Mengapa Awan Menghilang Selama Gerhana Matahari

"Temukan alasan ilmiah mengapa awan menghilang selama gerhana matahari dan bagaimana fenomena ini terjadi."

Tech | 03 April 2024, 18:03
Mengapa Awan Menghilang Selama Gerhana Matahari

Gerhana matahari adalah salah satu fenomena alam yang menarik perhatian banyak orang. Selama gerhana matahari, terjadi peristiwa langka di mana bulan bergerak di antara matahari dan bumi, menyebabkan bayangan bulan jatuh ke permukaan bumi.

Salah satu hal menarik yang sering diperhatikan selama gerhana matahari adalah hilangnya awan di langit. Mengapa hal ini terjadi?

Penjelasannya terletak pada perbedaan suhu antara matahari dan bayangan bulan. Ketika gerhana matahari terjadi, bayangan bulan menciptakan zona penumbra di permukaan bumi. Di dalam zona penumbra ini, suhu udara menurun secara signifikan karena cahaya matahari yang terhalang oleh bulan.

Awan terbentuk ketika uap air di atmosfer berkondensasi menjadi tetes air atau kristal es. Namun, suhu yang lebih rendah di zona penumbra selama gerhana matahari menyebabkan udara menjadi lebih dingin dan tidak mampu mempertahankan kelembaban yang diperlukan untuk membentuk awan.

Sebagai hasilnya, awan cenderung menghilang selama gerhana matahari karena kondisi atmosfer yang tidak mendukung pembentukan awan. Ini juga berlaku untuk awan yang sudah ada sebelum gerhana matahari dimulai.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 25 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya