12 Cara Mengatasi Bayi Sungsang agar Posisi Janin Normal

"Menggunakan suara ternyata dapat mengatasi bayi sungsang, lo."

Life | 10 March 2022, 20:26
12 Cara Mengatasi Bayi Sungsang agar Posisi Janin Normal

Selama ada di dalam kandungan, bayi akan terus bergerak dan berputar. Dengan berjalannya waktu, ukuran bayi dapat kian membesar sehingga bayi susah ketika berpindah posisi seusai usia kehamilan memasuki minggu ke-37. Posisi bayi sungsang dapat diketahui lewat pemeriksaan kehamilan atau menggunakan pemeriksaan USG terhadap dokter kandungan di rumah sakit.

Melansir Pregnancy Birth and Baby, kadang tidak jelas alasannya bayi dapat berada pada posisi sungsang, tetapi, beberapa alasan umum berikut ini dapat menjadi penyebabnya.

Contohnya, terlalu banyak atau terlalu sedikit cairan ketuban pada sekitar bayi, kehamilan ganda atau kembar, pengaruh panjangnya tali pusar, fibroid rahim, atau ukuran atau bentuk rahim ibu yang tidak seperti biasa.

Selanjutnya, kamu perlu mengetahui cara mengatasi bayi sungsang yakni seperti:

1. Posisi tidur miring

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Cara mengatasi bayi sungsang selanjutnya adalah dengan melakukan posisi tidur miring. Rue Khosa, praktisi perawat keluarga bersertifikat dan pemilik The Perfect Push, merekomendasikan agar tidur miring menggunakan bantal di antara lutut dan pergelangan kaki, sebagai usaha mengubah posisi bayi yang sungsang.

2. Mengangkat panggul

Kamu dapat mulai mengubah posisi bayi sungsang di dalam kandungan dengan mengangkat panggul sekitar 30 cm dari lantai. Dalam melakukan teknik ini, kamu harus berada dalam posisi telentang dengan lutut ditekuk dan kaki menapak. Olahraga ringan ini dapat dilakukan sekitar 10-15 menit, dalam tiga kali setiap hari. Kamu disarankan memakai bantal guna mengganjal panggulmu, supaya tidak terasa nyeri. Rutin olahraga ketika hamil, misalnya berjalan kaki, juga bisa membantu memperbaiki posisi bayi sungsang.

3. Terapi akupunktur

Terapi akupunktur yang digabung dengan membakar daun atau ramuan, atau disebut terapi moksibusi, ditambah dengan metode lain misalnya External Cephalic Version (ECV), diduga dapat membantu merubah posisi bayi sungsang. Terapis akan menusuk jarum akupunktur ke ujung jari kelingking. Cara ini diyakini bisa merangsang pergerakan bayi di dalam kandungan agar bisa kembali ke posisi yang seharusnya. Namun sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis kandungan sebelum melakukan metode alternatif ini.

4. Terapi hipnosis

Terapi hipnosis dilakukan dapat membuatmu menjadi tenang, rileks, dan fokus dengan memberikan sugesti pada alam bawah sadarmu. Menurut penelitian, posisi bayi dapat diubah apabila ibu hamil kadang melakukan terapi ini ketika usia kehamilan memasuki minggu ke-37 hingga ke-40. Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter agar memperoleh rekomendasi ahli hipnoterapi yang berkompetensi.

5. Memutar musik di tulang kemaluan

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Cara mengatasi bayi sungsang dengan memutar musik di tulang kemaluan. Terdapat rangsangan tertentu bagi bayi yang dapat bereaksi hingga di dalam rahim. Jika kamu memainkan musik atau menyorotkan senter di dekat tulang kemaluan, bayi bisa tertarik menuju arah rangsangan dan memposisikan diri di posisi yang tepat.

Teknik Webster merupakan teknik kiropraktik di mana tubuh disesuaikan agar mengendurkan ketegangan yang mungkin menahan panggul pada posisi kaku dan tidak nyaman.

6. Gerakan sujud

Cara mengatasi bayi sungsang selanjutnya adalah dengan sujud. Berolahraga termasuk teknik yang eektif dalam mengubah posisi calon bayi menuju arah yang benar.

Beberapa jenis olahraga yang direkomendasikan bagi ibu hamil, supaya anaknya tidak lahir sungsang ialah yoga dan berenang. Berenang dipercaya mempunyai risiko rendah, sebab tidak memberi tekanan yang terlalu besar terhadap persendian maka cocok dalam menguatkan otot sampai mengubah posisi bayi yang sungsang.

Dengan melakukan gerakan sujud (menungging) dengan rutin sekitar 5-10 menit, dalam 3-5 kali sehari supaya posisi kepala bayi di bawah. Hindari membenarkan posisi sungsang janin dengan melakukan pijat tradisional sebab risiko yang sangat membahayakan bagi janin.

7. Inversi condong ke depan

Cara mengatasi bayi sungsang berikutnya ialah melakukan posisi inversi condong ke depan. Ini merupakan postur yang disarankan terhadap semua wanita hamil dalam mengubah posisi bayi sungsang dan memperoleh posisi janin yang tepat ketika mendekati tanggal persalinan.

Dalam 10 sampai 15 menit sebelum tidur, atau ketika menonton TV, istirahatlah pada child pose (misalnya yoga) atau goyangkan tangan dan lututmu ke depan dan belakang, apabila merasa nyaman. Ini dapat mengendurkan otot panggul dan tarikan gravitasi pada rahimmu.

8. Latihan memiringkan bokong

Cara mengatasi bayi sungsang ialah latihan memiringkan bokong. Latihan memiringkan bokong merupakan kegiatan mengangkat pinggul di atas jantungmu, memakai gaya gravitasi dalam memutar bayi.

Beberapa wanita melakukan ini caranya cukup menumpuk bantal di bawah pinggul mereka, ketika mereka berbaring telentang pada lantai. Ada juga yang merasa lebih efektif agar ditopang salah satu ujung papan setrika di sofa dalam sudut 30-40 derajat.

Supaya posisi kepala bayi di bawah, kamu bisa berbaring di papan setrika dengan kepala mengarah menuju lantai. Kamu bisa melakukan latihan ini tiga kali sehari masing-masing sekitar 10 sampai 15 menit. Praktisi yoga kemungkinan juga bisa merekomendasikan bridge pose yang mempunyai efek serupa, dalam kelas prenatal yoga trimester ketiga.

9. Memakai suara

Pada dasarnya bayi mulai dapat mendengar suara dari luar perut ibu, ketika usia kehamilan memasuki minggu ke-15. Kamu dapat memakai alunan musik atau suaramu dalam membujuk supaya bayimu bergerak ke posisi yang tepat. Dalam melakukannya, kamu dapat menempelkan headphone dengan langsung menuju bagian bawah perut.

10. Konsumsi makanan manis

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Percaya atau tidak makanan manis yang memiliki glukosa bisa diubah menjadi energi yang juga dapat membantu si calon bayi terus aktif bergerak walaupun masih berada pada kandungan. Dengan konsumsi makanan manis, janin dapat terus bergerak menuju arah jalur lahir normal. Akan tetapi, kamu tidak direkomendasikan dalam mengonsumsi makanan yang tinggi pemanis buatan yang terbuat dari bahan kimia sebab ke depannya dapat buruk untuk kesehatan.

11. Melakukan teknik webster

Cara mengatasi bayi sungsang ialah melakukan teknik Webster. Teknik Webster merupakan teknik kiropraktik di mana tubuh disesuaikan agar mengendurkan ketegangan yang kemungkinan menahan panggul pada posisi kaku dan tidak nyaman.

Dengan melepaskan ketegangan, bayi akan lebih bisa bergerak sendiri tanpa perlawanan. Hal ini merupakan cara mengatasi bayi sungsang. Berdasarkan Journal of Chiropractic Medicine, teknik Webster hanya dapat dilakukan oleh ahli tulang yang berkualifikasi yang sudah terlatih terhadap teknik khusus ini.

12. Lakukan moksibusi

Moksibusi (moxa) merupakan pengobatan tradisional Tiongkok yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara supaya posisi kepala bayi di bawah. Berdasarkan jurnal dalam U.S. National Library of Medicine, moksibusi ialah bentuk pengobatan tradisional Tiongkok dengan pembakaran bundel tanaman kering yang dikenal "tongkat moxa" guna menghangatkan dan menyegarkan aliran Qi.

Ketika dibakar, tongkat yang membara, misalnya dupa ini lantas diletakkan pada atau dekat titik akupresur di jari kaki kecil ketika masih terbakar. Teorinya ialah bahwa hal itu memengaruhi aliran energi pada tubuhmu, mendorong bayi agar berbalik dari posisi sungsangnya.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 27 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya