Roti Spesial Pitalka, Menu Buka Puasa Ramadhan Khas Kosovo

"Roti Spesial Pitalka adalah salah satu menu yang cocok untuk buka puasa Ramadhan di Kosovo. Dengan menggunakan kata kunci 'Roti Spesial Pitalka' dan 'Menu Buka Puasa Ramadhan Khas Kosovo', konten ini ..."

Life | 04 April 2024, 00:27
Roti Spesial Pitalka, Menu Buka Puasa Ramadhan Khas Kosovo

Sesuatu yang khas dari Ramadhan di Kosovo adalah pitalka. Umat Islam di sana kerap menyantap roti spesial itu saat berbuka puasa. Mengutip VOA Indonesia, Senin (31/3/2024), sebuah kota di Kosovo bahkan memiliki toko roti berusia seabad yang buka 24 jam sehari untuk memenuhi permintaan pitalka.

Sore hari menjelang magrib, antrean orang sudah terbentuk di luar toko roti bernama Furra Isufi, di Kota Prizren, Kosovo. Hanya ada satu hal yang ingin mereka beli di sana, yakni pitalka, roti lembut dan empuk yang sangat popular. Selama Ramadan, piltaka disantap saat berbuka puasa, atau saat sahur.

Toko roti ini sudah berdiri selama hampir satu abad, dan dimiliki secara turun menurun oleh sebuah keluarga. Hysen Collaku adalah pemilik toko roti tersebut untuk saat ini.

'Bersama saudara-saudara dan anak saya, saya bekerja di sini. Selama bulan Ramadan kami bekerja 24 jam, nonstop, membuat pitalka untuk berbuka puasa, untuk sahur. Ayah dan kakek saya memiliki profesi yang sama. Selama 15 tahun terakhir kami bekerja di toko roti ini,' jelasnya.

Piltaka pada prinsipnya mirip pita -- roti berongga pipih yang dapat dibelah untuk menampung isian. Roti ini biasanya dihadirkan dalam bentuk bulatan dan ditaburi biji wijen. Aroma roti yang baru dipanggang, menurut para penggemarnya, dapat tercium hingga beberapa meter jauhnya sehingga menggugah selera makan.

Tidak hanya 'Furra Isufi' yang menyajikan piltaka. Semua restoran di Prizren juga menawarkan roti itu saat acara berbuka puasa. Roti tersebut disantap bersama daging, kurma, zaitun, dan hidangan gurih lainnya.

Seperti halnya di banyak negara, kegiatan iftar kerap menjadi ajang bersosialisasi bagi sesama Muslim di Kosovo. Dan ini dibenarkan oleh Munir Basha, seorang warga.

'Ramadan sangat berarti di Prizren karena sebagian besar warga menjalankan ibadah puasa. Selama bulan Ramadan, cara hidup berubah. Yang menjadi ciri khas Ramadan di Prizren adalah masyarakatnya lebih bersosialisasi. Buka puasa diadakan untuk anggota keluarga dan teman. Toko roti buka hampir sepanjang malam hingga sahur karena menu khas Prizren selama Ramadan adalah pitalka dengan telur,'


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 25 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya