Wajah Kendur? Wanita Ini Buktikan Cara Ampuh Tanpa Serum Antiaging, Hanya dengan 3 Bahan Alami!

"Munculnya tanda penuaan kulit seperti kerutan dan kulit kendur dapat menurunkan kepercayaan diri. Namun, seorang wanita membuktikan bahwa ada cara ampuh mengatasi masalah ini tanpa menggunakan serum a..."

Life | 26 March 2024, 15:14
Wajah Kendur? Wanita Ini Buktikan Cara Ampuh Tanpa Serum Antiaging, Hanya dengan 3 Bahan Alami!

Berbagai tanda penuaan kulit seperti kulit keriput, kerutan, garis halus, kulit kendur, hingga flek hitam, cukup mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri seseorang. Munculnya tanda penuaan tersebut terjadi saat seseorang mulai menua atau memasuki usia 30 tahun ke atas. Sebelum menjadi keriput dan kulit mengendur, biasanya akan muncul garis-garis halus terlebih dahulu di beberapa area wajah.

Garis halus ini akan semakin jelas dan dalam hingga berubah menjadi kerutan. Kondisi ini akan terlihat saat seseorang berekspresi, seperti tersenyum, mengernyitkan dahi, dan memicingkan mata. Beberapa bagian wajah yang biasanya mengalami kondisi ini adalah area mata, bibir, dahi, dan pipi. Munculnya kerutan dan mengendurnya wajah disebabkan oleh menurunnya kadar elastin dan kolagen pada jaringan kulit.

Padahal kedua komponen tersebut yang berperan penting dalam menjaga kulit tetap kencang dan elastis. Namun seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk meregenerasi kulit juga ikut menurun, sehingga kulit akan mudah mengalami kerusakan dan penuaan. Selain karena faktor usia, wajah kendur juga disebabkan oleh faktor lain, seperti paparan sinar matahari yang berlebih, polusi, perubahan cuaca, kulit kering atau dehidrasi, hingga gaya hidup yang kurang sehat.

Beberapa faktor tersebut dapat merusak kolagen dan menghambat regenerasi kulit. Proses ini memang tidak dapat dihindari, namun bukan berarti kamu tidak bisa mengatasinya, lho. Untuk menjaga kekencangan kulit, beberapa orang memilih menggunakan produk perawatan kulit atau skincare, melakukan perawatan di klinik kecantikan, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami.

Salah satu produk skincare yang biasa digunakan untuk mengatasi wajah kendur adalah serum antiaging. Serum antiaging sendiri merupakan produk perawatan wajah yang berupa cairan dengan berbagai kandungan aktif di dalamnya. Biasanya kandungan aktif tersebut akan bertindak sebagai kolagen booster atau nutrisi yang mampu mencegah dan menunda proses penuaan kulit. Meski efektif, namun tak semua orang cocok menggunakan serum antiaging yang dijual di pasaran.

Selain harganya yang relatif mahal, kandungan aktif di dalam serum antiaging juga terkadang justru dapat mengiritasi kulit, terutama bagi pemilik kulit sensitif. Solusi lainnya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami, seperti yang dibagikan oleh pengguna akun TikTok pribadinya @camy.hati. Lewat unggahan yang dibagikan pada 28 Februari 2024, ia membagikan cara atasi wajah kendur cuma pakai 3 bahan alami, yakni bunga sepatu kering, air mawar, dan tepung maizena.

Bunga sepatu atau hibiscus flower adalah salah satu jenis bunga yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan rambut serta kulit. Salah satu manfaatnya adalah mengatasi penuaan kulit wajah dan membuatnya lebih kencang. Manfaat tersebut berkat kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi di dalamnya. Kedua kandungan tersebut dapat merangsang pembentukan kolagen dalam tubuh, sehingga akan membuat kulit wajah tetap sehat, kencang, awet muda, dan bercahaya.

Begitupun dengan air mawar yang tak hanya bermanfaat untuk melembapkan kulit saja, tetapi juga ampuh mencegah munculnya keriput dan berbagai tanda penuaan pada wajah. Dilansir dari Healthline, air mawar memiliki efek antipenuaan sehingga dapat bertujuan untuk mengurangi kerutan dan wajah kendur berkat kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya.

Tepung maizena atau tepung jagung juga merupakan salah satu bahan alami yang kerap digunakan saat memasak. Meski begitu, tepung jagung juga memiliki manfaat untuk mengencangkan wajah dan mengatasi kerutan. Pasalnya, bahan alami ini mengandung sejumlah protein yang dapat membantu meningkatkan kolagen dan menunda munculnya tanda penuaan. Selain itu, kandungan vitamin A di dalamnya berfungsi untuk menyamarkan bintik hitam akibat hiperpigmentasi dan garis halus. Ketiga bahan alami tersebut bisa kamu jadikan sebagai masker wajah yang dipercaya dapat mengatasi wajah kendur dan membuat kamu jadi tampak awet muda.

Bahan:
- 1 cup bunga sepatu kering
- Air panas secukupnya
- 2 sendok makan tepung maizena
- Air mawar secukupnya

Cara membuat dan menggunakan:
1. Seduh bunga sepatu kering menggunakan air panas
2. Aduk-aduk kemudian diamkan selama 10 menit
3. Setelah 10 menit, saring dan ambil airnya saja
4. Tuangkan pada panci dan tambahkan air mawar serta tepung maizena
5. Panaskan menggunakan api kecil sembari terus diaduk hingga teksturnya kental
6. Matikan kompor dan diamkan sampai dingin
7. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan bersih dari kotoran serta sisa makeup
8. Aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh
9. Diamkan selama 20 menit atau sampai kering
10. Bilas menggunakan air sampai bersih
11. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
12. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk hasil yang optimal.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Juni 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam kehidupan percintaannya. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan dapat mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang jelas untuk mengatasi masalah. Bagi yang masih single, ada kemungkinan munculnya seseorang yang menarik perhatian dan dapat menjadi pasangan potensial.



Gemini Selengkapnya