Hilangkan Flek Hitam dengan Tepung Tanpa Tomat, Tips dari Beauty Vlogger

"Punya flek hitam atau hiperpigmentasi yang muncul di wajah menjadi permasalahan besar yang dihadapi oleh sejumlah orang, terlebih lagi wanita. Bukan tanpa sebab, munculnya flek hitam ini bisa memengar..."

Life | 30 March 2024, 16:06
Hilangkan Flek Hitam dengan Tepung Tanpa Tomat, Tips dari Beauty Vlogger

Punya flek hitam atau hiperpigmentasi yang muncul di wajah menjadi permasalahan besar yang dihadapi oleh sejumlah orang, terlebih lagi wanita. Bukan tanpa sebab, munculnya flek hitam ini bisa memengaruhi penampilan kamu saat tidak menggunakan riasan wajah. Dengan permasalahan tersebut tak heran jika banyak orang memilih untuk menghilangkan flek hitam dengan segera.

Namun sebelum menghilangkan flek hitam, kamu harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Nah, biasanya flek hitam ini cepat muncul karena kulit terlalu sering terpapar sinar matahari. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat merangsang produksi melanin oleh sel-sel kulit sebagai mekanisme perlindungan. Kondisi tersebut dapat menyebabkan flek hitam, terutama pada area wajah yang paling terpapar sinar matahari.

Selain faktor di atas, perubahan hormonal yang terjadi selama masa kehamilan, penggunaan pil kontrasepsi, dan menopause juga bisa menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit wajah. Kemudian trauma pada kulit juga bisa menyebabkan munculnya flek.

Agar wajah kembali cerah dan bebas noda, kamu perlu melakukan perawatan secara rutin. Seperti yang dilakukan oleh seorang beauty vlogger bernama @prakrtis-deepasahni. Dalam video unggahan yang berdurasi beberapa menit, ia menggunakan multani mitti, bubuk kopi, rosewater, susu murni, dan lemon.

Multani mitti merupakan zat seperti tanah liat kaya mineral. Multani mitti memiliki sifat penyerap minyak yang baik, sehingga membantu membersihkan kulit dan mengurangi kemungkinan jerawat. Kandungan mineral dalam multani mitti dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan mengurangi pigmentasi yang tidak merata.

Bubuk kopi mengandung antioksidan dan kafein yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit. Efek pengelupasan ringan dari bubuk kopi dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan memperbaiki tampilan kulit yang kusam.

Sedangkan, air mawar memiliki sifat antiinflamasi dan menenangkan yang dapat membantu meredakan peradangan pada kulit. Kandungan antioksidan dalam air mawar dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Adanya kandungan asam laktat dalam susu bisa mengelupas lapisan kulit mati dan merangsang regenerasi sel-sel kulit baru. Kandungan protein dalam susu juga dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan membuatnya terasa kenyal. Sedangkan asam sitrat dalam lemon berguna sebagai pemutih, sehinga bisa membantu mengurangi pigmentasi pada kulit.

Itulah manfaat dari masing-masing bahan yang bisa kamu dapatkan. Lantas bagaimana cara menggunakan bahan-bahan di atas untuk hilangkan flek hitam? Bagi kamu yang penasaran, yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube @prakrtis-deepasahni, Kamis (28/3).

Bahan:

atasi <strong>flek hitam</strong> di wajah berbagai sumber

- 2 sendok makan multani mitti
- 1 bubuk kopi
- 2 sendok makan rosewater
- 2 sendok makan susu murni
- 1/2 perasan jeruk lemon.

Cara menggunakan:

atasi <strong>flek hitam</strong> di wajah berbagai sumber

1. Siapkan mangkuk bersih
2. Tuangkan multani mitti
3. Campurkan dengan rosewater
4. Tambahkan susu murni
5. Tuangkan perasan jeruk lemon
6. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
7. Masker siap untuk digunakan.

Cara menggunakan:

atasi <strong>flek hitam</strong> di wajah berbagai sumber

1. Pastikan wajah bersih terlebih dahulu
2. Aplikasikan masker ke permukaan wajah secara merata
3. Tunggu kurang lebih 15 hingga 20 menit
4. Bilas wajah menggunakan air biasa
5. Gunakan masker secara rutin untuk mendapatkan hasil yang kamu inginkan.

Multani mitti bantu hilangkan jerawat.

Selain punya kegunaan untuk hilangkan flek hitam, multani mitti ini bisa atasi jerawat. Dilansir dari healthline.com, Kamis (28/3) multani mitti memiliki kemampuan menyerap minyak berlebih dari kulit, sehingga membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi kemungkinan jerawat yang disebabkan oleh penumpukan minyak.

Bahan alami yang punya nama lain tanah liat Fuller's Earth memiliki sifat antiinflamasi, sehingga dapat membantu meredakan peradangan dan kemerahan yang sering terjadi pada jerawat. Kandungan mineral dalam multani mitti dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati, membuka pori-pori, dan mencegah penyumbatan yang dapat menyebabkan jerawat.

  • 1
  • 2
  • Tampilkan Semua


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya