Sistem Bintang Terlemah yang Mengorbit di Galaksi Bima Sakti

"Temuan terbaru mengungkapkan adanya sistem bintang terlemah yang mengorbit di dalam Galaksi Bima Sakti."

Tech | 03 April 2024, 13:49
Sistem Bintang Terlemah yang Mengorbit di Galaksi Bima Sakti

Sebuah penelitian baru-baru ini telah mengungkapkan adanya sistem bintang terlemah yang pernah ditemukan di Galaksi Bima Sakti. Penemuan ini menjadi sorotan karena menunjukkan betapa luasnya keberagaman sistem bintang di alam semesta.

Penelitian ini dilakukan oleh tim astronom dari Universitas XYZ yang menggunakan data dari teleskop luar angkasa ABC. Mereka menemukan sistem bintang ini dengan menggunakan metode pengamatan cahaya yang sangat sensitif.

Sistem bintang ini terdiri dari dua bintang yang saling mengorbit satu sama lain. Bintang pertama memiliki massa sekitar setengah dari massa Matahari, sedangkan bintang kedua memiliki massa sekitar sepersepuluh dari massa Matahari. Kedua bintang ini saling berputar satu sama lain dengan periode sekitar 10 hari.