Penggembala Kambing yang Meninggikan Bangunan: Orang Arab dalam Hadis Tanda Kiamat?

"Siapa penggembala kambing yang berlomba meninggikan bangunan dalam hadis tanda kiamat? Benarkah orang Arab?"

Life | 03 April 2024, 06:38
Penggembala Kambing yang Meninggikan Bangunan: Orang Arab dalam Hadis Tanda Kiamat?

Dalam hadis tanda kiamat, terdapat cerita tentang seorang penggembala kambing yang berlomba-lomba meninggikan bangunan. Namun, siapakah penggembala kambing tersebut? Apakah benar orang Arab seperti yang sering diperbincangkan? Mari kita cari tahu lebih lanjut.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'Tanda-tanda kiamat adalah ketika penggembala kambing berlomba-lomba dalam membangun bangunan.' Hadis ini sering kali dihubungkan dengan orang Arab karena mereka terkenal dengan kemampuan mereka dalam membangun bangunan yang megah dan tinggi.

Namun, perlu diketahui bahwa hadis ini tidak secara spesifik menyebutkan bahwa penggembala kambing tersebut adalah orang Arab. Hal ini bisa saja merujuk kepada siapa pun yang terlibat dalam aktivitas membangun bangunan.

Meskipun demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa orang Arab memang memiliki sejarah panjang dalam membangun bangunan yang spektakuler. Contohnya adalah Burj Khalifa di Dubai, menara tertinggi di dunia, yang menjadi simbol kehebatan arsitektur Arab.

Namun, penting untuk diingat bahwa hadis ini bukanlah petunjuk pasti mengenai tanda kiamat. Hadis-hadis tersebut hanya memberikan gambaran umum tentang tanda-tanda yang akan muncul menjelang kiamat.

Dalam Islam, kita diajarkan untuk tidak terlalu fokus pada tanda-tanda kiamat, tetapi lebih kepada persiapan diri untuk menghadapinya. Kita harus senantiasa berusaha menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Jadi, meskipun hadis tentang penggembala kambing yang meninggikan bangunan sering kali dikaitkan dengan orang Arab, kita tidak dapat dengan pasti mengatakan bahwa mereka adalah penggembala kambing tersebut. Yang terpenting adalah kita sebagai umat Muslim harus selalu siap menghadapi kiamat dengan melakukan amal shaleh dan meningkatkan kualitas iman kita.

Keyword: penggembala kambing, meninggikan bangunan, hadis tanda kiamat, orang Arab


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 23 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:51 ISYA 19:02  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya