google Pixel, pengguna bisa memasukkan kode *#*#72786#*#*. Pengguna ponsel Nexus 5, Nexus 6, Moto G5 bisa menggunakan kode #*#*72786#*#*. Sementara untuk perangkat Android lainnya bisa menggunakan kode ##72786#.

3. Setel Ulang APN
Access Point Names (APN) merupakan sarana penyedia jaringan seluler yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat pengguna ke internet. APN ini mengatur perangkat dengan semua pengaturan penting seperti alamat IP dan gateway untuk membuat perangkat pengguna terhubung.

Berikut adalah cara mengatur APN:
Buka menu Settings >> Mobile Data / Wireless Controls / Wireless & Networks >> ketik Mobile Networks >> Access Point Names. Pengguna akan melihat daftar APN. Ketuk ikon menu di kanan atas lalu pilih Reset to default.

4. Mode Pesawat

Daun.id

istimewa

Mode pesawat berguna untuk memancing atau merefresh sinyal jaringan. Hidupkan mode pesawat dan tunggu 30 detik lalu matikan mode pesawat. Jika jaringan belum juga kembali, hidupkan kembali mode pesawat, matikan ponsel, tunggu sebentar lalu hidupkan kembali ponsel, matikan mode pesawat, kemudian hidupkan data seluler.

5. Restart HP
Merefresh perangkan dapat Anda coba untuk mengatasi masalah ini, mungkin perangkat Anda perlu diistirahatkan agar smartphone berjalan normal kembali.

Sebagai contoh, Anda pasti sudah pernah melakukan registrasi kartu, saat kalian sudah menyelesaikan registrasi pasti akan disuruh merestart hp. Hal ini bertujuan sama untuk merefresh jaringan pada perangkat.

6. Ganti Kartu SIM

Daun.id

pixabay.com

Setelah menggunakan cara-cara di atas, mungkin Anda perlu mengecek kondisi kartu SIM Anda di dalam perangkat. Mungkin saja terjadi kerusakan pada kartu SIM yang Anda miliki.

Coba cek kerusakan kartu dengan memasukan kartu SIM ke smartphone yang berbeda. Apabila data seluler di hp lain dapat muncul sudah di pastikan slot kartu SIM hp kalian rusak, jika tidak berarti kartu SIM Anda yang rusak.

Cara mengatasinya adalah, kalian datang ke kantor pusat atau kantor cabang provider kalian, dengan membawa data diri seperti KTP dan kartu keluarga (KK).

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan berjalan dengan baik. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Jika masih single, ada kemungkinan Anda akan bertemu seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Taurus Selengkapnya