Khutbah Jumat: Manfaatkan Ramadhan untuk Jaga Lingkungan Tetap Asri

"Khutbah Jumat kali ini mengangkat tema pelestarian lingkungan dan manfaatkan bulan Ramadhan untuk menjaga keasrian lingkungan sekitar."

Life | 28 March 2024, 13:10

Menjaga dan merawat lingkungan merupakan tugas manusia selaku mahluk Ilahi yang berakal. Terlebih pada bulan Ramadhan di mana budaya komsumtif cenderung dominan dibanding budaya produktif. Belanja pada bulan ini tampak lebih ramai ketimbang bulan-bulan sebelumnya. Jika dicermati, budaya konsumtif ini berkaitan erat dengan lingkungan yang kerap terkena dampaknya. Karenanya, khutbah Jumat kali ini mengangkat tema pelestarian lingkungan.

Materi khutbah Jumat ini berjudul: "Khutbah Jumat: Ramadhan Momentum Lestarikan Lingkungan". Ramadhan merupakan bulan yang dikenal sebagai momen menahan diri dari berbagai macam perbuatan, baik perbuatan mubah maupun perbuatan haram. Konsekuensi dari perbuatan mubah yang tidak ditahan adalah pembatalan ibadah puasa, sedangkan perbuatan haram akan mengurangi pahala puasa. Selain itu, perbuatan yang mencemari lingkungan juga perlu diperhatikan selama bulan Ramadhan. Keindahan alam Indonesia sebagai anugerah Allah tidak boleh sampai ternodai oleh tangan-tangan kita yang sedang melaksanakan ibadah puasa. Oleh karena itu, dalam momentum bulan Ramadhan ini, kita perlu mengontrol tindakan kita agar tidak mencemari lingkungan sekitar. Hal ini penting untuk menjaga kelestarian alam dan menciptakan keseimbangan antara manusia dan lingkungan. Melalui khutbah Jumat ini, diharapkan kita semua dapat memanfaatkan bulan Ramadhan untuk menjaga lingkungan tetap asri dan terjaga kelestariannya.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 27 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya