Strategi Kapolri dan Menkopolhukam dalam Menghadapi Mudik Lebaran 2024

"Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Menkopolhukam Hadi Tjahjanto melakukan peninjauan kesiapan pengamanan arus mudik Lebaran 2024. Mereka memantau jalur tol dan Pelabuhan Merak."

Life | 03 April 2024, 23:07
Strategi Kapolri dan Menkopolhukam dalam Menghadapi Mudik Lebaran 2024

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama dengan Menkopolhukam Hadi Tjahjanto melakukan peninjauan langsung kesiapan pengamanan arus mudik Hari Raya Idul Fitri 2024. Keduanya menaiki helikopter dan melihat langsung situasi Pelabuhan Merak melalui pantauan udara.

Mereka bergerak dari Lapangan Silang Monas menuju Pelabuhan Merak Banten. Selama perjalanan udara, Listyo dan Hadi memantau kondisi arus lalu lintas jalur tol maupun area pelabuhan Merak.

Dalam rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral kesiapan Operasi Ketupat Tahun 2024, Listyo mengatakan, kesiapan strategi dan pengecekan jalur sejak dini sangat diperlukan untuk menekan angka fatalitas kecelakaan lalu lintas saat momentum arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Menurutnya, pada Operasi Ketupat tahun ini setidaknya ada 155.165 personel gabungan yang dikerahkan untuk memastikan mudik aman dan lancar. Tidak ketinggalan disiapkan pula sebanyak 5.784 pos untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya telah merencanakan penerapan sistem one way selama arus mudik Lebaran 2024. One way ini akan diberlakukan bagi pemudik dan pengguna jalan yang menuju ke Jakarta.

Diimbau Cek Kendaraan yang Digunakan Mudik

Selain itu, koordinasi juga akan dilakukan dengan petugas setempat untuk pengaturan arus lalu lintas di Jalan Tol menuju Merak dan Banten.

Latif juga mengingatkan masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum untuk memeriksa kelaikan kendaraan, terutama bagi yang melalui jalan tol.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Aan Suhanan, memastikan bahwa aturan ganjil genap (gage) akan diterapkan kembali di jalan tol selama arus mudik dan balik lebaran 2024. Dalam konteks ini, penggunaan tilang elektronik ETLE akan ditingkatkan untuk menindak para pelanggar.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya