Windows 11: Bikin, Pakai, dan Atur Passkey Anti Phishing yang Mantap!

"Pelajari cara membuat, menggunakan, dan mengelola passkey di Windows 11 yang lebih aman dari serangan phishing."

Tech | 26 March 2024, 20:01
Windows 11: Bikin, Pakai, dan Atur Passkey Anti Phishing yang Mantap!

Kunci sandi (passkey) adalah alternatif untuk kata sandi (password) akun situs web atau aplikasi. Saat membuat passkey dengan situs atau aplikasi favorit, kamu dapat menggunakan metode autentikasi perangkat untuk masuk ke situs atau aplikasi tersebut.

Misalnya, dengan Windows 11, kamu dapat menggunakan fungsionalitas Windows Hello untuk masuk ke berbagai layanan. Ini berarti kamu dapat menggunakan PIN, pengenalan wajah, atau pemindaian sidik jari untuk masuk ke beberapa layanan dan aplikasi.

Passkey memiliki banyak keunggulan dibanding kata sandi. Yang utama adalah, tidak seperti kata sandi, sangat tidak mungkin untuk mencuri passkey. Keuntungan lainnya adalah passkey hampir sepenuhnya kebal terhadap phishing. Relatif mudah untuk mengelabui manusia agar memasukkan kata sandi di situs web palsu, tetapi passkey tidak mudah dibodohi.

Banyak situs dan aplikasi popular mendukung passkey, karena ini adalah cara cepat dan nyaman untuk masuk. Beberapa layanan yang mendukung fitur ini adalah Adobe, Amazon, Apple, Google, LinkedIn, Microsoft, WhatsApp, X (sebelumnya Twitter).

Cara membuat dan menyimpan passkey ke PC Windows 11

Untuk membuat dan menyimpan passkey, pertama-tama kamu harus mengunjungi situs web atau pengaturan akun aplikasi favorit. Dari sana, kamu akan membuat passkey dan kemudian menyimpannya ke PC. Begini caranya.

  1. Mulailah dengan meluncurkan browser web Chrome, Firefox, Edge, atau Brave di PC. Buka situs Akun Saya Google dan masuk ke akun kamu.
  2. Setelah masuk, dari bilah sisi kiri, pilih "Keamanan." Di panel kanan, gulir ke bawah ke bagian "Cara Anda Masuk ke Google" dan pilih "Kunci Sandi dan Kunci Keamanan."
  3. Google kemungkinan akan meminta kamu memasukkan kata sandi akun kamu. Lakukan dan lanjutkan.
  4. Saat halaman berikut terbuka, di bagian atas, klik "Buat Kunci Sandi."
  5. Kamu akan melihat prompt "Keamanan Windows". Autentikasi diri kamu menggunakan PIN, pengenalan wajah, atau pemindaian sidik jari.
  6. Kamu akan melihat pesan "Kunci Sandi Disimpan" yang mengonfirmasi bahwa kunci sandi untuk akun Google kamu telah dibuat dan disimpan ke PC kamu. Tutup jendela dengan memilih "OK".

Cara menggunakan passkey untuk masuk ke situs atau aplikasi

Untuk menggunakan passkey untuk masuk ke situs atau aplikasi, akses halaman masuk item tersebut dan pilih passkey, bukan kata sandi. Berikut cara melakukannya untuk akun Google.

  1. Luncuran Google.com dan klik "Masuk" di pojok kanan atas.
  2. Masukkan nama pengguna akun Google kamu dan klik "Berikutnya."
  3. Pada halaman kata sandi, klik "Coba Cara Lain" untuk melihat opsi alternatif.
  4. Pilih "Gunakan Kunci Sandi Anda" untuk menggunakan kunci sandi yang disimpan untuk masuk ke akun kamu.
  5. Pilih "Lanjutkan" dan Google akan memicu perintah "Keamanan Windows".
  6. Di prompt "Keamanan Windows", pilih PIN, pengenalan wajah, atau metode autentikasi pemindaian sidik jari.
  7. Setelah kamu mengautentikasi diri sendiri, kamu akan masuk ke akun kamu.

Cara melihat dan menghapus passkey di Windows 11

Jika kamu ingin melihat passkey yang telah disimpan, atau kamu ingin menghapus passkey tertentu, gunakan Pengaturan. Begini caranya.

  1. Buka Pengaturan menggunakan Windows+i. Di bilah sisi kiri, klik "Akun." Di panel kanan, pilih "Pengaturan Passkey."
  2. Pada halaman "Passkey", kamu akan menemukan daftar paskey yang disimpan. Untuk mengambil paskey tertentu, gunakan kotak pencarian di bagian atas.
  3. Untuk menghapus passkey tertentu, klik tiga titik di sebelah item tersebut dan pilih "Hapus Passkey."
  4. Di prompt buka, konfirmasikan tindakan kamu dengan memilih "Hapus."

Windows 11 telah menghapus passkey yang dipilih dari database. Kamu tidak dapat masuk lagi ke situs atau aplikasi tersebut menggunakan metode autentikasi PC, tetapi kamu selalu dapat membuat ulang kunci sandi yang diperlukan.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya